Laptop Gaming Terbaik dari Sudut Pandang Mahasiswa

laptop gaming terbaik

Laptop gaming terbaik adalah salah satu hal yang paling didambakan oleh anak muda. Bisa dimaklumi, laptop gaming dirancang khusus dengan spesifikasi yang mampu memberikan pengalaman bermain game yang memuaskan. Saat ini, tren berjudi terus meningkat. Jika sebelumnya game hanya untuk bersenang-senang, kini skill dan ketekunan dalam bermain game bisa menjadi sumber penghasilan yang sangat menjanjikan. Itu sebabnya laptop gaming adalah idaman di antara para pecinta game! Apakah Anda salah satunya?

Nah, ASUS sebagai salah satu vendor dominan di pasar laptop global turut serta memenuhi kebutuhan laptop gaming yang mumpuni. Brand ROG menjadi bukti keseriusan ASUS dalam memenuhi kebutuhan para gamers.

Apa itu ASUS ROG? Bagi sobat yang belum tahu, ASUS ROG merupakan brand dari ASUS yang berfokus pada perangkat gaming. ROG, yang merupakan singkatan dari Republic of Gamers, pertama kali dibentuk pada tahun 2006. Tak perlu menunggu lama, berdasarkan data global unit sales di akhir tahun 2016, laptop gaming ASUS menguasai 59% pangsa pasar. ROG terus berkembang menjadi pemain utama di industri game global. Hal ini dibuktikan dengan lebih dari 6.000 penghargaan yang diraih ROG di seluruh dunia sejak 2006.

Mengapa Anda harus memilih ASUS ROG? Republic of Gamers (ROG) berkomitmen untuk menciptakan laptop gaming terbaik dan terkuat. Sejak dibentuk pada tahun 2006, ASUS ROG terus menghadirkan inovasi yang sulit ditemukan di laptop lain. Bekerja sama dengan para gamer profesional terbaik dunia, ASUS ROG menggunakan umpan balik mereka untuk menciptakan platform yang sempurna bagi para gamer.

Maka wajar jika ROG kerap mempelopori berbagai inovasi teknologi. Misalnya, laptop gaming dengan sistem pendingin air pertama di dunia, laptop gaming tipis pertama di dunia, laptop gaming pertama yang menggunakan layar 360Hz, dan sejumlah inovasi lainnya. .

Dengan inovasi dan kualitas yang telah teruji, ROG telah meraih berbagai penghargaan mulai dari Tech Advisor Awards, PC World Awards, iF Design Awards hingga CES Innovation Awards. ROG juga menjadi official gaming partner untuk turnamen esports kelas dunia seperti BlizzCon, PAX, The International, Dreamhack dan The Majors.

ROG benar-benar menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih baik dengan perangkat keras game yang luar biasa, grafis terbaik, dan sistem pendingin inovatif yang membawa performa laptop gaming ke level berikutnya. Semua laptop ROG juga menjalani serangkaian uji ketahanan dan diuji dalam kondisi yang tidak biasa untuk memastikan ketahanannya.

Apa saja laptop gaming ASUS ROG terbaik? Dengan komitmen untuk menciptakan laptop gaming terbaik dan bertenaga, ASUS ROG telah merilis berbagai pilihan laptop gaming berkualitas. Dari sekian banyak pilihan, kali ini saya memilih tiga laptop gaming yang sangat menonjol bagi saya. Satu laptop gaming seri ROG Strix, satu laptop gaming seri ROG Zephyrus dan satu lagi laptop seri ROG Flow.

Nah, jika diperhatikan, meski seri dan namanya berbeda, deretan laptop gaming ini memiliki satu kesamaan. Apa kesamaan mereka?

