9 TANAMAN DESA YANG SERING MENJADI TANAMAN HIAS BERKHASIAT TINGGI

Tanaman Sri Rejeki

Tanaman desa ini banyak tumbuh liar di sungai. Meski kita mengenalnya sebagai tanaman pedesaan, ternyata tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias karena bisa menjadi pengurang polutan efektif.

Tanaman ini punya nama latin aglaulema atau chinese evergreen. Ia menjadi tanaman hias yang indah karena banyaknya jenis corak daunnya yang cantik. Jenis warna sri rejeki yang sering digunakan adalah hijau silver, merah, putih hijau, hijau bercorak ungu, dan hijau berloreng kuning emas.

Selada Air

Tanaman ini sering dimasak sebagai salad. Cara menanam selada air (growing watercress) juga tak begitu sulit. Sayuran ini memiliki banyak khasiat seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menstabilkan hormon tiroid. Tanaman ini termasuk tumbuhan aquatik atau semi aquatik.

Tanaman palem bambu

Jenis Palem ini bukan palem yang tinggi besar menjulang, tapi palem bambu yang ukurannya cenderung minimalis. Palem ini sering tumbuh di daerah lembab, seperti rawa, danau, dll. Palem jenis bambu ini punya nama lain chamaedorea seifrizi. Ia punya banyak manfaat ketika jadi tanaman hias ruangan kita, yaitu menangkal racun udara, seperti xylena, karbon monoksida, benzena, dan zat – zat polutan berbahaya lainnya.

Palem kuning

Di kota – kota modern, ternyata sering ditanam palem kuning yang biasanya mudah kita dapati di daerah hijau pedesaan. Hal itu disebabkan karena palem kuning punya manfaat banyak bagi kejernihan kandungan udara kita. Palem yang punya nama lain areca palm ini berkasiat sebagai penangkal polutan – polutan udara yang berupa formaldehida, karbon dioksida, karbon monoksida, dan benzena.

Serai/lemongrass

Tanaman serai (lemongrass) ternyata juga bisa menjadi tanaman hias, terutama bagi orang pecinta herbal. Karena di samping sebagai tanaman hias, ia juga bisa diambil untuk obat herbal. Salah satu manfaat serai untuk kesehatan kita adalah menyerap kolesterol, menjadi detoksida yang menetralisir racun ginjal yang akan luruh lewat air kencing, mengatasi berbagai masalah pencernaan, menguatkan sistem saraf otak, mengatasi bakteri dan jamur (mayoritas jamur bisa diatasi oleh serai), mengatasi insomnia atau susah tidur, menjadi anti oksidan, anti septik dan anti kanker untuk membunuh sel rusak dan abnormal.

Tanaman ini mempunyai nama lain yaitu cym bopogon citratus. Tanaman desa ini biasanya diimplementasikan dalam teh herbal serai, minyak esensial serai, dan campuran makanan atau bumbu masakan.

Tanaman lidah mertua

Tanaman ini banyak tumbuh di daerah pesawahan, danau, atau pinggiran sungai. Tanaman ini sekilas mirip dengan lidah buaya, tetapi yang membedakan dengan lidah buaya adalah warnanya yang hijau tua berloreng kuning dan dagingnya yang agak tipis. Orang – orang menjadikan ini sebagai tanaman hias ternyata bukan sekedar tanaman biasa, karena ia punya manfaat yang besar sebagai penyerap racun – racun udara, debu, dan polusi – polusi lainnya seperti karbon dioksida, racun xylena, benzena, dan lain lain.

Bambu air

Bambu jenis ini tidaklah bambu biasa, karena ia punya ciri khas berupa batang yang minimalis tidak menjulang tinggi seperti bambu pada umumnya. Biasanya orang menjadikan bambu ini sebagai tanaman hias dengan dibentuk bentuk sehingga menjadi indah. Tanaman ini ternyata juga bisa ditanam dengan cara hidropolik sehingga tidak begitu mengotori lantai jika ditanam di ruangan.

Bunga teratai

Bunga teratai atau terrace juga banyak digunakan sebagai tanaman hias di kolam maupun di halaman rumah biasa. Tanaman yang punya nama latin nyimphae ini bisa ditanam biasa meski kita tidak punya kolam, caranya dengan pot besar yang agak lempeng diisi dengan air dan sedikit lumpur, sehingga meski tidak ditanam di medan tanah, kita tetap bisa menikmatinya sebagai tanaman hias. Tanaman ini ternyata juga memiliki bunga bunga kecil yang cantik berwarna merah, putih dan kuning.

Bunga anggrek

Bunga ini sudah banyak sekali digunakan sebagai hiasan sudah sejak lama. Bunga yang sebenarnya berasal dari pedesaan ini mempunyai warna identik yaitu ungu dan putih.

Ini Dia Cara Agar Mesin Cuci Anda Tidak Banyak Memakan Listrik

Pekerjaan rumah tangga tidak luput dari kemajuan teknologi. Dahulu, ketika mesin cuci belum ada, kita mencuci pakaian di kali atau sungai dan sumur dengan bantuan papan yang permukaannya bergerigi. Memompa airnya pun harus mengerahkan tenaga untuk mengungkit pengungkit air tanah. Dengan adanya mesin cuci, berbagai kesusahan dan kerepotan tersebut sudah bisa ditinggalkan.

Mesin cuci hemat listrik didesain dengan model tertentu. Biasanya, mesin cuci didesain dengan dua tabung dan satu tabung. Awal beredarnya, mesin cuci didesain dengan dua tabung. Satu tabung untuk menggilas pakaian dan satu tabung lagi untuk mengeringkan pakaian. Dengan menggunakan mesin cuci, kita hanya mengandalkan pengontrol waktu dengan bantuan listrik.

Meskipun mesin cuci sangat membantu ketika mencuci pakaian, masih banyak masyarakat yang tidak memiliki mesin cuci di rumah. Dengan alasan harga mesin cuci yang cukup mahal, mereka rela mencuci dengan tangan menggunakan deterjen yang khusus mencuci dengan tangan.

Bagi ibu-ibu yang banyak waktu di rumah, mungkin tidak masalah mencuci dengan tangan. Akan tetapi, bagi ibu-ibu yang bekerja, rasanya akan menyita waktu bila mencuci tanpa menggunakan mesin cuci.

Kendala yang mungkin Anda alami mencuci dengan mesin cuci adalah boros listrik karena semua proses pencucian menggunakan listrik. Waktu yang digunakan untuk menggilas dan mengeringkan juga, tidak cukup hanya 5 menit. Untuk itu, diperlukan kiat-kiat khusus supaya pekerjaan rumah kita selesai tanpa membayar listrik mahal.

Kiat Khusus Mesin Cuci Hemat Listrik

Adapun kiat kiat khusus yang dapat anda terapkan untuk menghemat penggunaan listrik di rumah menurut pintarelektro, adalah sebagai berikut ini : 

  1. Sebelum membeli mesin cuci, ada baiknya Anda survei kecil-kecilan. Bila memiliki saudara atau teman yang telah memiliki mesin cuci, tidak ada salahnya Anda menanyakan mesin cuci apa yang mereka pakai, kemampuan kapasitas listrik yang digunakan, hemat listrik atau tidak, harganya, satu tabung atau dua tabung, dan yang tidak kalah penting ukuran mesin cuci apakah cocok diletakkan di dapur atau kamar mandi Anda.
  2. Anda juga bisa menayakannya langsung pada penjual mesin cuci di toko elektronik peralatan rumah tangga. Pembeli adalah raja. Jadi, tanyakan semua yang Anda tidak tahu supaya tidak menyesal di kemudian hari.
  3. Bila sudah cek sana-sini dan Anda menemukan mesin cuci yang dirasa pas dengan keinginan serta dana yang tersedia, Anda bisa membeli mesin cuci tersebut.
  4. Untuk menghemat listrik, sebaiknya pilihlah mesin cuci dengan dua tabung. Mengapa? Memang, dua tabung berarti dua kali pemakaian. Namun, tunggu dulu. Mesin cuci dengan satu tabung berarti dalam kerjanya dua kali lipat untuk daya listrik yang sama. Sementara mesin cuci dua tabung, tabung untuk menggilas dan mengeringkan memiliki daya listrik berbeda. Tabung untuk mengeringkan daya listriknya lebih rendah dari tabung untuk menggilas.
  5. Ketika mencuci pakaian, pilihlah waktu hemat listrik, yaitu sejak pagi sampai pukul 17.00 WIB. Di atas jam tersebut, tarif listrik yang dikenakan akan mahal. Jadi, bila tidak sempat mencuci, setidaknya rendam saja pakaian Anda. Besok paginya, baru dicuci.
  6. Jangan mencuci sambil membaca berita olahraga, seperti berita olahraga di percepat.com, karena jika anda sambil membaca berita olahraga, maka anda akan menterbengkaliakan pekerjaan anda saat menyuci, sehingga bisa membuat tagihan listrik anda membengkak, karena mesin cuci bergerak tak bertuan.
  7. Supaya lebih menghemat listrik lagi, rendam dulu pakaian Anda sesuai dengan deterjen yang Anda gunakan, tetapi lebih lama sedikit lebih baik. Setelah menggilas dengan deterjen, keluarkan pakaian Anda dan bilas sendiri. Bila repot membilas berkali-kali, cukup tambahkan di ember Anda bahan yang dapat melunturkan busa dengan satu kali bilas sehingga waktu membilas dengan mesin cuci dipangkas.
  8. Gunakan tabung untuk mengeringkan pakaian secara maksimal. Bila saat membilasnya sudah Anda peras dengan baik, berarti membutuhkan waktu yang pendek untuk mesin cuci mengeringkannya dan Anda pun akan menghemat listrik.

