Tips Memulai Usaha Ternak Kambing yang Benar

By | 24/01/2020

Tips Memulai Usaha Ternak Kambing – Jika Anda ingin memulai ternak kambing, maka ada dua hal penting yang harus Anda ketahui. Pertama adalah cara untuk memilih bibit kambing yang sehat dan memiliki potensi produktivitas tinggi. Kedua adalah penyiapan kandang untuk ternak kambing. Berikut penjelasannya.

Tips Memulai Usaha Ternak Kambing

Tips Memulai Usaha Ternak Kambing dan Memilih Bibit Unggulan

Terlepas dari jenis kambing yang Anda pelihara, apakah kambing lokal, kambing impor maupun kambing campuran, secara umum kriteria bibit kambing yang sehat untuk semua jenis kambing adalah sama. Ketika memulai usaha ternak kambing, Anda cukup membeli dua pasang kambing saja yaitu betina dan jantan dengan harapan keduanya akan berkembang biak di masa mendatang.

1. Memilih Bibit Kambing Betina

Ciri bibit kambing betina yang sehat yaitu memiliki sorot mata yang ramah atau tidak garang dan juga jinak. Sebaiknya pilih yang memiliki badan yang besar namun tidak begitu gemuk. Tubuh besar di sini maksudnya yaitu memiliki tubuh yang kompak dan padat dengan garis pinggang dan punggung yang lurus. Pilih pula kambing betina dengan gigi lengkap. Kemudian pastikan puting susunya 2 dengan ambing simetris.

2. Memilih Bibit Kambing Pejantan

Ciri tubuh kambing jantan yang sehat yakni memiliki tubuh yang berukuran panjang dan besar namun tidak gemuk. Kambing terlihat gagah dengan dada yang lebar. Jika memungkinkan, pilih kambing jantan dari keturunan yang kembar. Perhatikan bagian kakinya, pastikan jika kaki tidak bengkok namun lurus dan kokoh. Untuk usia sebaiknya pilih yang berada di rentang 1,5 sampai 3 tahun.

Persiapan Kandang Kambing

Ada dua jenis kandang kambing yang bisa diterapkan yakni kandang tipe individual dan koloni. Kandang tipe individual hanya dihuni satu ekor kambing dan cocok untuk pemeliharaan yang intensif. Sementara kandang tipe koloni dihuni 3 sampai 10 ekor kambing. Karena menampung lebih banyak kambing, kandang tipe koloni akan dibangun dengan ukuran lebih besar.

Ada ragam manfaat yang bisa diperoleh dari kambing. Selain mendapatkan daging yang bernilai jual mahal, kambing juga menghasilkan susu. Untuk informasi lebih lengkap terkait tips peternakan seperti ternak kambing, Anda bisa mengunjungi website duniapeternakan.com.