Tentang Festival Sastra

Perguruan tinggi mengemban Tridarma, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa berperan sebagai agent of change yang diharapkan mampu menerapkan Tridarma Perguruan Tinggi sebagai satu kesatuan yang saling mengisi dan saling mendukung. Salah satu perwujudan dari upaya mahasiswa dalam mengapresiasi Tridarma Perguruan Tinggi adalah melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KEMASINDO) mengadakan kegiatan Festival Sastra 2017.

Festival Sastra 2017 merupakan acara bergengsi berupa seminar bahasa dan sastra serta lomba cerpen tingkat nasional yang diikuti oleh pelajar dan masyarakat umum. Kegiatan Festival Sastra kali ini mengusung tema dengan judul “Memanusiakan Budaya, Membudayakan Manusia” Pengambilan tema ini berkaitan antara manusia dan budaya yang hubungannya saling timbal balik. Memanusiakan budaya artinya mengembangkan dan melestarikan budaya ke dalam ruang lingkup manusia. Membudayakan manusia artinya setelah budaya berkembang di kehidupan manusia, budaya tersebut mampu mengembangkan dan memajukan manusia.

Dengan mengangkat budaya dalam tema kegiatan ini, diharapkan kebudayaan dan kemanusiaan di Indonesia dapat berkembang. Dengan diadakannya kegiatan Festival Sastra, diharapkan kesadaran akan hubungan yang erat antara budaya dan manusia tumbuh dalam pikiran mahasiswa, khususnya mahasiswa FIB UNS.