Mengenal Profesi Drafter

Mengenal Profesi Drafter

Pernah dengar profesi drafter ? Profesi ini sering ditemui di pekerjaan rancang bangun. Baik itu pembangunan rumah, gedung, jembatan, stadion, kilang minyak, tandon, kapal dan bahkan skala kecil seperti furniture.

Jika kita sering mendengar profesi arsitek atau engineer yang memberikan ide atau gagasan dalam merancang bangunan. Nah, drafter adalah yang menggambar secara detail dan memecah ke bagian-bagian kecil hasil dari ide si arsitek atau engineer.

Drafter memiliki spesialiasisasi khusus dimasing-masing bidang. Tugas mereka sangat penting dalam perencanaan bangunan. Tentunya dengan adanya drafter, pembelian bahan dan material baik dari kuantiti, jenis dan ukuran dapat terpantau lebih jelas dan dari sisi biaya tidak akan meleset jauh dari yang dianggarkan.

drafter.id

Apa Tugas dan Tanggung Jawab Drafter ?

  • Melakukan perencanaan baik luar maupun dalam bangunan berdasarkan permintaan klien
  • Membuat gambar kerja yang mempermudah pengerjaan pelaksana dilapangan
  • Memastikan gambar kerja sesuai dengan standar perusahaan dan klien.

Bagaimana sih cara menjadi drafter ?

Menjadi drafter tidaklah sulit. Mengingat pekerjaan ini membutuhkan 2 hal yaitu bisa membaca dan gambar kerja dan membuat gambar kerja menggunakan software. Dan ketrampilan ini kebanyakan sudah dikuasai oleh adik-adik SMK yang dipelajari di sekolah.

Dari perusahaan juga tidak membebani dengan persyaratan pendidikan yang tinggi untuk menjadi seorang drafter. Asalkan memiliki pengalaman atau saat di test berhasil sudah bisa menjadi seorang drafter.

Jenis-jenis drafter

Asal diketahui semua jenis pekerjaan yang terdapat perancanaan membutuhkan posisi drafter di tempat kerja mereka. Berikut adalah jenis-jenis drafter yang banyak dibutuhkan dipekerjaan.

  1. Drafter sruktural
  2. Drafter piping
  3. Drafter elektrikal
  4. Drafter mekanikal
  5. Drafter interior
  6. Drafter arsitektural
  7. Drafter furniture
  8. Dan lainnya

Setiap posisi diatas memiliki spesialisasi yang berbeda. Jenis software yang dipakai juga berbeda. Tetapi software yang wajib harus mereka gunakan adalah AutoCAD 2D. Karena AutoCAD dapat terintegrasi dengan berbagai software desain seperti tekla, PDMS, sketchup, 3DSMAX, pronest, vernon dan lainnya.

Tetapi tidak perlu khawatir bagi mereka yang ingin bekerja sebagai seorang drafter tetapi tidak memiliki bekal membaca gambar atau software AutCAD. Saat ini sudah banyak lembaga kursus yang menawarkan pelatihan agar bisa menjadi seorang drafter.

Untuk memahami lebih lanjut apa itu drafter, bagaimana pekerjaannya atau berapa gajinya. Kamu bisa mengunjungi situs drafter.id, karena membahas secara detail mengenai drafter dan lingkungan kerjanya.

Comments are closed.