Mengenal Seni Kerajinan Keramik

Salah satu kerajinan kriya yang mengalami kemajuan adalah seni kerajinan keramik. Menurut ngertiaja.com Kerajinan keramik adalah buah karya yang diwariskan secara tradisional yang dihasilkan oleh kelompok masyarakat sebagai usaha keluarga.

Awalnya, keramik hanya menghasilkan alat-alat untuk keperluan rumah tangga, seperti kuali, kendi, anglo dan lain-lain. Namun, makin lama, kerajinan keramik menghasilkan berbagai macam barang dan kegunaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti mainan anak-anak, barang-barang interior, patung-patung hiasan, dan sebagainya.

Teknik Membuak Keramik

Untuk membuat keramik, diperlukan media tanah liat sebagai bahan dasar. Adapun teknik pembuatannya adalah sebagai berikut.

  1. Teknik putar, yaitu teknik yang menggunakan hand wheel atau kick wheel atau electric wheel. Teknik ini biasanya digunakan untuk pembuatan pot.
  2. Teknik cetak, bisa berupa cetak kental, cetak tuang, dan cetak pres. Teknik cetak termasuk metode baru, bentuk dan besarnya hasil karya yang dicetak akan sama persis dengan yang asli. Perbedaan karya yang satu dengan yang lain adalah dari cetakannya.
  3. Teknik butsir, yaitu teknik dengan menggunakan sudip.

Pemula atau yang baru belajar membuat keramik biasanya melakukan pembuatan menggunakan teknik pijat (pinching), yaitu teknik tanpa alat bantu. Pada teknik ini, jari menjepit tanah liat dengan gerakan dari bawah ke atas. Agar mudah membuatnya, digunakan air. Terutama, pada tahapan menghaluskan.

Sesudah selesai dibentuk, tanah liat tidak bisa langsung dipakai. Perlu dilakukan tahapan-tahapan selanjutnya, yaitu sebagai berikut.

Mengeringkan keramik di tempat teduh. Menjemur keramik jangan di tempat panas karena akan mengakibatkan keretakan. Jadi, cukup diangin-anginkan.

Sesudah kering, baru masuk pada tahap pembakaran. Pembakaran keramik bisa dilakukan di dalam tungku. Jenis-jenis tungku pembakaran adalah tungku ladang, tungku bak, tungku botol, tungku api, dan arca batik.

Sesudah selesai melakukan pembakaran, masuk pada tahap akhir, yaitu mendekorasi atau menghias. Proses menghias keramik sebelum dilakukan pembakaran adalah dengan cara menggores, sedangkan menghias yang dilakukan sesudah pembakaran menggunakan pewarna oksida.

Sebelum masuk pada tahap pembakaran kedua (terakhir), harus dilakukan tahap pengglazuran, yaitu memulas, menyemprot, atau mencelup, keramik menggunakan lapisan kaca.

Daerah di Indonesia yang terkenal dengan seni kerajinan keramiknya adalah sebagai berikut.

  • Klampok, Jawa Tengah, dengan warna coklat dipadu dengan kuning dan putih.
  • Dinoyo, Jawa Timur, warnanya biru dan putih. Warna tersebut meniru keramik yang berasal dari zaman Dinasti Ming.
  • Plered, Purwakarta, Jawa Barat, dengan warna khas coklat.
  • Singkawang, Kalimantan, dengan motif dan warna yang mirip guci dari Cina
  • Kasongan, Yogyakarta, warna yang coklat dan terdapat hiasan ikal-ikal untuk bulu, surai, dan rambut.