Yang sama dari ketiga laptop gaming ASUS ini adalah prosesornya. Ya, ketiganya ditenagai prosesor (CPU) Intel Core (Alder Lake) Generasi ke-12. Prosesor Alder Lake menawarkan kombinasi core berperforma tinggi (core P), core CPU berperforma tertinggi yang pernah diproduksi oleh Intel, dan core efisien (inti E) yang dirancang untuk performa beban kerja multi-utas yang sangat dapat diskalakan. Arsitektur kinerja hibrid dari prosesor Intel Core ke-12 merupakan lompatan arsitektur yang dihasilkan dari kolaborasi erat antara perangkat lunak dan perangkat keras. Alhasil, performanya jauh lebih unggul dari generasi sebelumnya. Lantas apa saja spesifikasi dari masing-masing laptop gaming tersebut? Saya telah mencoba mengumpulkan informasi dari situs web resmi ASUS ROG dan siaran pers lalu mengemasnya secara singkat. Yuk, cek infonya di sini!

ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition, laptop gaming terbaik dan terkuat di dunia

ROG Strix SCAR 17 Special Edition adalah laptop gaming pertama dengan CPU Intel Core i9-12950HX generasi ke-12. FYI, CPU ini adalah CPU laptop paling kuat di dunia!

Pada ROG Strix SCAR 17 Special Edition, CPU dengan konfigurasi 16 core (8 P-core dan 8 E-core) dan 24 thread telah meningkatkan performanya. Intel Core i9-12950HX Generasi ke-12 yang tertanam dalam ROG Strix SCAR 17 Special Edition memiliki kekuatan dasar 65W dan performance core yang dapat beroperasi pada frekuensi hingga 5.2GHz.Spesifikasi ini dapat memberikan performa terbaik CPU single-threaded saat bermain game dalam skenario apa pun.

Selain itu, CPU Intel Core i9-12950HX Generasi ke-12 ROG Strix SCAR 17 Edisi Khusus juga dapat meningkatkan kinerjanya melalui mode manual di aplikasi Armoury Crate, yang memungkinkan CPU berjalan pada daya 175W. Performa ini tentu membuat performa desktop ROG Strix SCAR 17 Special Edition.

Laptop gaming ini juga dilengkapi dengan GPU yang sangat bertenaga yaitu NVIDIA GeForce RTX 3080Ti. GPU ini juga telah meningkatkan kinerjanya dengan TGP maksimum 175W melalui Dynamic Boost. Dengan spesifikasi tersebut, dipastikan ROG Strix SCAR 17 Special Edition dapat digunakan untuk memainkan semua game PC dalam resolusi tinggi dengan sangat baik.

Dari segi resolusi, laptop gaming ini menampilkan layar beresolusi QHD (2560 x 1440) dengan kecepatan refresh 240Hz dan waktu respons 3ms. Layar ini kompatibel dengan teknologi Dolby Vision dan Adaptive Sync untuk membuat pengalaman bermain game lebih nyaman tanpa efek stuttering dan tearing.

Untuk memori dan penyimpanan, ROG Strix SCAR 17 Special Edition dilengkapi dengan memori DDR5 4800MHz yang kapasitasnya dapat ditingkatkan hingga 64GB. Sedangkan untuk penyimpanannya mengandalkan PCIe Gen4 NVMe SSD yang bisa dikonfigurasi di RAID 0 untuk performa maksimal. Seperti laptop gaming ROG 2022 lainnya, ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dilengkapi dengan MUX switch untuk performa gaming yang maksimal. Dalam hal konektivitas, ROG Strix SCAR 17 Special Edition menawarkan konektivitas modern yang komprehensif, mulai dari WiFi 6E hingga Thunderbolt 4, sehingga pengguna dapat terhubung ke internet tanpa gangguan dan perangkat yang kompatibel dapat terhubung dengan lancar.

Sistem pendingin khusus juga ditambahkan pada laptop gaming terbaik ini. ROG Strix SCAR 17 Special Edition hadir dengan sistem ROG Intelligent Cooling. Salah satunya adalah penggunaan logam cair sebagai senyawa termal untuk CPU dan GPU. Logam cair yang digunakan adalah Thermal Grizzly Conductonaut Extreme, yang dapat mendinginkan suhu pengoperasian hingga 15⁰C dibandingkan dengan thermal compound standar yang terbuat dari bahan silikon.

Sistem pendingin ini juga dilengkapi ruang uap untuk membantu mendinginkan semua komponen game tersebut. Ruang uap menutupi 48,8% dari motherboard sehingga proses pendinginan setiap komponen mulai dari CPU, GPU, VRM dan VRAM dapat bekerja secara optimal.

Heat sink berbahan tembaga yang terhubung langsung dengan vapor chamber ini didesain secara presisi sehingga dapat membuang panas secara optimal. Peredaman panas juga dibantu oleh dua buah kipas Arc Flow yang dapat membuat aliran udara menjadi lebih baik dan memiliki tingkat kebisingan yang lebih rendah dibandingkan teknologi kipas pada laptop ROG generasi sebelumnya.

Sebagai laptop gaming edisi khusus, meski menggunakan desain bodi dasar yang sama dengan model ROG Strix SCAR 17, edisi khusus ROG Strix SCAR 17 hadir dengan fitur “tinta tak terlihat” yang terukir di bodinya. Tinta tak terlihat hanya bisa terlihat saat bodi laptop terkena sinar ultraviolet.

ASUS ROG Zephyrus M16, cocok untuk gamer dan kreator konten

Tak hanya untuk para gamer, laptop ASUS ROG Zephyrus M16 juga bisa menjadi andalan para kreator konten. Pasalnya, laptop ini mengusung teknologi ROG Nebula Display. Apa keistimewaan dari teknologi ROG Nebula Display ini?

ROG Nebula Display adalah teknologi layar yang menghadirkan 100% gamut warna DCI-P3, tingkat kecerahan 500-nit, dan waktu respons 3 ms. Teknologi ini diintegrasikan ke dalam layar laptop yang cukup besar, berukuran 16 inci. Layar 94% melee yang diterapkan pastinya membuat para gamer lebih bisa menatap layar. Selain itu, bezel yang lebih tipis membuat tampilan lebih jelas. ⁠⁠

Pada laptop ASUS ROG Zephyrus M16, teknologi ROG Nebula Display telah ditingkatkan dengan Dolby Vision, Adaptive Sync, akurasi warna layar tervalidasi Pantone, serta sertifikasi TUV Rheinland untuk pengurangan cahaya biru dan anti-flicker. Juga terintegrasi ke bagian atas layar adalah webcam yang mendukung perekaman video HD 720p.

Seperti laptop gaming ASUS ROG lainnya, seri ASUS ROG Zephyrus M16 juga dilengkapi dengan MUX switch. MUX Switch adalah chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Chip ini diklaim mampu meningkatkan performa laptop hingga 10-30% saat digunakan untuk gaming. Selain diunggulkan dengan teknologi ROG Nebula Display, laptop gaming ASUS ROG Zephyrus M16 juga memiliki tampilan istimewa karena ditenagai Intel Core H series generasi ke-12 berbasis Intel 7. Prosesor ini menggabungkan Performance Core (P-core) dan Efficient Inti (E-inti). ), yang diklaim mampu memberikan performa tinggi untuk tugas berat sekaligus efisiensi energi saat laptop digunakan untuk tugas ringan. Laptop gaming ASUS ROG Zephyrus M16 ditawarkan dengan dua pilihan prosesor, Intel Core i7-12700H dan Intel Core i9-12900H. Prosesor Intel Core i7-12700H memiliki 14 inti (6 inti P dan 8 inti E) dengan kecepatan clock 2,3 GHz (mode turbo 4,7 GHz). Untuk bagiannya, Intel Core i9-12900H memiliki konfigurasi 14 core (6 P core dan 8 E core) dan 20 thread dengan kecepatan 2.5GHz yang bisa digenjot hingga 5GHz.

Sedangkan untuk pengolah grafisnya, ASUS ROG Zephyrus M16 menggunakan chip grafis dari Nvidia yaitu GeForce RTX 3060 hingga 3070Ti yang didampingi oleh Tensor Cores dan RT Cores. Untuk RAM, laptop ini hadir dengan RAM 16GB (dual channel) 4.800Mhz DDR5. Selain itu, untuk penyimpanan, ASUS ROG Zephyrus M16 dilengkapi dengan penyimpanan PCIe Gen4 NVMe SSD yang mampu menyimpan data hingga 1TB dengan kecepatan baca hingga 7Gbps.

Dari segi konektivitas, laptop gaming ini dilengkapi dengan port HDMI 2.0b, USB 3.2 Gen2 Type-A, card reader MicroSD UHS II, jack audio combo 3.5mm, port Gigabit Ethernet (LAN), dan port Thunderbolt. -C . Teknologi Thunderbolt 4 dapat mencapai kecepatan data hingga 40Gbps, sehingga dapat digunakan untuk menghubungkan laptop ke monitor dengan resolusi hingga 8K.

Dengan segala kecanggihannya, laptop ASUS ROG Zephyrus M16 ditenagai oleh baterai berkapasitas maksimal 90Wh. Dari segi OS, laptop ini sudah menjalankan OS Windows 11 Home dan juga Office Home & Student 2021 yang sudah diinstal sebelumnya. Hal ini tentunya akan memudahkan teman-teman untuk memainkan game favoritnya sekaligus meningkatkan produktivitasnya sehari-hari. Secara keseluruhan, laptop gaming ASUS ini memiliki bobot 1,9 kg dengan dimensi 35,5 x 24,3 x 1,99 cm. Desainnya yang ramping dengan 180⁰ kickstand membuat laptop ini lebih fleksibel saat digunakan untuk bermain game.⁠

Nah, buat sobat yang suka bermain game dan berprofesi sebagai content creator, laptop ASUS ROG Zephyrus M16 ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat!

ASUS ROG Flow Z13, kuat dilepas

Tidak seperti laptop gaming ASUS ROG lainnya, ROG Flow Z13 memiliki fitur dan kelebihan tepat di layarnya. Bagian tampilan dirancang khusus agar dapat dilepas dari keyboard yang memiliki lampu latar RGB bawaan. Layarnya dapat dioperasikan dengan layar sentuh dan juga dilengkapi dengan stylus berteknologi MPP 2.0. Dengan kata lain, laptop ini bisa digunakan sebagai tablet.

Tablet gaming ini menghadirkan perangkat keras kelas atas seperti laptop gaming ROG lainnya. Prosesor pilihan adalah Intel Core i9-12900H, prosesor (CPU) Intel generasi ke-12 (Alder Lake). Prosesor ini dipasangkan dengan pengolah grafis (GPU) Nvidia GeForce RTX 3050 Ti, RAM DDR5, dan media penyimpanan slot PCIe 4.0.

Dengan spesifikasi tersebut, ASUS ROG Flow Z13 tidak menggunakan OS Android seperti tablet pada umumnya, melainkan menggunakan OS Windows. Sedangkan untuk layar yang menjadi andalannya, ROG Flow Z13 ditawarkan dengan dua pilihan layar. Opsi pertama adalah layar 4K 60Hz dengan spektrum gamut warna DCI-P3 85%. Pilihan kedua, sementara itu, adalah layar Full HD 120Hz dengan gamut warna 100% sRGB.

Kedua opsi tampilan menggunakan rasio layar 16:10 berukuran 13,4 inci, menampilkan teknologi Dolby Vision, dilapisi dengan Corning Gorilla Glass, Adaptive-Sync, dan sertifikasi Pantone Validated Display untuk tampilan warna di layar yang sangat akurat. Untuk konektivitas, ASUS ROG Flow Z13 dilengkapi dengan port Thunderbolt 4 yang mendukung fungsi DisplayPort 1.4 dan fast charging dengan teknologi PD charging hingga 100 watt. Selanjutnya, ada juga dua konektor USB Type-C yang bisa digunakan untuk port display dan konektor charger. Konektor lainnya adalah port USB-A 2.0, slot kartu microSD, port HDMI 2.0, dan jack audio 3,5 mm.

