Tanaman Sri Rejeki

Tanaman desa ini banyak tumbuh liar di sungai. Meski kita mengenalnya sebagai tanaman pedesaan, ternyata tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias karena bisa menjadi pengurang polutan efektif.

Tanaman ini punya nama latin aglaulema atau chinese evergreen. Ia menjadi tanaman hias yang indah karena banyaknya jenis corak daunnya yang cantik. Jenis warna sri rejeki yang sering digunakan adalah hijau silver, merah, putih hijau, hijau bercorak ungu, dan hijau berloreng kuning emas.

Selada Air

Tanaman ini sering dimasak sebagai salad. Cara menanam selada air (growing watercress) juga tak begitu sulit. Sayuran ini memiliki banyak khasiat seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menstabilkan hormon tiroid. Tanaman ini termasuk tumbuhan aquatik atau semi aquatik.

Tanaman palem bambu

Jenis Palem ini bukan palem yang tinggi besar menjulang, tapi palem bambu yang ukurannya cenderung minimalis. Palem ini sering tumbuh di daerah lembab, seperti rawa, danau, dll. Palem jenis bambu ini punya nama lain chamaedorea seifrizi. Ia punya banyak manfaat ketika jadi tanaman hias ruangan kita, yaitu menangkal racun udara, seperti xylena, karbon monoksida, benzena, dan zat – zat polutan berbahaya lainnya.

Palem kuning

Di kota – kota modern, ternyata sering ditanam palem kuning yang biasanya mudah kita dapati di daerah hijau pedesaan. Hal itu disebabkan karena palem kuning punya manfaat banyak bagi kejernihan kandungan udara kita. Palem yang punya nama lain areca palm ini berkasiat sebagai penangkal polutan – polutan udara yang berupa formaldehida, karbon dioksida, karbon monoksida, dan benzena.

Serai/lemongrass

Tanaman serai (lemongrass) ternyata juga bisa menjadi tanaman hias, terutama bagi orang pecinta herbal. Karena di samping sebagai tanaman hias, ia juga bisa diambil untuk obat herbal. Salah satu manfaat serai untuk kesehatan kita adalah menyerap kolesterol, menjadi detoksida yang menetralisir racun ginjal yang akan luruh lewat air kencing, mengatasi berbagai masalah pencernaan, menguatkan sistem saraf otak, mengatasi bakteri dan jamur (mayoritas jamur bisa diatasi oleh serai), mengatasi insomnia atau susah tidur, menjadi anti oksidan, anti septik dan anti kanker untuk membunuh sel rusak dan abnormal.

Tanaman ini mempunyai nama lain yaitu cym bopogon citratus. Tanaman desa ini biasanya diimplementasikan dalam teh herbal serai, minyak esensial serai, dan campuran makanan atau bumbu masakan.

Tanaman lidah mertua

Tanaman ini banyak tumbuh di daerah pesawahan, danau, atau pinggiran sungai. Tanaman ini sekilas mirip dengan lidah buaya, tetapi yang membedakan dengan lidah buaya adalah warnanya yang hijau tua berloreng kuning dan dagingnya yang agak tipis. Orang – orang menjadikan ini sebagai tanaman hias ternyata bukan sekedar tanaman biasa, karena ia punya manfaat yang besar sebagai penyerap racun – racun udara, debu, dan polusi – polusi lainnya seperti karbon dioksida, racun xylena, benzena, dan lain lain.

Bambu air

Bambu jenis ini tidaklah bambu biasa, karena ia punya ciri khas berupa batang yang minimalis tidak menjulang tinggi seperti bambu pada umumnya. Biasanya orang menjadikan bambu ini sebagai tanaman hias dengan dibentuk bentuk sehingga menjadi indah. Tanaman ini ternyata juga bisa ditanam dengan cara hidropolik sehingga tidak begitu mengotori lantai jika ditanam di ruangan.

Bunga teratai

Bunga teratai atau terrace juga banyak digunakan sebagai tanaman hias di kolam maupun di halaman rumah biasa. Tanaman yang punya nama latin nyimphae ini bisa ditanam biasa meski kita tidak punya kolam, caranya dengan pot besar yang agak lempeng diisi dengan air dan sedikit lumpur, sehingga meski tidak ditanam di medan tanah, kita tetap bisa menikmatinya sebagai tanaman hias. Tanaman ini ternyata juga memiliki bunga bunga kecil yang cantik berwarna merah, putih dan kuning.

Bunga anggrek

Bunga ini sudah banyak sekali digunakan sebagai hiasan sudah sejak lama. Bunga yang sebenarnya berasal dari pedesaan ini mempunyai warna identik yaitu ungu dan putih.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *