Tips Bisnis Depot Air Minum Hingga Sukses

By | 17/04/2020

Tidak semua daerah di Indonesia memiliki pasokan air bersih yang memadai. Untuk mengatasi hal tersebut banyak orang beralih mengonsumsi air galon. Tingginya kebutuhan air bersih ini menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Bagi Anda yang tertarik silahkan simak tips bisnis depot air minum sampai berkembang dan sukses.

Tips Bisnis Depot Air Minum Untuk Depot Isi Ulang

1. Perhitungan Keuntungan

Hal utama yang menjadi pertimbangan ketika akan membuka depot air minum isi ulang yakni keuntungan. Air isi ulang berbeda dari air minum kemasan karena tidak dapat dipasarkan dari distributor dan toko, tetapi hanya ke rumah warga atau usaha kuliner.

Umumnya keuntungan dari air minum isi ulang per galon yang diisi ulang sekitar Rp 2.000 – Rp 3.000. Anda dapat pula mengambil keuntungan 70% dari total penjualan tidak termasuk biaya penggunaan listrik, air baku, dan tenaga manusia.

2. Anggaran Investasi Usaha

Membuka depot air minum ternyata juga membutuhkan biaya investasi untuk membeli mesin depot. Anda bisa menanyak ke pabrik air minum kemasan apakah tentang harga mesin khusus depot isi ulang air minum.

Mesin yang digunakan pun tidak abal-abalan karena harus sesuai standar BPOM dan kesehatan dari pemerintah. Disamping itu ada pula harga paket Aqualux yang sangat menarik untuk menjadi pertimbangan. Memang biaya investasi untuk usaha satu ini terbilang rendah, sekitar Rp. 12 juta sampai Rp. 100 juta.

3. Kelengkapan Dokumen dan Persyaratan

Sudah kewajiban bagi setiap pelaku usaha memiliki kelengkapan dokumen guna mendapatkan perizinan. Hal tersebut juga berlaku bagi bisnis ini, hendaknya air minum isi ulang diuji laboraturium dari  Departemen Kesehatan sebagai riset kelayakan. Selain itu, dokumen lainnya wajib dilengkapi seperti izin mendirikan bangunan dan izin dari pejabat setempat (Ketua RT, Kelurahan, dan Kecamatan).

4. Menyediakan Paket Isi Ulang

Apabila hanya menjual isi ulang air minum saja sepertinya kurang lengkap. Supaya menarik minat pembeli, Anda dapat menyediakan paket menarik misalnya, air mineral biasa dan air mineral dari hasil reverse osmosis.