Skip to content

Keunikan Pulau Dewata

Pulau Bali sering disebut Pulau Dewata. Sebuah pulau yang unik dengan kekentalan budaya yang masih melekat erat pada masyarakatnya. Hampir semua rumah masyarakat Bali memiliki pura untuk beribadah. Disepanjang jalan, pohon besar dan patung diberi persembahan serta kain putih yang dililitkannya. Masih banyak upacara-upacara adat yang dilakukan masyarakat Bali.

Bali memiliki destinasi wisata indah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bahkan hampir disepanjang jalan banyak turis asing yang sedang menikmati keindahan Pulau Bali. Saya pernah 2 kali berkunjung ke Bali, saat study tour SMP dan SMA. Saya sendiri bertempat tinggal di Sragen, Jawa Tengah. Sebuah kota kecil namun memberi banyak pengalaman dan kenangan. Mendapat  kesempatan berkunjung ke Bali merupakan pengalaman yang sangat berharga. Banyak tempat wisata di Bali yang saya kunjungi waktu itu. Pada artikel ini, saya akan berbagi pengalaman berkunjung ke Tanah Lot, Desa Adat Panglipuran dan Pantai Pandawa.

 

  1. Tanah Lot

Saat tiba di Pulau Bali, tempat wisata yang pertama kali saya kunjungi ialah Tanah Lot yang berlokasi di Tabanan. Tanah Lot memiliki 2 pura yang terletak diatas batu karang besar dan diatas tebing. Saat air laut surut, kita dapat berjalan-jalan melihat pura dengan jarak dekat. Keunikan lain dari tempat ini, pada saat air laut pasang di tengah laut terlihat batu karang besar dengan pura diatasnya.

Sekitar pukul 05.30 WITA, saya melihat iringan umat Hindu yang memakai pakaian adat dan membawa persembahan menuju pura. Ternyata sedang dilaksanakan upacara keagamaan Pujawali di Pura Tanah Lot.

  1. Desa Adat Panglipuran Bali

Desa Adat Panglipuran yang berlokasi di Bangli, memiliki keunikan yang sangat menarik. Lingkungan disini sangat bersih dan rapi. Kendaraan seperti motor, mobil maupun bus tidak diperbolehkan masuk di desa ini.

Ketika memasuki lokasi Desa Panglipuran, saya kagum melihat bentuk rumah masyarakat di desa ini hampir sama. Atap rumah, pintu gerbang dan dinding rumah dibuat dari bambu. Pintu gerbang dicat menggunakan tanah liat. Penataan bagian rumah juga sama, contohnya bagian dapur.

Di desa ini terdapat hutan bambu yang indah. Mereka hanya boleh menebang pohon bambu setelah ijin dari tokoh masyarakat setempat. Dengan lahan hutan bambu yang luas, tidak sedikit warga yang berprofesi sebagai pengrajin anyaman bambu.

Yang tak kalah menarik dari desa ini yaitu loloh cemceman minuman khas masyarakat desa Panglipuran Bali. Rasa dari minuman ini seperti air tape yang memiliki warna hijau dan biru. Ketika pertama kali minum rasanya memang aneh tetapi lama kelamaan juga dapat menyesuaikan rasa dari minuman itu. Kita bisa mendapatkannya dengan membeli di rumah warga yang membuka warung.

 

  1. Pantai Pandawa

Destinasi wisata Bali sangat identik dengan pantai. Pulau Bali memiliki banyak objek wisata pantai yang indah terutama pantai pasir putih. Berlibur ke Bali rasanya tidak lengkap jika tidak berkunjung ke pantai, terutama pantai pasir putih yang indah.

Salah satu pantai di Bali yang saya kunjungi yaitu Pantai Pandawa. Pantai yang berlokasi di Badung ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan hamparan pasir putih dan laut berwarna biru. Karena lokasi pantai yang tersembunyi, kita harus menyusuri jalan yang dikelilingi tebing. Tebing ini pun menjadi salah satu keunikan dari Pantai Pandawa. Pada dinding tebing terdapat 5 patung Pandawa dan 1 patung Dewi Kunti yang berukuran besar. Hal ini menambah spot foto bagi para wisatawan.

Sekian yang dapat saya tulis pada artikel ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca. Cinta tanah air kita sebelum diakui negara lain.

Baca Juga:

https://review.bukalapak.com/travel/review-kopi-toko-djawa-tempat-ngopi-paling-hits-di-kawasan-braga-bandung-91834

https://review.bukalapak.com/travel/review-menikmati-es-krim-paling-legendaris-di-rasa-bakery-and-cafe-bandung-91468

 

Published inUncategorized

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *