Seiring dengan semakin banyak tanggung jawab yang diemban seseorang, akan mulai bermunculan pula kekhawatiran tentang kondisi keuangan mereka. Hal ini cukup wajar terjadi, tetapi sayangnya kekhawatiran yang berlebihan juga dapat memicu stres.

Agar terhindar dari ketakutan yang berlebihan, Anda perlu memahami sumber dari kekhawatiran tersebut. Dengan memahami sumbernya, Anda bisa mulai membuat rencana untuk menyelesaikan sumber ketakutan terhadap masalah keuangan tersebut.

Berikut ini 7 kekhawatiran masalah keuangan yang umum terjadi pada masyarakat.

1. Kehilangan sumber pendapatan

Di masa pandemi seperti sekarang, ketakutan ini sangatlah wajar. Apalagi saat ini banyak orang yang kehilangan pekerjaannya karena pandemi. Banyak orang kenyataannya tidak siap secara finansial untuk berhenti tiba-tiba dari pekerjaannya.

2. Takut tak pernah memiliki rumah

Memiliki rumah adalah impian sebagian besar orang, tetapi kita semua bisa sepakat bahwa membeli rumah bukanlah hal mudah. Itulah mengapa tidak memiliki rumah pribadi merupakan ketakutan tersendiri bagi banyak orang.

3. Kehilangan semua uang hasil kerja keras

Salah satu ketakutan terbesar setiap orang adalah tiba-tiba kehilangan semua uang simpanan hasil kerja keras mereka. Ketakutan ini sebenarnya ada baiknya karena bisa membuat Anda lebih waspada dalam mengelola keuangan dan rekening bank. Yang bisa dilakukan untuk mengurangi kekhawatiran tersebut adalah memastikan bahwa kata sandi Anda selalu baru dan tidak ada orang lain yang mengetahuinya.

4. Menggunakan uang simpanan

Beberapa orang merasa ketakutan saat akan menggunakan uang simpanan mereka. Ketakutan ini bisa saja muncul karena mengingat bagaimana Anda bekerja begitu keras untuk mengumpulkannya. Hal ini umumnya terjadi karena kurang percaya diri dengan perencanaan keuangan Anda sendiri atau khawatir tidak memiliki cukup uang.

5. Kehabisan uang di masa pensiun

Setiap orang ingin menikmati hari tua dengan rasa tenang tanpa perlu memikirkan masalah keuangan. Namun, ternyata banyak pula orang yang takut nantinya akan kehabisan uang saat mereka sudah memasuki masa pensiun sehingga harus menjadi beban kerabatnya. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu menyimpan uang sebagai dana pensiun sebanyak mungkin. Anda juga bisa ikut tabungan hari tua untuk mengurangi kekhawatiran seperti ini.

6. Tak punya cukup uang untuk keluarga

Berkeluarga memang berarti pengeluaran ikut bertambah. Meski demikian, hal ini seharusnya tidak menjadi sumber suatu ketakutan apalagi jika Anda sudah merencanakan keuangan dengan baik. Untuk keadaan mendesak, Anda bisa menggunakan dana darurat yang seharusnya sudah disiapkan dari jauh-jauh hari.

7. Kehabisan uang saat berada di perjalanan

Ketakutan selanjutnya yang juga umum terjadi adalah kehabisan uang ketika sedang berada dalam perjalanan jauh. Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini adalah menyiapkan dana berupa uang tunai yang cukup sebelum berangkat untuk berjaga-jaga apabila ATM sulit ditemukan.

Untuk mengatasi berbagai ketakutan di atas, PayLater Card bisa menjadi jawaban yang selama ini Anda cari. Kartu ini merupakan kartu kredit bebas iuran tahunan sehingga mampu meringankan beban finansial Anda. Selain itu, cicilannya yang ringan dan tanpa uang muka juga akan memudahkan dalam mendapatkan barang kebutuhan dengan lebih mudah. Itulah mengapa PayLater Card ini #JujurGunaBanget untuk mengatasi kekhawatiran masalah finansial Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *