Pantai Terindah di Bali untuk Liburan

Liburan ke Bali tanpa menikmati pantai? Bisa aja sih, karena Bali mempunyai banyak destinasi wisata alam lainnya selain pantai. Tapi tetap aja, rasanya kok ada yang kurang, gitu!

Sebagai pulau wisata, pantai di Bali tak terhitung jumlahnya. Bali tidak hanya punya Pantai Kuta aja yang terkenal banget. Itu belum ditambah dengan pulau-pulau kecil di sekitar Bali seperti Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan. Singkatnya, ada banyak pantai di Bali yang sangat indah dan layak untuk kamu kunjungi.

Bingung mulai dari mana? Aku akan membantumu menentukan tempat wisata pantai di Bali yang layak kamu masukkan ke dalam itinerary Bali kamu lewat rekomendasi pantai terbaik di Bali ini!

1. Kelingking Beach

Banyak orang sudah mengetahui bahwa pemandangan dari atas tebing di Kelingking Beach sangat indah. Enggak heran, mayoritas wisatawan datang ke sini untuk menikmati panorama pantai di Nusa Penida ini berfoto dengan background tebingnya yang unik.

Jika kamu belum pernah ke sini, kamu harus menyempatkan waktu untuk mampir.

Tapi tau gak sih, sebenarnya kamu bisa menuruni tangganya yang curam sampai ke bibir pantainya di dasar? Memang masih jarang turis yang mau bersusah payah melakukannya karena sangat melelahkan. Tapi ketika kamu sampai di dasar, pemandangan pantai di Kelingking Beach ini benar-benar akan membayar semua usahamu!

Dengan sedikitnya jumlah pengunjung, kamu bisa menikmati pasir putih halus dan air biru kehijauan di Kelingking Beach sesuka hati!

2. Pantai Seminyak

Berbanding terbalik dengan Kelingking Beach, Pantai Seminyak sangat mudah dicapai. Terletak di sebelah utara Pantai Kuta dan Pantai Legian, pantai di Bali ini dekat area Seminyak yang hype banget. Pantainya dikelilingi resort, kafe dan bar, serta beach club.

Meski begitu, Pantai Seminyak merupakan salah satu pantai di Bali yang wajib kamu kunjungi karena di sini sangat cocok dipakai bersantai menanti matahari terbenam. Dengan hamparan pasir, pengunjung yang tak seramai Kuta, dan tempatnya yang relatif lebih bersih, nongkrong di Pantai Seminyak benar-benar menyenangkan.

3. Green Bowl Beach

Bertahun-tahun lalu, Green Bowl Beach diprediksi menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang akan ramai dikunjungi. Bali Cliff Resort yang sudah menjadi puing berada tak jauh dari pantai ini adalah buktinya. Sayangnya karena satu dan lain hal, Green Bowl Beach menjadi salah satu pantai di Bali yang jarang disentuh wisatawan, padahal lokasinya enggak jauh dari dua pantai populer di Bali: Pantai Pandawa dan Pantai Melasti.

Lokasinya memang agak sulit ditemukan, dan untuk bisa mencapai ke bibir pantai ini, kamu harus menuruni ratusan anak tangga yang bikin kaki pegal-pegal. Meski begitu, ketika sampai di beberapa anak tangga terakhir, kamu akan melupakan rasa lelahmu karena pemandangan dari atas sangat indah.

Dengan pasir putih nan halus, Green Bowl Beach sangat menyenangkan untuk bersantai. Ombaknya cukup oke untuk surfing, jadi jangan heran kalau kamu akan melihat beberapa peselancar asing maupun lokal berselancar di sini!

Btw, tahukah kamu kalau Green Bowl Beach ditemukan oleh ayah Hamish Daud, mendiang David Wyllie, pada tahun 1972?

4. Amed

Adakah pantai berpasir hitam dan halus? Ada! Kamu bisa menemukannya di Amed. Terletak di Bali Timur, Pantai Amed berlokasi di Desa Amed, Karangasem. Karena letaknya yang tak jauh dari Gunung Agung, pasir di Amed mengandung kandungan vulkanik, dan itulah yang membuat pantai ini sangat unik.

Berbeda dengan kehidupan di Bali selatan, Amed merupakan area yang sangat cocok untuk traveler yang menginginkan liburan di Bali yang lebih tenang dan lambat. Meski begitu, kamu tetap bisa menikmati aktivitas laut yang menantang di sini, mulai dari snorkeling hingga diving.

Selain itu, panorama di Amed juga sangat mengesankan jika dilihat dari atas. Cobalah mendaki ke puncak tebing Jemeluk, yang menawarkan pemandangan Amed dan Jemeluk Bay dengan latar belakang Gunung Agung yang gagah.

Karena lokasinya yang jauh dari Denpasar, sekitar 3 jam perjalanan dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, sangat disarankan untuk menginap jika ingin mengunjungi Amed.

5. Pantai Geger Nusa Dua

Di antara banyaknya pantai di Nusa Dua, Pantai Geger bisa dibilang merupakan yang terbaik karena memiliki panorama laut yang bagus, pasir pantai yang halus, bersih, dan relatif sedikit pengunjung. Padahal, lokasinya mudah ditemukan.

Meski banyak pengembangan wisata di sekitar Pantai Geger, masih ada bagian dari Pantai Geger yang masih asri seperti aslinya, membuatnya sangat menarik untuk dikunjungi.