ASUS TUF Gaming F15, laptop gaming terbaik untuk segala aktivitas

Untuk laptop gaming TUF Gaming F15, ASUS mengutamakan desain baru yang lebih ringkas dengan performa yang tangguh. Tidak diragukan lagi ketangguhannya. Laptop gaming ini telah menjalani serangkaian uji US Military Standard Extreme Endurance (MIL STD-810H), mulai dari uji jatuh, uji getaran, hingga beroperasi di suhu dan kelembapan ekstrem. Sehingga, laptop ini dikenal sebagai laptop gaming serba guna.

ASUS TUF Gaming F15 mengusung layar IPS 15,6 inci yang mampu menampilkan kualitas gambar Full HD (1920 x 1080 piksel) dengan rasio aspek 16:9, kecepatan refresh 144Hz, dan waktu respons 3ms. Teknologi layar ini disempurnakan dengan teknologi Adaptive Sync dan Mux Switch yang mampu mendongkrak performa laptop saat digunakan untuk bermain game. Kemudian, webcam juga ditambahkan di bagian atas layar untuk merekam video HD 720p. Untuk laptop gaming ini, ASUS menghadirkan dua varian prosesor Intel Core H-series Generasi ke-12 yakni Intel Core i7-12650H dan i5-12450H. Intel Core i7-12650H terdiri dari 10 core (6 P core dan 4 E core) dengan turbo clock speed hingga 4.7 GHz, sedangkan Intel Core i5-12450H terdiri dari 8 core (4 core P dan 4 E core) dengan kecepatan clock turbo hingga 4,4 GHz.

Kedua prosesor tersebut dipasangkan dengan tiga pilihan pemrosesan grafis, yakni Nvidia GeForce RTX 3050, Nvidia GeForce RTX 3050Ti, dan Nvidia GeForce RTX 3060. Sedangkan untuk memori, laptop gaming ASUS TUF Gaming F15 menggunakan memori DDR5 4800MHz yang dapat diupgrade hingga 32GB. Nah, untuk storage dipilih NVMe PCIe 3.0 SSD dengan kapasitas hingga 1TB. Aspek audio laptop ini juga mendapat perhatian dari ASUS. Audio TUF Gaming F15 sudah menggunakan teknologi Dolby Atmos dengan fungsi pembatalan bising AI dua arah canggih yang dapat menyaring kebisingan dari input mikrofon dan juga suara yang berasal dari lawan bicara. Tentunya aspek audio ini akan mendukung kegiatan telekonferensi.

Dari segi konektivitas, terdapat satu port HDMI 2.0b, satu port combo jack audio 3.5mm, satu port USB 3.2 Gen 1 Type-A, dua port USB 3.2 Gen 1 Type-C, support DisplayPort + power power + G- SYNC, satu port LAN RJ45, dan satu port DisplayPort Thunderbolt 4. Sangat lengkap bukan?

Mendukung mobilitas tinggi, laptop gaming all-task ini didukung baterai berkapasitas 76 Watt Hours (Whrs).

Tips memilih laptop gaming terbaik

Memilih laptop gaming mungkin agak sulit. Pasalnya, ada banyak pilihan di luar sana dan masing-masing memiliki kelebihannya masing-masing. Kalau sudah begini, pusing! Nah, untuk memudahkan Anda mengambil keputusan, ada baiknya simak 3 tips berikut ini.

Lihat dan bandingkan spesifikasi laptop gaming terbaik

Spesifikasi laptop gaming tentunya harus menjadi perhatian utama. Setidaknya ada lima fitur utama yang perlu diperhatikan, yakni tampilan, CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphics Processing Unit), memori dan penyimpanan, desain, port dan input.

