Smartphone Melambat? Simak Cara Bersihkan File di HP Samsung

By | 23/04/2020

Lambatnya kinerja smartphone acap kali menjadi persoalan berat yang dialami oleh penggunanya. Ditunjukkan dengan adanya kondisi ponsel Samsung yang tidak bisa memasang sebuah aplikasi akibat memori internal yang penuh. Oleh sebab itu, membersihkan file cache di HP Samsung pun penting untuk dilakukan.

Cara Bersihkan File di HP Samsung

Data cache sendiri merupakan sata sekunder yang memiliki kecepatan tinggu berupa data-data yang ada di sistem ataupun suatu aplikasi. Hanya saja, jika keberadaannya terlampau banyak, alih-alih mempercepat kinerja smartphone, kecepatannya malah melambat. Lalu bagaimana cara untuk membersihkannya?

Cara Membersihkan File Cache di HP Samsung

Berikut ini ialah beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menghapus file-file cache yang ada di dalam smartphone gawangan hpsamsung.com milik Anda.

  • Menu Pengaturan

Langkah pertama yang bisa Anda terapkan ialah dengan membuka menu pengaturan/setting yang ada.

  • Device Care

Langkah kedua ialah dengan membuka opsi Device Care yang tersedia pada salah satu daftar menu pengaturan smartphone Anda.

  • Opsi Storage

Setelah itu, pilihlah opsi storage dari semua menu yang ditampilkan.

  • Clean Now

Langkah terakhir untuk melengkapi prosedur pembersihan file cache adalah dengan menekan tombol Clean Now.

Terdapat cara lain yang juga bisa diterapkan selain cara di atas. Yakni dengan menghapus data cache satu persatu pada masing-masing aplikasi secara manual. Jika memilih cara ini, Anda dapat membuka menu setting kemudian pilih opsi Apps. Setelah itu, Anda bisa masuk ke dalam aplikasi hp samsung yang hendak dibersihkan dari file cache ataupun sampah. Lanjut dari sana, pilih menu storage dan tekan opsi Clear Cache.

Sebagai tambahan catatan, bahwa kedua cara di atas dapat efektif digunakan pada semua perangkat Samsung. Termasuk pula seri lama dan terbaru.

Jika sistem perangkat smartphone Anda menggunakan sistem lama seperti seri Samsung Galaxy S5, Anda dapat membersihkan file cache dengan menggunakan sistem operasi Android KitKat. Adapun untuk prosedurnya, Anda bisa membuka menu storage pada pengaturan. Lalu pilihlah opsi Cached data, kemudian berikan konfirmasi, dan tekan tombok OK.

Apabila Anda ingin membersihkan file cache manual per aplikasi untuk seri ini, Anda bisa membuka Application Manager dan pilih aplikasi mana yang hendak dibersihkan. Kemudian lengkapi langkah tersebut dengan menekan tombol clear cache. Cukup mudah bukan?