Keberadaan jasa forwarder memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan impor dan ekspor. Karena ada beberapa aktivitas, akan lebih mudah jika dilakukan oleh repeater. Sebelum membahas apa itu kegiatan freight forwarding, ada baiknya kita sampaikan pengertian freight forwarding itu sendiri.

Istilah perusahaan pengiriman barang memiliki banyak definisi, tetapi kami akan menyederhanakannya menjadi sebagai berikut. Seorang pengirim barang dapat dikatakan sebagai perusahaan pengelola dokumen dan jasa transportasi yang mewakili pengirim (sender) atau penerima barang (penerima). Kata kuncinya adalah pengelolaan dokumen dan jasa transportasi, mewakili (mewakili) pengirim atau penerima. Dari pemahaman ini, kita dapat mengetahui dengan jelas ruang lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan pengiriman barang. Berikut beberapa contoh pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan ekspedisi:

  • Pilih jalur transportasi (trade route) dan liner right
  • Penelitian tentang syarat dan ketentuan pemerintah dan peraturan mengenai prosedur impor dan ekspor yang berlaku.
  • Barang dalam kemasan
  • Atur pergudangan sebelum memuat
  • Ruang kapal / pesawat yang dipesan (ruang yang dipesan)
  • Mengangkut kargo ke CY (pelabuhan)
  • Perhatikan bea cukai
  • Mempersiapkan dan memproses dokumen impor dan ekspor lengkap
  • Pantau barang sampai tujuan
  • Kelola prosedur izin khusus.

Ini adalah beberapa area umum pekerjaan pengiriman barang. Sebenarnya ada lebih banyak, tapi dalam pembahasan kali ini, kami tidak menyebutkan semuanya. Dari sini, Anda mungkin sudah mulai membayangkan pekerjaan / ruang lingkup penerusan. Bayangkan jika Anda melakukan semua proses sendiri setiap kali Anda mengimpor atau mengekspor produk. Tentu saja, ini akan menimbulkan masalah bagi Anda. Dengan meneruskan, akan lebih mudah sehingga Anda dapat fokus pada tujuan impor dan ekspor.

Jadi, bagaimana Anda memilih layanan penerusan tepercaya yang sesuai?

Pada dasarnya, semua layanan yang disediakan oleh layanan pengulang adalah sama, mencakup seluruh rentang yang kami sebutkan di atas. Saat memilih forwarder tepercaya, Anda hanya dapat mempertimbangkan banyak layanan lainnya, yaitu:

  • Kegiatan impor adalah kegiatan yang membutuhkan komunikasi antara pengirim (pemasok), pengirim barang dan Anda sebagai pemilik barang di China. Oleh karena itu, komunikasi antara ketiga bagian ini harus lancar. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk mencari jasa pengiriman barang yang mudah dihubungi. Karena dalam proses pre import (persiapan import), dalam persiapan dokumen, persiapan barang hingga barang sampai di Indonesia banyak persiapan yang harus dikoordinasikan dengan supplier Anda. Anda juga membutuhkan mitra pengiriman barang yang dapat memberikan saran terbaik untuk kargo atau kargo Anda. Semuanya dimulai dengan komunikasi yang lancar. Jika Anda memilih pengirim barang yang tidak mudah dihubungi, hal itu akan menyebabkan Anda tidak nyaman saat mengimpor.
  • Kedua, pastikan bahwa mitra layanan pengiriman barang Anda memiliki jaringan yang luas. Apalagi di negara tempat supplier berada atau negara asal barang Anda. Mengapa ini perlu? Karena jika perusahaan angkutan Anda tidak memiliki jaringan atau agen di kota asal barang / pemasok Anda, maka akan merepotkan dan biayanya bisa lebih tinggi jika Anda ingin melakukan kegiatan kerja lepas lepas di lokasi pemasok. tidak ekonomis. Lantas, bagaimana cara mengetahui jaringan transponder yang luas? Anda bisa melihat-lihat website atau bertanya langsung pada pengirim barang jika ada agen di kota yang Anda inginkan. Perlu dicatat bahwa di Cina, terdapat banyak kota industri di seluruh negeri.

