Daun Pepaya

ppp

Manfaat Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan zat baik yang berlimpah. Maka dari itu, bagi yang kurang menyukai rasanya dapat mempertimbangkan manfaat daun pepaya bagi tubuh pada ulasan ini,

  1. Sifat anti kanker

Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh. Hal ini membuat ekstrak daun pepaya ini, sering direkomendasikan sebagai bagian dari kemoterapi di beberapa bagian penduduk dunia. Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap kanker. Daun yang terasa pahit, memang banyak mengandung zat anti kanker, yang juga ditemui pada manfaat daun binahong.

  1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri serta berbagai bentuk sel kanker. Hal ini membuat daun pepaya dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal untuk menghilangkan cacing di usus karena mengandung tannin. Zat tannin ini akan melindungi usus dari infeksi ulang pada lapisan dinding usus, sehingga cacing di usus tidak dapat menempel. Dengan demikian, daun pepaya secara efektif akan menekan penyebab terjadinya sakit tifus.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat lain yang menakjubkan dari jus daun pepaya adalah kemampuannya untuk melawan infeksi virus seperti virus flu biasa. Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

  1. Anti Malaria

Daun Pepaya telah ditemukan memiliki sifat anti malaria juga. Dengan demikian, jus daun pepaya sering digunakan di beberapa bagian dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

  1. Pencegahan Demam Berdarah

Demam Berdarah Dengue adalah penyakit mematikan yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes. Penyakit ini bisa berakibat fatal, namun sejauh ini tidak ada obat khusus telah dirumuskan untuk penyakit ini. Penghilang rasa sakit seperti aspirin dan ibuprofen memiliki efek samping tersendiri. Jus daun pepaya adalah metode tradisional untuk menyembuhkan demam berdarah tanpa masalah efek samping. Penelitian ilmiah dan beberapa studi kasus telah menunjukkan bahwa ekstra daun pepaya mengandung enzim papain meningkatkan trombosit. Perusahaan farmasi sudah menggunakan persiapan ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul dan formula cair. Para dokter merekomendasikan mengambil 20 sampai 25 ml jus ini dua kali sehari selama seminggu untuk hasil yang cepat.

  1. Mengurangi Nyeri Haid

Para wanita sejak dahulu memanfaatkan daun pepaya untuk permasalahan ini. Jus daun pepaya sangat efektif untuk mengurangi nyeri haid. Caranya dengan merebus beberapa ambil 1 daun pepaya, tambahkan asam jawa dan garam, campur dengan segelas air dan didihkan. Minumlah ramuan ini pada saat datang bulan.

  1. Membantu Pencernaan

Enzim papain dalam daun pepaya membantu dalam pencernaan protein dan berguna untuk mengobati gangguan pencernaan, menurut buku “The Complete Herbal Panduan: A Natural Approach to Healing the Body.” Rebusan daun pepaya dapat mengurangi mulas dan perangsang nafsu makan. Daun pepaya juga dapat membantu mencerna gluten protein gandum, yang terjadi bagi sebagian orang, yang dikenal sebagai penyakit celiac.

  1. Membantu Penyakit Pembesaran Prostat

Daun pepaya dapat membantu anda yang mengalami permasalahan pembesaran prostat jinak, selain itu daun ini juga dapat membantu menggurangi berbagai masalah terkait pembesaran prostat seperti masalah lesi dubur.

  1. Daun Pepaya dapat Mengatasi Jerawat

Anda mungkin baru mendengar bahwa daun pepaya dapat mengobati Jerawat membandel. Cobalah, ini akan sangat efektif bagi anda yang mengalami masalah jerawat.

Cara Penggunaan :

  1. Ambil daun pepaya muda
  2. Keringkan daun tersebut.
  3. Blender dengan air secukupnya untuk dibuat seperti pasta.
  4. Ambil pasta yang telah jadi dan gunakan sebagai maskter.
  5. Biarkan kering dalam 10-30 menit,
  6. Cuci dan bilas bersih.
  7. Meningkatkan Trombosit

Daun pepaya sangat penting untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit bagi anda yang mengalami masalah dengan rendahnya trombosit. Penelitian di seluruh dunia telah mengungkapkan bahwa daun ‘pahit’ pepaya sangat efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit secara cepat. Terutama untuk kasus kekurangan vitamin, sedang kemoterapi, demam berdarah dan banyak lagi.

  1. Mencegah Katarak

Daun pepaya sangat penting untuk mencegah penyakit katarak.

  1. Emfisema

Daun pepaya banyak mengandung vitamin D yang dapat mencegah terjadinya penyakit emfisema yang berhubungan dengan paru paru.

 

 

manfaat bengkoang

rrr

Bengkoang merupakan buah yang identik dengan dunia kecantikan,karena hampir semua produk kecantikan menggunakan bengkuang sebagi salah satu bahan pendukung kosmetik tersebut. Bangkoang sendiri merupakan bagian dari umbi-umbian dan bengkoang ini termasuk dalam buah. Biasanya umbi ini digunakan sebagai asinan dan rujak. Tapi kali ini kita akan membahas mengenai bengkoang yang dijadikan dalam dunia kecantikan khususnya masker wajah alami.

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan

Karena buah ini jarang disukai oleh masyarakat, tetapi kita harus tetap mengetahui apa manfaat dari sebuah bengkoang yang jika dipelajari sebenarnya banyak mempunyai manfaat. Berikut adalah manfaat Bengkoang:

  1. Menurunkan kadar kolesterol darah, caranya sangatlah muda,minumlah jus bengkoang secara rutin.
  2. Mengobati demam, konsumsilah jus bengkoang pada pagi hari dan sore hari.
  3. Mengatasi eskrim, eskrim adalah istilah langka bahkan tidak pernah kita dengar. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan minum jus bengkoang sebanyak 4 kali dalam seminggu.
  4. Mengatasi penyakit kulit, konsumsi bengkoang yang banyak dan teratur akan membuat anda mendapatkan kulit yang bersinar.
  5. Mencerahkan kulit , kandungan gizi yang terdapat pada bengkoang dapat membuat kulit kita lebih cerah. Rutinlah memakai masker bengkoang.
  6. Menghilangkan flek-flek hitam, flek-flek hitam sangat mengganggu kita sebagai wanita. Tapi jika anda rutin mengonsumsi bengkoang maka percayalah akan menghasilkan kulit yang baik.
  7. Mengencangkan kulit, kandungan yang terdapat pada bengkoang, semua wanita pasti ingin memiliki kulit yang kencang.