Bagaimana Cara Menjadi Netizen yang Bertanggung Jawab

Bagaimana Cara Menjadi Netizen yang Bertanggung Jawab

Apa itu Netizen?

Seorang netizen adalah seseorang yang menggunakan internet. Sebagian besar dari orang-orang yang kita sebut netizen ini adalah milenial atau generasi y, tetapi, hanya dengan mencari sesuatu menggunakan internet Anda hanya menjadi netizen . Ada juga tanggung jawab yang anda miliki sebagai seorang netizen karena internet merupakan senjata atau alat ampuh yang bisa digunakan untuk melawan netizen lain.

Media Netizen

Jadi pertama-tama mengapa penting untuk menjadi netizen yang bertanggung jawab dalam menggunakan media? Penting bagi kita untuk bertanggung jawab dalam menggunakan media untuk menghindari risiko berada dalam bahaya saat menggunakan media. Menjadi netizen yang bertanggung jawab dalam menggunakan media sangat penting bagi kita saat ini, karena sebagian dari kita tidak menggunakan media dengan benar dan bertanggung jawab. Jadi pertanyaannya adalah bagaimana sebenarnya menjadi netizen yang bertanggung jawab dalam menggunakan media? Sebelum menggunakan media selalu T.H.I.N.K, THINK adalah singkatan dari:

T- Apakah itu Benar?

Selalu amati dan pikirkan apakah informasi yang Anda lihat di media itu BENAR atau tidak. Ini akan membantu Anda untuk bertanggung jawab dalam mengumpulkan informasi yang tepat dan informasi yang benar dari media.

H-Apakah Ini Membantu?

Pikirkan dan visualisasikan jika informasi atau media bermanfaat bagi Anda. Ini akan membantu Anda untuk bertanggung jawab dalam memutuskan apakah Anda benar-benar membutuhkan informasi yang telah Anda lihat di media.

I-Apakah Itu Informatif?

Selalu pikirkan apakah informasi dari media itu INFORMATIF atau hanya sampah yang tidak masuk akal. Ini akan membantu Anda menggunakan media untuk mengumpulkan informasi yang dapat diandalkan dan bukan hanya untuk hiburan dan hal-hal yang tidak masuk akal.

N-Apakah Perlu?

Pikirkan apakah itu benar-benar DIPERLUKAN untuk Anda. Selalu pikirkan apakah Anda benar-benar membutuhkan media atau informasi sebelum menggunakannya atau mengumpulkan informasi. Jangan menggunakan media dalam hal-hal yang tidak masuk akal, gunakan media dengan benar menggunakannya untuk tujuan informasi atau komunikasi.

K-Apakah itu Baik?

Dalam menggunakan media selalu berpikir apakah orang atau informasi tersebut BAIK dan dengan kata jenis itu berarti selalu berpikir apakah informasi atau orang yang berinteraksi dengan Anda tidak akan membahayakan Anda atau tidak akan berbahaya bagi Anda.

Kiat-kiat ini tentunya akan membantu kita masing-masing untuk menjadi netizen yang bertanggung jawab dalam menggunakan media. Jangan menyalahgunakan penggunaan media menggunakannya dengan cara yang benar dan bertanggung jawab. Selalu ingat untuk “Tetap tenang dan BERPIKIR sebelum Anda mengklik”.

Berikut adalah cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menjadi Netizen yang Bertanggung Jawab.

Bagaimana Anda berperilaku di belakang komputer atau perangkat seluler Anda? Nah, di dunia digital saat ini, lebih mudah untuk melecehkan atau melemparkan beberapa komentar buruk pada seseorang karena tidak melibatkan interaksi tatap muka. Tingkat konektivitas ini telah memunculkan banyak tantangan kontemporer, seperti cyber bullying, trolling, penyebaran berita palsu, dan banyak lagi.

Dunia virtual mungkin tentang bersenang-senang, tetapi Anda tidak boleh melupakan sopan santun Anda saat menggunakan media sosial dan platform online lainnya. Setiap pengguna internet memiliki tanggung jawab untuk berperilaku baik secara online. Jadi, untuk menjadi netizen yang lebih baik, ingat netiket berikut:

1. Ketahuilah apa yang Anda posting secara online.

Facebook, Twitter, atau Instagram hanyalah beberapa situs jejaring sosial yang dapat diikuti dan digunakan orang. Ini mungkin tampaknya menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan frustrasi dan mungkin menyenangkan untuk digunakan, tetapi pastikan untuk melakukannya secara bertanggung jawab. Sebelum memposting secara online, tanyakan pada diri Anda apakah seperti apa nada posting Anda? Benarkah? Apakah itu membahayakan orang lain? Atau apakah itu layak untuk dibagikan? Ingatlah bahwa semua yang Anda posting secara online dapat membahayakan Anda atau dapat membahayakan orang lain. Jadi, jadilah netizen yang cerdas.

2. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda katakan.

