Seluk Beluk Konten Marketing yang Harus Kita Ketahui

By | 20/06/2020

Ketika melakukan bisnis online, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah online marketing. Secara harfiah, online marketing berarti pemasaran yang dilakukan secara daring.

Berbicara mengenai online marketing tentu juga tidak bisa lepas dari konten marketing. Karena sudah pasti sebuah online marketing membutuhkan konten sekaligus strategi agar pemasaran yang dilakukannya berhasil. Lantas, apa saja, sih, seluk beluk konten writing yang harus kita ketahui?

Berikut ulasannya.

Keuntungan Menggunakan Konten Marketing

Penggunaan konten marketing dalam pemasaran online memiliki dampak yang cukup besar dalam meningkatkan jumlah penjualan. Dilansir dari saungwriter.com, konten marketing memiliki efektivitas 3 kali lipat lebih banyak dibanding marketing tradisional.

Selain itu, ada beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan dari penggunaan konten marketing. Beberapa keuntungan tersebut adalah:

  • Memiliki biaya 62% lebih kecil daripada marketing tradisional
  • Menarik perhatian konsumen 70% lebih baik daripada iklan
  • Membangun kedekatan dengan responden mencapai 72%
  • Dapat membentuk brand awareness
  • Mengoptimalkan Search Engine Optimmisation dari situs website
  • Dapat memperluas target konsumen
  • Mempengaruhi konversi
  • Membangun loyalti konsumen terhadap produk

5 Strategi Konten Marketing

Konten marketing memang memiliki manfaat yang cukup besar. Jika dimanfaatkan dengan baik, konten marketing bisa menjadi senjata utama yang cukup menguntungkan dalam bisnis daring yang dikelola.

Tetapi, membuat sebuah konten penjualan tentu tidak sama dengan membuat konten biasa. Ada strategi yang harus diterapkan dalam pembuatan sebuah konten marketing.

Beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam memaksimalkan konten penjualan adalah:

1. Menentukan Tujuan Marketing

Ini adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Sebelum benar-benar membuat sebuah konten penjualan, target harus ditetapkan terlebih dahulu.

Misalnya ingin membuat konten untuk remaja pasti berbeda dengan konten yang ditujukan kepada dewasa muda. Demikian pula konten marketing yang ditujukan kepada orang tua tentu berbeda dengan konten yang ditujukan untuk orang dewasa.

Semakin rinci tujuan marketing, biasanya konten yang dibuat juga semakin tepat sasaran.

2. Melakukan Riset Buyer Persona

Buyer persona identik dengan karakter fiktif. Biasanya, buyer persona diciptakan agar produk yang dijual semakin memiliki identitas di mata konsumen. Penggunaan buyer persona dalam konten marketing harus disesuaikan dengan target marketing yang dituju.

3. Lakukan Audit Konten

Jika sebuah konten telah jadi dan telah diposting, maka jangan meninggalkan konten begitu saja. Perlu diadakan sebuah audit konten dan mengupdate informasi terbaru mengenai konten yang dimaksud.

Bisa juga melakukan audit untuk memilah konten dengan tema yang serupa, kemudian konten tersebut disatukan menjadi sebuah ebook yang menjual. Ini akan memaksimalkan konten yang sudah dibuat sebelumnya

4. Manfaatkan Sistem Manajemen Konten

Sistem manajemen konten adalah aplikasi atau situs yang bisa digunakan untuk memaksimalkan konten yang diposting dalam sebuah blog. Beberapa manajemen konten yang bisa dimanfaatkan biasanya berupa konten analisis, konten publikasi, dan beberapa CMS pendukung yang tersedia di dalam situs web yang dikelola.

5. Merencanakan Ide Konten

Kebanyakan orang malas membuat rencana mengenai konten yang ingin ditampilkan dalam sebuah situs. Hal ini jelas membuat kerja sama situs dengan konten tidak maksimal. Ide konten bisa berupa niche yang berhubungan dengan produk, riset kata kunci, dan berbagai aspek SEO lain yang mampu mendorong konten untuk lebih maksimal.

Konten marketing merupakan salah satu faktor yang sederhana, tetapi vital perannya dalam memaksimalkan online marketing yang dijalankan. Pemasaran online tanpa konten pemasaran tidak akan berguna sama sekali.

Itulah beberapa seluk beluk konten marketing yang bisa dijadikan acuan dalam membuat konten pemasaran yang akan dibuat. Semoga bermanfaat.