Seorang pebisnis UKM yang sudah mempunyai merek tidak ada kelirunya bila dia selekasnya Pendaftaran merek dagang itu. Ini perlu dikerjakan buat jadikan produk anda mempunyai keunikan yang berbeda daripada lainnya.

Apa lagi sekarang ini kompetisi di dunia perdagangan cukup ketat hingga dapat menimbukan beberapa hal yang dapat bikin rugi usaha anda. Oleh karenanya pelindungan hukum perlu untuk dilakukan, hingga jika setiap saat ada permasalahan dapat anda tuntaskan dengan demikian gampang.

Berikut makna khusus dari Pendaftaran merek dagang, hingga anda semakin lebih kuat dalam menantang faksi pihak yang bikin rugi anda.

Perlu anda ketahui jika pelindungan hukum semacam ini berlaku sepanjang lebih kurang 10 tahun dan bisa diperpanjang dengan persyaratan membayar royalty ke Dirjen Hak Kekayaan Cendekiawan. Saat ini yang menjadi pertanyaan bagaimanakah cara daftar merek dagang gratis untuk usaha?

Ongkos Pendaftaran merek dagang di rasa masih begitu berat untuk usaha UKM

Sesungguhnya beberapa pebisnis UKM sudah mengetahui jika dengan mempunyai merek dagang sendiri ada beberapa keuntungan yang dicapainya. Namun tidak seluruhnya pebisnis ingin lakukan hal sama dengan mendaftar merek dagangnya.

Sebab untuk mendaftarkannya ongkos yang perlu dijamin lumayan besar untuk seorang pemula yaitu sekitar Rp 2.000.000,00.

Jumlah itu belum juga terhitung ongkos diskusi HKI dan ongkos ongkos yang lain. Adanya permasalahan semacam ini pada akhirnya faksi Tubuh Ekonomi Inovatif Indonesia (Bekraf) sudah berencana satu program untuk menolong beberapa aktor ekonomi inovatif dalam mendaftar Hak Kekayaan Cendekiawan (HKI).

Menurut salah satunya sumber menjelaskan jika sekarang ini telah ada seputar 800 pendaftar dari sasaran 1.000 pendaftar.

Untuk melakukan program ini sesungguhnya pemerintahan sudah memberi bujet sejumlah Rp 1,1 triliun untuk capai sasaran.

Bila diakui karena itu jika beban ongkos registrasi yang perlu dijamin oleh pendaftar sejumlah Rp 2.000.000,00 karena itu jumlah pengeluarannya ialah sejumlah Rp 2 milyar dari bujet itu.

Program seperti ini diperuntukkan beberapa aktor ekonomi inovatif untuk selekasnya mengetahui jika Hak Kekayaan Cendekiawan itu sangat penting. Bahkan juga dalam program ini disiapkan service diskusi berkenaan kelaikan satu produk.

Bukan merek saja yang dapat didaftarkan di HKI namun termasuk juga hak cipta, hak paten, dan desain industri. Program ini gagasannya tetap akan dikerjakan dari tahun ke tahun dengan sasaran 1.000 orang pendaftar.

Mempunyai merek dagang sendiri adalah hal yang membesarkan hati namun tidak seluruhnya proses registrasinya berjalan lancar sering mereka yang sudah berkali kali lakukan registrasi tetap alami penampikan.

Apa lagi anda yang ada di luar wilayah Jakarta adanya permasalahan ini karena itu tentu saja ongkos yang perlu anda siapkan lumayan besar.

Disamping itu waktu anda pun bisa banyak terbuang cuman untuk mengurus permasalahan ini yang tidak juga habis. Kehadiran merek dagang memang benar-benar diperlukan untuk kelangsungan usaha anda. Bila anda tidak selekasnya mendaftar merek dagang yang sudah anda punyai karena itu bukan tidak kemungkinan dijiplak oleh seseorang.

Faedah mendaftaran merek dagang dan hak merek

Di bawah ini ada banyak faedah yang dapat anda dapatkan saat lakukan registrasi merek dagang dan hak merek.

Menghindar plagiasi

Merek dagang yang sudah anda punyai dapat jadi landasan hukum bila seseorang memakai merek yang serupa. Tetapi bila merek dagang itu belum anda daftarkan karena itu bisa saja seseorang akan mengikutinya dan anda tidak berkekuatan hukum yang kuat untuk menantangnya.

Dapat dipasarkan lewat franchise. Bila usaha franchise jadi opsi anda karena itu seharusnya anda mendaftar merek dagang itu. Sebab dengan mempunyai merek dagang usaha anda semakin lebih terpercya.

Bukti pemilikan merek dagang yang resmi. Permasalahan yang berkaitan dengan pemilikan merek dagang seringkali berlangsung oleh karenanya dengan mempunyai sertifikat registrasi merek karena itu kepentingan itu semakin lebih gampang dituntaskan.

Merek dagang yang sudah tercatat di Dirjen HAKI nilainya bertambah. Merek dagang itu adalah asset kekayaan untuk anda hingga bila merek itu telah tercatat karena itu bukan mustahil nilainya akan makin bertambah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *