Cara Daftar DJP Online Ebiling Wajib Pajak – Sebagai warga Indonesia yang baik, tentu kita harus selalu tertib wajib pajak. Kita haruslah memenuhi kewajiban dari negara, meski pada kenyatanya masih banyak saja yang justru sengaja melalaikannya. Berbagai alasan dikemukakan, seperti halnya ketidak tahuan cara pelaporan hingga cara membayar pajak.

Bahkan ada juga yang memang dengan sengaja tidak ingin membayarkan kewajiban pajaknya. Jika dilihat lebih dalam, sebenarnya pembayaran pajak juga diperuntukkan bagi warga Indonesia itu sendiri. Sehingga saat ini, urusan mengenai pembayaran pajak telah diatur dalam undang-undang dan wajib diikuti oleh masyarakat Indonesia.

Bagi golongan pertama wajib pajak, hal ini sering kali menjadi kebingungan dalam hal pembayaran. Termasuk juga cara melaporkan pajak, bahkan bagi Anda yang mungkin saja tengah berwirausaha. Padahal, kebingungan ini karena kebanyakan orang kurang paham mengenai prosedur perpajakan. Terlebih, saat ini sistem pembayaran pajak sangat gampang hanya dengan bayar pajak online melalui DJP Online Ebiling.

Pengertian DJP Online Ebiling

E-billing adalah sebuah sistem yang ditujukan untuk pembayaran pajak secara online melalui sistem digit. Sistem ebilling hadir demi memudahkan masyarakat saat akan membayar pajak, lantaran caranya lebih simpel dan modern. Sehingga jelas saja, jika sistem ebilling ini sangatlah berbeda dengan sistem bayar pajak jaman dulu atau manual lewat media Surat Setoran Pajak atau SPP.

Pembayaran melalui DJP Online Ebiling, mengharuskan Anda terlebih dulu untuk membuat kode billing atau ID Billing yang akan dipakai untuk portal pembayaran pajak. Adapun data data yang diperlukan ketika Anda akan membuat Kode Billing tersebut. Di antaranya seperti NPWP penyetor pajak, kode jenis pajak, kode jenis setoran, masa hingga tahun pajak, serta jumlah yang bakal dibayarkan.

Daftar Kode Billing melalui DJP Online Ebiling

Bagi Anda yang akan membayar pajak melalui ebilling, maka diperlukan adanya kode billing sebelumnya. Ada berbagai cara untuk mendapat kode ebilling tersebut, mulai dari konvensional hingga modern.

Cara konvensional atau manual bisa dilakukan dengan cara langsung mendatangi kantor pajak, lewat teller bank, kantor pos, hingga telepon ke kantor pajak. Ada juga cara bayar modern sistem digital melalui website resmi DJP online.

1. Dapatkan kode billing melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat, lalu minta nomor e-fin yang nantinya akan digunakan untuk mendaftarkan akun DJP online Anda.

2. Setelah memiliki akun DJP Online, Anda bisa secara langsung menuju halaman website https://djponline.pajak.go.id/account/login dan ikuti langkah langkahnya.

3. Saat login Anda perlu memasukkan nomor NPWP, password atau kata sandi, serta kode keamanan yang muncul di halaman situs tersebut.

4. Klik menu Bayar.

5. Klik Ebilling

6. Isi seluruh informasi yang diperlukan, seperti data NPWP, nama pengguna, serta alamat yang akan diisi secara otomatis. Namun jika belum terisi, Anda bisa melengkapi informasi tersebut.

7. Jika pengisian seluruh data telah selesai, selanjutnya klik Buat Kode Billing.

8. Isi kode keamanan.

9. Tunggu tampilan preview muncul, lalu kembali lakukan pengecekan untuk pemeriksaan data.

10. Klik Cetak.

Kini, kode ebilling yang Anda butuhkan sudah berhasil dibuat dan Anda sudah bisa menggunakannya. Pastikan Anda memahami penjelasan tersebut secara seksama, mengingat pentingnya membayar pajak secara rutin. Apalagi kini sistem pemabayaran lebih mudah dengan DJP Online Ebiling lewat website resminya di internet. Anda tidak akan lagi kesulitan dan memerlukan waktu lama hanya untuk membayar atau melaporkan pajak Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *