Yuk Mengenal Lebih Dalam Semaphore

Semaphore merupakan kode yang tersusun dari gerakan lampu atau bendera, setiap gerakan dan formasi melambangkan kode atau isyarat maupun angka.

Semaphore juga disebut sebagai bendera untuk memberi sinyal suatu pesan melalui gerakan dua tangan. Alat-alat yang digunakan untuk memberi tanda ini cukup bervariasi, mulai dari bendera, batang pohon, hingga tangan kosong.

Sejarah Semaphore

Pencipta semaphore adalah seorang insinyur sekaligus pendeta asal Prancis bernama Claude Chappe pada 1970. Tujuannya adalah untuk komunikasi militer jarak jauh. Pada saat itu, semaphore tak menggunakan bendera seperti saat ini, tetapi kayu berukuran besar yang menyerupai lengan.

Kayu tersebut dipasang di atas menara tinggi yang jaraknya 5-10 mil atau sekitar 160 km antara menara satu dengan yang lainnya. Di setiap negara ditempatkan sinyal sebagai operator, serta teleskop sebagai alat bantu untuk melihat pesan yang dikirim.

Pada abad ke-19, metode ini banyak diadopsi sebagai metode komunikasi antar kapal, dari sinilah penggunaan bendera semapur diterapkan. Untuk komunikasi antar kapal, militer menggunakan alat yang lebih sederhana yakni bendera.

Bendera semapur digunakan meski teknologi telepon dan radio sudah digunakan pada perang dunia pertama. Hal itu karena semaphore tidak bisa disadap, selain itu juga lebih simpel dan tidak bermasalah ketika susah sinyal.

Ukuran bendera semapur adalah 45 cm x 45 cm dengan bentuk persegi, sementara ukuran tongkat semaphore adalah 55 cm.

Bendera Semaphore

Bendera semaphore berwarna kuning dan merah, kedua warna ini digunakan karena cerah dan kontras sehingga dapat terlihat jelas dari jarak yang cukup jauh sekalipun. Di ujung bendera, terdapat tali berfungsi untuk mengikat bendera pada tingkat kayu.

Bendera ini digunakan untuk membuat sinyal secara visual, lewat gerakan dua tangan dan cara mengirim pesan lewat cara ini sudah ditemukan sebelum ditemukannya telegraf oleh Claude Chappe di Prancis pada tahun 1794.

Selengkapnya https://semutaspal.com/semaphore/