Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

By | July 26, 2021

Sebagian besar dari tubuh kita terdiri atas cairan, sehingga setiap harinya kita dianjurkan untuk mengonsumsi zat air lebih banyak untuk melancarkan system metabolisme dalam tubuh. Air putih atau air mineral adalah jenis minuman yang paling baik dan menyehatkan tubuh.

Idealnya, kebutuhan asupan air putih minimal 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari. Jika kurang dari jumlah yang disarankan bahkan dalam jangka waktu yang relatif lama dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Waktu yang paling baik untuk mencukupi kebutuhan air putih adalah pada waktu pagi hari. Membiasakan minum air putih pada pagi hari saat kondisi perut anda masih benar-benar kosong akan memberikan manfaat yang luar biasa. Apa sajakah manfaatnya?

Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

Membersihkan racun

Tubuh kita menyerap berbagai racun dari aktivitas sehari-hari. Racun tersebut dapat kita keluarkan dari dalam tubuh melalui keringat dan buang air kecil atau besar. Kebiasaan ini juga akan mencegah sembelit sehingga racun dapat dikeluarkan secara menyeluruh. Tubuh akan terlihat lebih fresh.

Membantu kinerja dari otot dan sel darah di dalam tubuh

Minum air putih pada pagi hari secara rutin dapat memperbarui sel darah pada tubuh. Sistem kinerja otot menjadi lancar sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Menyeimbangkan getah bening

Getah bening berfungsi untuk melawan berbagai infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Air putih dapat memaksimalkan kinerja getah bening sehingga tubuh terbebas dari infeksi.

Menjaga berat badan tetap ideal

Air putih sama sekali tidak mengandung kalori, tidak berasa, dan tanpa bahan kimia, namun dapat menjaga tubuh agar tetap berfungsi dengan normal dan dapat membakar kalori.

Menjaga kesehatan usus besar

Dengan air yang cukup, system penyerapan nutrisi melalui usus besar menjadi lebih lancar.

Menjaga kesehatan ginjal

Ketersediaan air yang cukup pada tubuh akan meringankan kinerja ginjal kita sehingga menjadi lebih optimal.

Minum air putih setiap pagi hari dapat anda biasakan mulai saat ini untuk memulai hidup sehat. Pastikan jumlah asupannya cukup, bila perlu selalu sediakan segelas air di dekat tempat tidur anda sebelum tidur dan minum setelah anda bangun.

Selain itu juga jangan lupa untuk selalu membawa air puti saat melakukan kegiatan di luar ruangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari dehidrasi. Misalnya saja melakukan wisata ke pantai yang biasanya menyebabkan rasa haus.