11+ Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Budaya Indonesia

Mempelajari budaya nusantara yang eksotis ini tidak hanya memastikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan, tetapi juga memperkaya cara Anda memandang dunia. Dari aspek agama hingga kebiasaan sosial, temukan hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang budaya Indonesia.

1 .Banyak Sekali Suku Dan Budaya Yang Sangat Beragam di Indonesia

Sebelum kita membahas lebih jauh, ini adalah penjelasan penting. ‘Indonesia’ adalah istilah tunggal yang menamai bangsa tertentu, tetapi tidak ada yang seragam tentang budayanya. Setidaknya ada 300 suku bangsa di Indonesia yang masing-masing memiliki adat istiadat dan benda budaya yang khas.

Bukan berarti tidak ada kesamaan atau kecenderungan antara satu budaya dengan budaya lainnya, tetapi ketika membaca frasa ini perlu diingat keberagaman yang menyertainya. Seringkali apa yang dianggap sebagai budaya Indonesia ternyata merupakan gambaran yang dominan atau mencerminkan penggabungan budaya tertentu yang serupa.

2. Sangat Menjaga Hubungan Silaturahim Antar Keluarga

Tidak peduli seberapa tua atau mandiri mereka, orang Indonesia cenderung menjaga hubungan erat dengan anggota keluarganya. Bagi banyak anak muda Indonesia, pindah dari rumah orang tua bukanlah hal yang mudah, meskipun mereka sudah memiliki penghasilan yang stabil. Banyak yang memilih untuk tinggal di bawah atap orang tua mereka kecuali mereka benar-benar harus (banyak orang Indonesia meninggalkan kampung halaman mereka untuk mendapatkan pekerjaan di kota). Dan itu belum tentu merupakan tanda ketergantungan, itu hanya menunjukkan nilai dan prinsip yang dimiliki bangsa dalam hal keluarga. Beberapa rumah tangga bahkan terdiri dari keluarga besar – Anda akan melihat kakek-nenek, bibi, paman, dan keponakan tinggal bersama atau tinggal di lingkungan yang sama hanya untuk dekat satu sama lain

3. Komitmen Agama Adalah Yang Utama

Saat berada di Indonesia, Anda akan melihat orang Bali menyajikan persembahan mereka di pagi hari, atau karyawan meninggalkan segalanya untuk waktu sholat. Tidak peduli agama apa yang mereka tegakkan, orang Indonesia pada umumnya sangat spiritual. Mereka menjalankan praktik keagamaan dengan sangat serius, dan itu tercermin dalam ritual harian, upacara, bahkan kemegahan tempat ibadah mereka.

4. Terdapat  Enam Agama di Indonesia

Indonesia terkenal dengan populasi Muslimnya yang besar; terbesar di dunia meskipun menurut hukum merupakan negara sekuler. Tapi Islam hanyalah satu dari enam agama resmi yang diakui di negara ini – Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Di Bali, misalnya, agama yang dominan adalah Hindu, dan ada daerah-daerah yang lebih banyak orang Kristen daripada Muslim.

5. Ratusan Sistem Kepercayaan Tradisional

Keragaman Indonesia juga meluas ke keanekaragaman sistem kepercayaan. Banyak komunitas yang masih hidup secara tradisional dan masih menjunjung tinggi agama dan praktik nenek moyang mereka, seringkali unik di tempat tersebut.

Tetapi untuk mengkategorikan, banyak sistem kepercayaan yang diambil dari animisme, dinamisme, dan totemisme. Di beberapa komunitas, kepercayaan tersebut berinteraksi dengan tradisi atau dipengaruhi oleh agama arus utama lainnya, menghasilkan banyak sekali praktik unik.

6. Orang Indonesia Itu Kolektif

Sejak awal sejarahnya, orang Indonesia selalu komunal. Para petani bekerja sama untuk mengolah tanah mereka dan mengelola sumber daya, desa menjaga komunitas yang erat dan menjaga satu sama lain, dan nilai-nilai budaya mendorong prinsip-prinsip kolektivisme. Bahkan di lingkungan modern seperti kantor tempat kerja dan komunitas modern, Anda akan melihat inklusivitas dan keramahan orang Indonesia.

