10 Formasi CPNS yang Sepi Peminat

10 Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Formasi CPNS yang sepi peminat dapat dikatakan merupakan jabatan dengan tingkat popularitas lebih rendah dari posisi lainnya. Oleh karenanya, deretan formasi ini sering kali mendapatkan pelamar dengan jumlah terendah atau bahkan tidak ada pendaftar satu pun.

Namun, selain merupakan posisi kurang populer, penyebab berbagai jabatan CPNS yang sepi peminat bisa jadi dikarenakan hal lain. Seperti, minimnya motivasi masyarakat untuk melamar posisi tersebut.

Untuk diketahui, ada banyak hal yang bisa memengaruhi tinggi atau tidaknya motivasi masyarakat. Contohnya, persyaratan yang harus dilengkapi bisa terpenuhi atau tidak, ketentuan-ketentuan yang berlaku di jabatan, dan lain sebagainya.

erikut adalah sederet formasi di rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil dengan peminat yang terbilang sangat rendah. Dari profesi populer hingga pekerjaan dengan nama yang mungkin masih asing di telinga masyarakat.

1. Dokter Spesialis

Sebagaimana telah dikatakan sebelumnya, jabatan sepi pelamar tidak hanya pekerjaan-pekerjaan dengan nama yang kurang dikenal luas atau populer. Namun, beberapa kedudukan dengan jenis profesi yang sering didengar pun ada yang termasuk dalam jabatan sepi peminat.

Salah satunya adalah Dokter Spesialis, terutama Spesialis Jantung, Spesialis Gigi, Spesialis Paru-Paru, dan penyakit dalam lainnya. Sebagai informasi, jabatan ini kurang diminati karena persyaratan yang dianggap terlalu memberatkan.

Salah satunya, persyaratan akademik minimal Strata-Tiga, berpengalaman paling sebentar 3 tahun, dan berusia maksimal 40 tahun.

2. Analisis Konten Media Sosial

Profesi Analisis Konten Media Sosial jelas bukan suatu jabatan yang asing di masyarakat saat ini. Pengaruh teknologi membawa orang-orang, pekerjaaan, pendidikan, bisnis, dan masih banyak hal lainnya ke dalam dunia digital.

Sebagai lembaga di bidang informasi dan komunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga terjun ke era digital. Ini dimaksudkan agar berita yang dipublikasikan dapat tersampaikan dengan cepat dan tepat.

Salah satu posisi yang tersedia adalah Analisis Konten Media Sosial. Namun, jabatan di Kominfo ini menjadi salah satu formasi CPNS yang sepi peminat.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apa penyebab formasi ini sepi pelamar. Jika dilihat dari segi pengetahuan, masyarakat tampaknya banyak yang sudah paham ilmu seputar konten Media sosial.

Tahapan Pendaftaran CPNS

3. Pengawas Olahraga

Dari Kominfo, beralih ke Kementerian Pemuda dan Olahraga atau Kemenpora. Untuk diketahui, jabatan Pengawas Olahraga beberapa kali masuk daftar formasi CPNS yang sepi peminat.

Bahkan, di pengadaan tahun 2019, posisi ini tercatat sebagai salah satu posisi dengan tanpa pelamar satu pun. Kosongnya pendaftar itu, dapat dijadikan alasan peserta memilih posisi ini di seleksi Calon PNS.

Namun, perlu diketahui bahwa kelulusan tidak ditentukan oleh sedikit atau banyaknya pelamar. Semua kembali pada kualifikasi dan kompetensi yang dikuasai pendaftar seleksi, apakah sesuai dengan kebutuhan jabatan atau sebaliknya.

4. Analis Informasi Kebudayaan

Merupakan salah satu jabatan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Analis Informasi Kebudayaan menjadi formasi sepi peminat di tahun 2019. Selain itu, di tahun 2021, posisi juga masih mendapatkan jumlah pelamar sedikit.

5. Pengadministrasian Izin Kawin dan Izin Cerai

Kandidat di pengadaan jabatan Pengadministrasian Izin Kawin dan Izin Cerai juga terbilang sangat sedikit. Sehingga, posisi ini masuk dalam deretan posisi di CPNS yang sepi peminat.

Untuk diketahui, umumnya peserta enggan memilih suatu jabatan tertentu, seperti Pengadministrasian Izin Kawin dan Izin Cerai karena jumlah kebutuhan. Sedikitnya kuota yang dibutuhkan membuat calon peserta pesimis terlebih dahulu. Padahal, jabatan ini bisa dicoba karena peluang kelulusan yang besar.

6. Pengelola Grafik Perjalanan Kereta Api

Di Kementerian Perhubungan, Pengelola Grafik Perjalanan Kereta Api menjadi salah satu posisi yang minim pelamarnya. Untuk diketahui, syarat akademik untuk mendaftar jabatan adalah D3 Perkeretaapian.

Jurusan tersebut dapat dikatakan punya jumlah lulusan yang besar. Namun, peminat CPNS Pengelola Grafik Perjalanan Kereta Api masih tetap sedikit.

7. Pengelola Jaringan Antar Moda Perkeretaapian

Selain Pengelola Grafik Perjalanan Kereta Api, Kementerian Perhubungan mencatat bahwa formasi Pengelola Jaringan Antar Moda Perkeretaapian sangat rendah pelamar. Diketahui, di tahun 2019, posisi ini menjadi salah satu formasi yang tidak punya pelamar sama sekali.

8. Pengelola Kelistrikan Perkeretaapian

Masih di Kemenhub, posisi Pengelola Kelistrikan Perkeretaapian juga terdata sebagai salah satu jabatan dengan pelamar berjumlah sedikit. Untuk itu, bagi masyarakat yang merupakan lulusan Teknik Elektro, formasi ini patut dijadikan pilihan sebab sesuai dengan kualifikasi.

Sedikit informasi, tahun 2021 profesi ini tidak mendapatkan satu pun pelamar di pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil.

9. Pengelola Pengembangan Sumberdaya Pendidikan Anak Usia Dini

Untuk calon pelamar dengan kualifikasi akademik Pendidikan Anak Usia Dini, formasi Pengelola Pengembangan Anak Usia Dini bisa dijadikan pilihan. Pasalnya, jumlah kebutuhan untuk posisi ini tidak terlalu sedikit, sementara pelamar kerap terhitung jari.

10. Pengelola Pemeliharaan Laboratorium

Formasi ini disediakan untuk calon peserta seleksi CPNS lulusan D3 Teknik Listrik Bandar Udara atau D3 Teknik Navigasi Udara. Sebagai salah satu kedudukan dengan jumlah pelamar selalu minim, Pengelola Pemeliharaan Laboratorium di Kementerian Perhubungan bisa dijadikan tujuan CPNS.

Informasi selengkapnya kunjungi pejuangmasadepan.com

Comments are closed.