Aplikasi penggajian adalah investasi yang akan mempengaruhi seluruh bisnis Anda. Menemukan aplikasi yang sesuai dengan bisnis tentu dapat menghemat waktu berjam-jam per minggu dan meningkatkan efektivitas perusahaan. Akan tetapi, tidak semua bisnis dapat memilih payroll software yang tepat.

Ada berbagai opsi aplikasi penggajian, masing-masing memiliki kelebihannya sendiri, dan Anda perlu menemukan aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan unik bisnis. Berikut  sembilan hal yang perlu Anda jawab saat mengevaluasi software untuk perusahaan.

1. Apakah Anda Memiliki Karyawan Tetap dan Freelance?

Jenis dan kebutuhan karyawan saat ini adalah tempat terbaik untuk memulai. Karyawan diklasifikasikan secara berbeda tergantung jam kerja mereka, manfaat yang mereka terima, dan jenis pekerjaan yang mereka lakukan. Payroll software harus mencerminkan kebutuhan basis karyawan Anda. 

Ada aplikasi penggajian yang berfokus pada karyawan kontrak, karyawan tetap, dan karyawan yang fleksibel. Ada pula yang dapat mengotomatisasikan semua jenis karyawan dalam satu aplikasi.

Beberapa layanan penggajian juga akan menampilkan dashboard untuk karyawan sehingga mereka dapat mengirimkan status pajak, memeriksa jam kerja, dan periode pembayaran mereka sendiri. Pastikan solusi penggajian yang Anda pertimbangkan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

2. Apakah Pajak Dihitung dan Dipotong Otomatis?

Titik rumit terbesar dari penggajian adalah menjalankan, menghitung, dan melaporkan pajak penghasilan. Ini adalah proses rumit yang dapat menimbulkan konsekuensi buruk jika ceroboh. Sistem penggajian yang baik dapat membantu Anda dengan cepat dan efektif mengelola pajak penghasilan sehingga Anda bahkan tidak perlu memikirkannya. 

Selain menghitung jumlah yang sesuai, Anda bahkan dapat memilih aplikasi penggajian yang akan memperlihatkan laporan pajak atas nama Anda setiap bulan. Payroll software online dapat membuat pajak penghasilan Anda selalu diperbarui sesuai perubahan terkini sehingga Anda selalu mematuhinya.

3. Apakah Software Mengotomatisasikan Pembayaran Gaji kepada Karyawan?

Ketika masyarakat menjadi semakin digital, perbankan juga demikian. Lebih dari 93% karyawan di Amerika telah menerima payroll yang telah diotomatisasikan.

Tidak hanya mengurangi waktu, biaya, serta mengurangi percetakan fisik, tetapi karyawan sekarang dapat dengan cepat menerima pembayaran gaji tepat waktu sesuai yang dijadwalkan. 

Sebaiknya pastikan aplikasi dapat mengotomatisasikan pembayaran sesuai jadwal yang paling sesuai untuk perusahaan.

4. Apakah Terintegrasi dengan Fitur Lain?

Software yang terintegrasi tentu menjadi impian bagi pebisnis kecil. Jika proses gaji dapat terintegrasi dengan absensi, perhitungan cuti, lembur, dan izin, pajak penghasilan, reimbursement, hingga bonus karyawan tentu sangat mempercepat proses pembukuan setiap bulan.

Coba bicarakan dengan tim Talenta sebagai aplikasi payroll yang terintegrasi. Anda juga dapat mencoba uji coba atau demo aplikasi Talenta secara gratis.

5. Berapa Biaya Aplikasi?

Harga adalah hal penting dalam memilih software payroll. Sebagian besar pemilik bisnis bersedia membayar layanan penggajian yang menghemat berjam-jam setiap minggunya, tetapi tidak jika hal tersebut membutuhkan banyak biaya. Tentukan kisaran harga terkait dengan aplikasi penggajian dan bagaimana ROI yang akan didapatkan.

6. Apakah Tersedia Akses Online?

Bagaimana bisnis menjalankan penggajian? Apakah dua kali sebulan di kantor yang sama, oleh orang yang sama, untuk orang yang sama? Atau apakah Anda mengelola banyak lokasi, karyawan fleksibel, dan perubahan yang sering terjadi? 

Opsi online mungkin diperlukan untuk menjalankan sistem penggajian Anda. Software payroll online berbasis cloud sangat direkomendasikan sehingga Anda maupun karyawan dapat mengakses proses payroll dimana dan kapan pun.

7. Seberapa Amankah Software Tersebut?

Kapan pun Anda berurusan dengan informasi pribadi dan akun keuangan, sangat penting bagi Anda untuk mengandalkan aplikasi yang terjamin keamanannya. Pastikan bahwa aplikasi penggajian yang Anda pertimbangkan menawarkan langkah-langkah keamanan seperti enkripsi data, perlindungan kata sandi, dan izin akses terbatas.

8. Apakah Penyedia Menawarkan Uji Coba Gratis?

Sebelum memutuskan gunakan aplikasi, Anda mungkin ingin mencobanya. Banyak penyedia penggajian menawarkan uji coba gratis. 

Mungkin ada baiknya jika Anda mencoba beberapa layanan penggajian yang berbeda dengan uji coba gratis sebelum Anda membuat keputusan akhir. Bahkan jika Anda tahu salah satu di luar kisaran harga Anda atau tidak memiliki fitur yang Anda butuhkan, mengujinya dapat menunjukkan dengan tepat apa yang Anda cari (atau coba hindari). 

9. Bagaimana Ulasan & Dukungan Pelanggan?

Pengalaman pengguna penting untuk aplikasi yang akan Anda andalkan secara teratur. Mintalah ulasan dan rekomendasi dari pemilik bisnis lain yang Anda kenal dan hormati. Lihat apa yang dikatakan pelanggan tentang sistem penggajian yang Anda pertimbangkan.

Payroll software terbaik adalah yang akan memenuhi kebutuhan unik Anda. Anda pasti menginginkan sesuatu yang menghemat waktu Anda, daripada membuat penggajian menjadi proses yang lebih kompleks.

Membayar lebih untuk kenyamanan adalah pilihan yang tepat. Coba untuk kunjungi website Talenta, sebagai software payroll yang telah digunakan ribuan bisnis di Indonesia, dan lihat bagaimana Talenta membantu bisnis Anda.