7. Orang Indonesia Suka Makanan Pedas dan Gurih

Nusantara kaya akan bumbu dan rempah-rempah, yang membentuk resep tradisional untuk memanfaatkan bahan-bahan tersebut yang melimpah. Nyatanya, banyak masakan Indonesia yang mungkin lekat di lidah turis.

Resep bervariasi dari satu tempat ke tempat lain, sesuai dengan tanaman utama di daerah tersebut. Orang Jawa, misalnya, cenderung menyukai makanan yang lebih manis karena banyaknya tebu dan gula aren. Tapi banyak daerah lain seperti Padang, Manado, dan Bali, pasti tidak menahan cabai dan bumbu mereka.

8. Setiap Tempat Memiliki Legenda

Sangat menarik untuk mempelajari proses geologi yang membentuk gunung, bukit, dan sungai. Tetapi orang Indonesia melampaui lempeng tektonik dan erosi untuk menjelaskan bagaimana landmark alam muncul. Di sebagian besar tempat, Anda dapat berbicara dengan penduduk setempat dan menggali kisah tentang dewa, roh, bangsawan, atau pertapa yang berkontribusi pada pembentukan tempat tertentu seperti fitur alam, kuil, atau landmark budaya lainnya.

9. Orang Indonesia Merayakan Segalanya

Dari anak menginjak tanah hingga bulan-bulan tertentu dalam kehamilan, banyak budaya di Indonesia memiliki upacara khusus bahkan untuk pencapaian terkecil sekalipun. Banyak budaya juga membuat acara besar dalam kehidupan seperti pernikahan dan pemakaman, mencampurnya dengan adat istiadat dan perayaan tradisional yang memukau. Ada juga perayaan komunal seperti berbagai macam upacara panen atau ucapan syukur, dan tanggal khusus yang terkait dengan legenda atau sejarah.

10. Orang Indonesia Umumnya Tradisional

Dan tidak, kami tidak berbicara tentang mereka yang tinggal di desa terpencil yang tradisional. Banyak orang Indonesia yang berada dalam lingkungan modern masih menemukan cara untuk mengintegrasikan tradisi dan nilai budaya mereka ke dalam gaya hidup kontemporer.

Beberapa perusahaan masih berkonsultasi dengan almanak tradisional atau tetua spiritual untuk menentukan hari yang baik untuk berbisnis, dan banyak profesional muda masih mengadakan upacara adat untuk pernikahan mereka, baik karena tuntutan keluarga atau atas kemauan mereka sendiri, tetapi tradisi tetap hidup. Untuk lebih lengkap tentang informasi budaya, kalian bisa membacanya di Ilmunik.com

11. Orang Indonesia  Bakat  Seninya Tinggi-Tinggi

Budaya Indonesia yang kaya melahirkan begitu banyak karya seni yang terinspirasi – lukisan, seni pahat, musik, tari, teater, dan banyak lagi. Dari zaman kuno hingga kontemporer, seniman Indonesia terus mengambil inspirasi dari budaya, nilai, dan alam nusantara, memastikan seni rupa tetap hidup dan berkembang.

Keindahan Negri Ku Tercinta Indonesia

Keindahan Indonesia – Lahir di Indonesia tetapi tak pernah mengamati keindahan alamnya, secara tidak langsung hal tersebut merupakan sebuah kerugian yang amat besar. Mungkin salah satu alasan Tuhan melahirkan kita di Indonesia ini agar kita dapat berterima kasih atas keindahan alam yang telah ia ciptakan.

Berada diantara dua benua dan dilintasi oleh garis khatulistiwa membuat salju tak mau turun di negara tercinta ini. Dengan tak turunnya salju di Indonesi, tanah negeri ini menjadi subur dan dapat ditanami oleh bermacam-macam variasi tanaman.

Walaupun tak turun salju, Indonesia tetap mempunyai salju. Salju ini berada di puncak gunung Jaya Wijaya di Irian Jaya Papua.  Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. 

Dimana di tiap-tiap pulau memiliki keindahan alam yang berbeda beda. Apa saja keindahan di Indonesia?, yuk simak….

Keindahan Taman Bawah Laut di Indonesia

Berada diantara dua samudra membuat negara kita banyak disinggahi biota-biota laut yang luar biasa. Beraneka spesies ikan dapat di temui di taman laut.  Tumbuhan dan terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan ikan, melengkapi keindahan surga bawah lautnya.

Hal ini membuat turis mancanegara rela jauh jauh datang dari negaranya untuk menyelam dan mengamati keindahannya. Akan tetapi ada pula penduduk asing yang sering melewati batas dan masuk keperairan indonesia. Inilah yang wajib kita perangi karena merusak dan mengurangi kekayaan bawah laut Indonesia.

Keindahan Pemandangan Gunung di Indonesia

Gunung di Indonesia dapat menjadi musibah dan dapat menjadi barokah bagi orang orang yang berada di sekitarnya. Berada di zona ring of fireside membuat gunung-gunung di negara kita banyak yang aktif. Adapun gunung yang sudah tidak aktif, menjadi tantangan bagi pendaki untuk menaklukannya. Hampir disetiap pulau besar di Indonesia mempunyai gunung. Dan disetiap gunung memiliki keunikan yang berbeda beda. Gunung yang terkenal di Indonesia adalah Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Rinjani dan gunung Jaya Wijaya di Papua.

Keindahan Pantai Indonesia

Negara dengan kepulauan terbesar di dunia, menjadikan Indonesia memiliki banyak pantai. Pantai merupakan wisata yang benar-benar mudah ditemui di Indonesia. Banyak sekali pantai di negara kita ini yang jumlahnya hingga tak dapat dihitung yang menjadi daya tarik keindahan Indonesia.

Pantai di Indonesia yang berbatasan langsug dengan samudera Hindia dan samudera Pasifik membuat ombaknya sangat besar. Ada salah satu pantai di Indonesia yang dijuluki sevent large wave. Nama ini diberi oleh peselancar mancanegara yang telah merasakan kebesaran dan keganasan ombak di pantai tersebut.

Nah panti tersebut adalah Pantai Pelengkung Banyuwangi, objek wisata Banyuwangi ini sangat terkenal hingga mancanegara.

Keragaman Adat Istiadat Indonesia

 “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya Berbeda beda tetapi tetap satu jua, satu Indonesia. Semboyan tersebut menggambarkan Indonesia yang memiliki banyak suku dan adat. Tepatnya di Indonesia sendiri terdapat 1340 suku yang hidup berdampingan. Walaupun berbeda, suku di Indonesia hidup dengan harmonis dan saling saling menjaga toleransi sesama.

Karena perbedaanlah lah yang membuat Indonesia semakin erat & bersatu dalam menghargai perbedaan. Mempunyai banyak suku, membuat Indonesia kaya akan kesenian dan tarian. Setiaiap seni dan tarian memiliki ciri khas tersendiri dibanding dengan tarian yang lain.

Tarian Indonesia yang mendunia seperti tari Saman dari Aceh, tari Reog dari Ponorogo, tari Jaipong dari Sunda, tari Kecak Rama dan Shinta dari Bali dan masih banyak tarian dan kebudayaan Indonesia yang terkenal dan mendunia.

Selain tarian, seni budaya yang banyak berkembang di Indonesia adalah alat musik tradisional, seperti diketahui Indonesia memiliki berbagai alat musik tradisional yang sangat beragam, dikutip dari percepat.com, alat musik tradisional disetiap daerah jumlahnya sangat banyak sekali dan beragam.

Mulai dari alat musik tradisional yang cara memainkannya di pukul, dipetik maupun di gesek, lebih unik lagi ada yang sangat sederhana yaitu alat musik tradisional tiup yang bernama fu, alat musik yang berasal dari maluku utara ini hanya menggunakan cangkang kerang untuk membuatnya.

Keindahan flora dan fauna Indonesia

Mempunyai julukan magabiodiversitas, menunjukan bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna, mulai dari spesies purba hingga spesies langkanya. Salah satu faktor yang membuat flora dan fauna di Indonesia sangat amat beragam adalah karena adanya hutan hujan tropis.

Para ilmuan mengatakan bahwa sebagian besar spesies flora dan fauna, berada di hutan hujan tropis. Salah satu tumbuhan khas Indonesia yang terkenal di dunia adalah bunga Raflesia Arnoldi. Untuk faunanya sendiri adalah Komodo. Komodo hanya dapat ditemukan di Indonesia tepatnya di pulau Komodo Nusa Tenggara Barat. Dan komodo diakui sebagai salah satu keajaiban dunia.

Tulisan ini diambil dari berbagai sumber khususnya Untuk keragaman Flora Fauna dan keindahan alam bersumber dari prasstyle.com