Ukuran, resolusi, dan kecepatan refresh layar laptop gaming Anda akan memengaruhi pengalaman teman bermain game Anda. Dalam hal tampilan, pertimbangkan apakah akan memprioritaskan tampilan dengan kecepatan refresh tinggi atau tampilan dengan resolusi tinggi. Atau mungkin Anda hanya berencana menggunakan monitor eksternal? Untuk CPU dan GPU, coba bandingkan spek komponennya. Misalnya, kecepatan jam dan angka itu. Lihat juga tolok ukur untuk membandingkan kecepatan. Dalam hal memori dan penyimpanan, Anda perlu mengenali perbedaan antara HDD dan SSD. Kemudian tentukan berapa banyak RAM yang Anda butuhkan untuk memainkan game favorit Anda.

Jika sobat sering bepergian, desain laptop gaming juga harus diperhatikan. Pilih laptop gaming yang ringan. Namun jika Anda tidak sering bepergian, jelas perangkat keras akan menjadi prioritas. Kemudian, sejauh port dan input masuk, pertimbangkan jumlah periferal yang akan digunakan nanti. Termasuk audio dan memori eksternal. Butuh port berkecepatan tinggi dan lebih banyak fleksibilitas?

Perhatian Layanan Garansi

Garansi merupakan poin yang sangat penting ketika sobat memutuskan untuk membeli laptop gaming. Adanya garansi merupakan jaminan apabila terjadi kerusakan selanjutnya. Oleh karena itu, pastikan garansi yang diberikan pada laptop gaming yang Anda cari. Misalnya, untuk setiap produk laptop gaming resmi ROG, ASUS menawarkan garansi perbaikan selama 2 tahun, baik secara domestik maupun global. Garansi ini berlaku jika kerusakan bukan disebabkan oleh kelalaian pembeli. Selain itu, mulai 1 Januari 2020, ASUS akan mengaktifkan ASUS Perfect Guarantee. Layanan garansi eksklusif ini berlaku untuk tahun pertama masa garansi untuk laptop konsumen dan gaming ASUS. Dalam layanan premium ini, ASUS menanggung 80% biaya jasa perbaikan dan suku cadang atas kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian Anda.

Cari peluang untuk mendapatkan harga murah

Bukan rahasia lagi, laptop gaming hadir dengan banderol harga selangit. Namun jika dilihat lebih dalam, jelas harga yang ditawarkan para vendor tersebut sepadan dengan kualitas dan kemampuan laptop gaming tersebut. Dengan harga yang sedikit lebih murah, sobat bisa mencoba peruntungan melalui program On Sale yang ditawarkan oleh para penjual laptop gaming. Rajin-rajinlah menindaklanjuti update informasi melalui kanal media sosial resmi Anda.

Kesimpulan

Memilih laptop gaming adalah impian sekaligus keputusan besar. Pasalnya, spesifikasi dan kemampuan laptop gaming akan sangat berpengaruh terhadap pengalaman gaming teman-teman.

Nah, jajaran laptop gaming ASUS ROG menawarkan spesifikasi mumpuni untuk pengalaman gaming yang lebih baik. ROG cocok untuk segala usia, dari gamer pemula hingga gamer profesional.

Jajaran laptop gaming terbaik dari ASUS ROG dapat mendukung segala aktivitas gamer termasuk produktivitas gamer. Tak hanya itu, ASUS ROG juga punya komunitas lho!

Bagi sobat yang pernah menggunakan laptop gaming ASUS ROG atau ingin tahu lebih banyak tentang pengalaman menggunakan laptop ROG, silahkan bergabung di komunitas ASUS ROG. Komunitas gaming terbesar di Indonesia ini memiliki lebih dari 30.000 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Komunitas ini menjadi jembatan antara para gamers, pengguna ROG, serta penggemar ROG dan #TeamROG.

Download juga Aplikasi Laptop Gaming Terbaik di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.laptopgamingterbaik.dunia