Lifestyle

Cara Memilih Asuransi Mobil All Risk yang Bagus

Memiliki kendaraan seperti mobil, memang harus bisa dijaga dan dirawat dengan baik agar manfaatnya dapat terus dirasakan. Terutama untuk menemani aktivitas mobile setiap hari. Salah satu perawatan yang tak boleh tertinggal adalah asuransi mobil.

Ada dua macam asuransi mobil yang dapat digunakan, yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk. Jika TLO hanya menanggung sebagian kerusakan mobil. Maka asuransi all risk menanggung semua kerusakan mobil dan memberi ganti secara tepat guna. Itulah kenapa tarif asuransi mobil all risk lebih mahal dari TLO karena perlindungan yang diberikan juga lebih maksimal dan menyeluruh.

Cara Memilih Asuransi Mobil All Risk yang Terbaik

Cara Memilih Asuransi Mobil All Risk yang Bagus

Memilih asuransi mobil haruslah selektif dan disesuaikan dengan kebutuhan. Pilihlah perusahaan asuransi yang benar-benar memberikan perlindungan maksimal dengan manfaat polis terbaik untuk mobil Anda.

Beberapa cara memilih asuransi mobil all risk yang terbaik yaitu :

1. Cek Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi yang sehat adalah perusahaan asuransi yang mampu membayar klaim dari nasabahnya. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli polis, usahakan untuk mencari tahu kesehatan perusahaan asuransi yang hendak dituju. Tolak ukurnya ada pada Risk Based Capital atau RBC.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah menetapkan RBC pada perusahaan asuransi yang sehat sebesar minimal 120 persen. Cek apakah perusahaan asuransi mobil pilihan Anda sudah mencapai 120 persen atau tidak. Jika belum, sebaiknya cari yang lain.

2. Pilih Asuransi Mobil yang Memberikan Jaminan Basic

Premi yang ditawarkan perusahaan asuransi biasanya memiliki manfaat pertanggungan yang lebih. Selain perlindungan basic, ada juga perlindungan perluasan yang menyebabkan biaya premi lebih tinggi daripada perusahaan asuransi yang lain.

Untuk mendapatkan premi asuransi mobil termurah, ada baiknya memilih perusahaan asuransi yang hanya memberikan perlindungan jaminan basic saja. Ini lebih menghemat keuangan.

3. Selalu Cek Bengkel Rekanan Asuransi Mobil

Perusahaan asuransi kendaraan mobil yang terbaik pasti memiliki bengkel rekanan yang beragam. Hal ini berkaitan dengan layanan yang diberikan untuk para nasabahnya. Semakin banyak bengkel rekanan yang dimiliki, semakin baik perusahaan asuransi mobil yang dipilih.

4. Pilih Asuransi Mobil dengan Syarat Usia Mobil Lebih dari 10 Tahun

Asuransi mobil all risk yang bagus akan memberikan syarat mobil yang diasuransikan lebih dari 10 tahun. Artinya mobil tua pun punya kesempatan untuk mendapatkan asuransi mobil. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan asuransi mobil juga memberikan perhatian dan perlindungan terhadap mobil tua atau mobil bekas yang masih layak pakai.

5. Belilah Asuransi Mobil di Pialang Terpercaya dan Legal

Tarif asuransi mobil all risk berbeda-beda di perusahaan asuransi mobil. Semua tergantung dari premi dan manfaat pertanggungan yang diberikan kepada nasabah. Selain itu juga penting untuk diketahui jenis pialang asuransi mobil yang digunakan. Apakah legal dan dapat dipercaya.

Pastikan untuk mengecek dulu perusahaan asuransi mobil yang hendak dituju. Jika legal dan punya kredibilitas yang baik di mata masyarakat, bolehkah membeli asuransi mobil di perusahaan asuransi tersebut. Membeli asuransi mobil di pialang yang tepat akan mengurangi risiko kerugian dan mendapatkan manfaat perlindungan yang diinginkan.

Perusahaan Asuransi Umum Terpercaya, Penyedia Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Mau mencari perusahaan asuransi mobil terpercaya. Langsung saja ke Lifepal. Yaitu marketplace online yang menjadi wadah bagi beragam jenis perusahaan asuransi umum yang terbaik dan murah di Indonesia untuk memberikan tawaran pelayanan terbaik bagi nasabahnya.

Asuransi mobil termasuk dalam salah satu jenis asuransi umum dan memiliki wadah organisasi tersendiri yang  bernama Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Pembentukan AAUI yang didirikan tahun 2002 ini didasarkan pada UU no 40 tahun 2014 mengenai perasuransian.

Landasan hukumnya termuat pada bab 14 memuat 2 pasal yaitu pasal 68 ayat 1 yang berbunyi setiap Perusahaan Perasuransian wajib menjadi anggota salah satu Asosiasi Usaha Perasuransian yang sesuai dengan jenis usahanya. Sementara pasal 68 ayat 2 berbunyi : Asosiasi Usaha Perasuransian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus mendapatkan persetujuan tertulis dari Otoritas Jasa Keuangan.

Harga asuransi mobil murah all risk berbeda-beda tiap perusahaan asuransi. Nasabah dapat dengan mudah membandingkan premi asuransi secara online melalui Lifepal. Kegiatan ini sangat membantu nasabah untuk memilih jenis asuransi mobil yang diinginkan. Sehingga tepat sasaran dan tepat guna.

Lifepal sudah bekerjasama dengan banyak perusahaan asuransi ternama di Indonesia, sehingga nasabah dapat membandingkan lebih dari 500 polis dari beragam perusahaan asuransi yang ada. Lebih hemat waktu, keamanan dokumen terjaga dan layanan online 24 jam.

Cara membeli asuransi mobil di Lifepal cukup mudah. Cukup kunjungi lifepal.co.id dan pilih jenis asuransi yang diinginkan. Isi data dan klik tampilan polis. Nasabah dapat membandingkan polis sebelum memutuskan untuk membeli. Jangan khawatir, Lifepal menyediakan konsultasi gratis bagi nasabahnya untuk memilih polis yang sesuai dengan kebutuhan.

Mudah bukan. Yuk pilih asuransi mobil terpercaya di Lifepal.