Perhatikan fakta bahwa Anda tidak akan tampak kasar, tidak peka, sombong, atau licik. Komentar buruk yang ditulis dengan tergesa-gesa dapat menyebabkan rasa malu di masa depan dan tetap di sana selamanya. Oleh karena itu, bersikaplah sopan dan lebih dewasa saat berinteraksi dengan teman, pengikut, dan audiens Anda di media sosial.

3. Perhatikan privasi.

Di dunia digital saat ini, sangat mudah untuk mengambil tangkapan layar pesan pribadi dan membagikannya ke seluruh dunia. Ini adalah tindakan yang tidak pantas dan ofensif itulah sebabnya itu tidak boleh dilakukan sama sekali. Jika Anda juga tidak ingin apa yang Anda bagikan secara pribadi dibagikan secara publik, hindari melakukannya secara online.

Ingatlah aturan emas: “Jangan lakukan kepada orang lain apa yang anda tidak ingin orang lain lakukan kepada anda”.

4. Hindari berbagi berita palsu.

Sekarang lebih mudah bagi berita palsu untuk menyebar dengan cepat, terutama di generasi saat ini di mana situs jejaring sosial menjadi tren dan Anda dapat segera berbagi posting hanya dalam satu klik. Berita palsu dapat menyebabkan orang membuat keputusan yang buruk atau dapat membuat mereka panik. Jadi sebelum membagikannya, pastikan Anda membacanya terlebih dahulu dan Anda melakukan pengecekan fakta dari sumber yang dapat dipercaya.

5. Jujurlah.

Ucapkan yang sebenarnya dan posting hanya apa yang Anda yakini. Menjiplak, pembajakan, pengunduhan atau berbagi konten yang tidak sah dapat menyebabkan masalah di masa mendatang. Untuk menghindari hal ini, ketahui perbedaan antara materi gratis dan berhak cipta serta kebutuhan untuk bertanggung jawab atas apa yang Anda bagikan secara online.

6. Kredit sumber saat memposting ulang.

Selalu puji pencipta saat membagikan kata-kata, gambar, atau bentuk kekayaan intelektual orang lain lainnya.  Ini adalah tanda penghormatan dan kehormatan bagi orang yang membuatnya.

7. Jangan terlibat dalam cyberbullying dan kejahatan internet lainnya.

Tidak apa-apa untuk bertindak keren di media sosial, tetapi terlibat dalam kejahatan serius seperti cyberbullying atau mencuri identitas seseorang tidak baik. Jangan pernah mengkritik orang tertentu tanpa mengetahui alasan sebenarnya di balik masalah ini.

8. Bagikan pengetahuan ahli.

Alih-alih mengomel dan berbagi posting yang tidak masuk akal di situs jejaring sosial Anda, mengapa tidak membagikan sesuatu yang lebih banyak akal dan berpengetahuan? Anda dapat memposting daftar sumber daya dan bibliografi di bidang profesi Anda. Perlu diingat bahwa internet diciptakan untuk berbagi informasi yang berguna, bukan informasi yang berbahaya.

9. Mengakui dan menghormati keberagaman.

Ketika Anda berinteraksi dengan orang-orang secara online, itu juga berarti bahwa Anda berbicara dengan orang-orang dengan budaya, perilaku, dan perspektif yang berbeda dalam hidup. Dengan demikian, penting untuk memahami dan menghormati pendapat orang lain, terutama di dunia maya.

10. Berhati-hatilah ketika berbicara tentang seks, agama, atau politik.

Topik kontroversial seperti seks, agama, atau politik akan membuat Anda ingin berpikir dua kali sebelum Anda memposting pandangan ekstremis secara online karena kebanyakan orang tidak akan menganggapnya enteng dan Anda bisa berakhir dengan sup besar. Jadi lebih baik berhati-hatilah dan pikirkan sebelum Anda memposting.

11. Jadilah manusia.

Sangat mudah untuk melupakan bahwa Anda berbicara dengan orang sungguhan dan bukan komputer ketika Anda berada di belakang layar. Jadi selalu ingat bahwa ada orang lain di sisi lain. Mereka juga memiliki perasaan jadi berhati-hatilah dengan apa yang Anda katakan, jangan menghakimi, dan saling menghormati sudut pandang.

12. Jangan menyalahgunakan kekuasaan Anda.

Beberapa orang online memiliki kekuatan atau pengaruh lebih dari yang lain, seperti mereka yang memiliki banyak pengikut. Apapun yang mereka posting secara online pasti akan menjangkau banyak netizen karena mereka memiliki banyak penggemar. Namun, menjadi lebih berpengaruh atau berkuasa tidak memberi Anda hak untuk menyakiti orang lain.

Ini hanyalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjadi netizen yang lebih baik. Jadi selalu berlatih netiket yang tepat saat Anda menggunakan Internet. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda posting secara online, karena apa pun yang Anda posting mungkin menjadi masalah besar dan dapat diambil terhadap Anda. Setelah ini terjadi, mungkin tidak mungkin bagi Anda untuk mengendalikan kerusakan.

Informasi selengkapnya kunjungi medianetizen.com

Comments are closed.