Tips AC Hemat Listrik dalam Pemakaian Sehari-hari

By | 29/12/2020

Penggunaan AC pada sebuah rumah sudah menjadi kewajiban di jaman sekarang. Karena terjadinya pemanasan global yang berdampak pada cuaca semakin panas ketika musim kemarau tiba. Tips agar AC hemat listrik sepertinya menjadi informasi penting bagi masyarakat luas.

Beberapa Tips agar AC Hemat Listrik dalam Pemakaian Sehari-hari

Berikut ini tips-tips yang bisa dilakukan dirumah untuk membuat AC hemat listrik walau digunakan setiap hari bahkan setiap jam. Tips tersebut sangat mudah dilakukan sehingga semua masyarakat bisa segera menerapkan saat menggunakannya.

  • Hindari Memakai Temperatur dibawah 23 Derajat

Meskipun cuaca diluar terasa sangat panas, untuk AC dengan performa sehat seharusnya menggunakan temperatur 23-26 derajat sudah cukup dingin sehingga bisa tetap mengatasi cuaca panas. Percaya tidak percaya tips pertama ini sering dilakukan oleh banyak pengguna aktif AC dirumah.

Hasilnya memang bisa menghemat listrik walaupun menggunakan AC 12-24 jam non stop. Prosentase penghematannya dapat mencapai 50%. Silahkan dipraktekkan karena sangat mudah mengaplikasikannya tanpa membutuhkan bahan-bahan tertentu.

  • Saat AC sedang Nyala, Hindari Membuka Pintu

Membuka tutup pintu saat AC sedang menyala merupakan hal yang sangat sering dilakukan oleh beberapa orang terutama jika penggunaan AC dikamar. Terkadang membukanya lalu lupa untuk menutupnya kembali, kegiatan sederhana tersebut berdampak pada membengkaknya tagihan listrik.

Hal itu disebabkan karena AC jadi harus bekerja lebih keras dengan memberikan hawa dingin diluar lingkup ruangan utama, sehingga jangkauannya terlalu luas melebihi aturan pemakaiannya didalam ruangan yang biasa dipakai. Terutama bagi anak kecil, biasanya sering melakukan hal-hal serupa.

  • Lakukan selalu Servis Rutin

Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa AC dengan performa prima akan memiliki tingkat dingin cukup walaupun temperatur hanya 23 derajat. Melakukan servis rutin yang akan dilakukan oleh serviceacjogja.pro menjadi tips terakhir agar kinerja AC tidak ‘rekoso’ dalam bahasa jawa.

Membuat AC hemat listrik ternyata bisa dilakukan sendiri oleh penggunanya. Tips diatas diharapkan dapat menambah informarsi yang bermanfaat untuk masyarakat luas, karena AC memang dikenal lebih banyak menguras biaya listrik sehingga membuatnya hemat menjadi ide brilian.