Kedua hal ini merupakan pengingat sederhana, tetapi dapat berdampak signifikan pada keberhasilan memilih mitra atau mitra layanan pengiriman barang yang andal untuk impor Anda dari China atau negara / kawasan lain. Anda dapat mempraktikkan kedua hal ini segera untuk mulai mengimpor dari China atau negara lain.

Selain tips cara memilih freight forwarder di atas, kami juga akan membagikan trik menghemat biaya transportasi barang import dari China. Harap perhatikan terus informasi berikut ini.

Ada banyak cara untuk menghemat biaya impor dari China, beberapa di antaranya adalah:

  • Pilih metode pengiriman yang tepat
  • Gunakan form COO agar tarif impor bisa 0%

Namun pada artikel kali ini kita hanya akan membahas pemilihan metode transportasi yang dapat menghemat biaya import. Untuk tips lainnya, Anda bisa membuka artikel terkait hal ini.

Silakan cek artikel terkait berikut ini: Bagaimana cara mudah mengimpor barang dari luar negeri?

Trik yang kami komunikasikan adalah bagaimana mengimpor sesuai prosedur resmi, bukan impor grosir. Dalam hal memilih metode transportasi, Anda dapat menggunakan dua kategori berikut sebagai tolok ukur untuk menghemat biaya impor:

  1. Berat / berat barang impor kurang dari 50 kg, dan nilai / harga barang lebih rendah dari dolar AS. Barang impor memiliki berat lebih dari 50 kilogram dan nilai / harga lebih dari US $ 500

Kami akan menjelaskan penanganan dua kategori di atas satu per satu. Jika barang yang ingin Anda impor dari China atau negara / kawasan lain termasuk dalam kategori pertama, akan lebih efisien menggunakan DHL, FedEx, TNT, EMS dan layanan ekspres internasional lainnya untuk mengirim barang. Mengapa karena penerima Indonesia yang harganya di bawah US $ 500 tidak memerlukan izin impor. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengecek kode HS barang yang akan diimpor untuk memastikan barang tersebut dapat diproses di Indonesia, lalu hubungi partner jasa kurir Anda untuk pengambilan barang di China atau negara / wilayah lain.

Jika Anda belum memiliki rekanan yang menggunakan jasa kurir untuk mengimpor, Anda bisa menghubungi nomor whatsapp berikut untuk mendapatkan harga pengiriman penggunaan jasa kurir tersebut. Satu-satunya biaya yang menjadi tanggung jawab Anda adalah, biaya transportasi (layanan ekspres) dan bea masuk, biaya PPN dan PPh. Pada awalnya, sama seperti Indo, kami selalu merekomendasikan penggunaan jalur resmi untuk impor.

Kamu dapat berunding bahkan lampau dengan kami saat sebelum mengambil keputusan untuk mengimpor barang alhasil kami dapat yakin dan menolong menjumlah perkiraan biaya yang bakal Kamu keluarkan. Melainkan untuk memudahkan proses perincian kami menginginkan data Kode HS dari barang yang bakal Kalian impor. Kamu dapat menanya langsung pada pabrik atau penyuplai Kamu di Cina apa nomor kode HS untuk barang yang bakal Kamu impor. Kami membenarkan penyuplai di Cina betul-betul akrab dengan apa nomor Kode HS.

Di sini kami melibatkan film teknik mengecek Kode HS barang yang bakal Kamu impor alhasil Kalian dapat menyelenggarakan tes bahkan dahulu.

Sedangkan jikalau barang yang ingin kalian impor masuk dalam kategori 2 maka, bakal lebih tepat guna kalau dikirim memakai jasa forwarder baik udara ataupun laut. Untuk konsultasi tentang kepentingan ini, Kalian dapat langsung mengontak nomor whatsapp kami di nomor itu disaat ini.

Waspada janganlah tertipu oleh distributor Kamu yang merekomendasi BEBAS Biaya Kirim atau Percuma Biaya Transportasi, karna bisa jadi mereka PERCUMA cuma biaya transportasi dari pabrik mereka ke bandara atau dermaga laut saja sebentar untuk biaya pengiriman ke Indonesia, pajak bea masuk dan sebagainya tetap dibebani pada akseptor di Indonesia.

Dengan mengetahui 2 hal di atas kami yakin untuk meringankan Kalian mengimpor barang dari China. Cepat hubungi Jasa Forwarder tepercaya di nomor whatsapp dan mulai konsepkan impor Kalian sekarang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *