Magang Kependidikan merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman awal (earlier exposure) untuk membangun jatidiri calon pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian calon pendidikan.

Pada tanggal 28 April 2018 saya melakukan pengamatan saja selama proses pembelajaran di TK Kartika IV-49 Surakarta berlangsung, hal tersebut penyusun lakukan untuk mengetahui bagaimana guru mengajar peserta didik, sejauh mana kompetensi sosial, kepribadian dan pedagogiknya serta mengamati untuk memahami peserta didik TK tersebut.

Dengan adanya kegiatan Magang Kependidikan 1 ini, banyak manfaat yang penyusun peroleh. Mulai dari mengetahui tumbuh kembang anak, kenyaataan pembelajaran di kelas, penyusunan persiapan, media, sampai evaluasi pembelajaran, dan admistrasi sekolah. Manfaat lain yang dapat diperoleh penyusun dari kegiatan Magang Kependidikan 1 adalah dapat mengasah kemampuan yang diperoleh di perkuliahan

Saran dari saya setelah magang yaitu pembelajaran yang berlangsung di TK Kartika IV-49 Surakarta, hendaknya memperhatikan berbagai hal, baik hal kecil maupun besar, karena semua yang menyangkut pembelajaran di kelas akan menentukan pencapaian tumbuh kembang anak secara optimal. Hal ini bisa dilihat dari media pembelajaran yang harus lebih konkrit dan menarik, sehingga anak lebih antusias dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi serta terbiasa untuk bereksplorasi.

Untuk meliat dokumentasi magang saya, silahkan klik link ini https://youtu.be/7JGfGKV3X60