Rekomendasi Wisata Tidore yang Wajib Kamu Kunjungi

Rekomendasi Wisata Tidore yang Wajib Kamu Kunjungi

Tidore adalah sebuah pulau di provinsi Maluku Utara, Indonesia. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona, terutama dengan keindahan pantainya yang masih asri dan belum terjamah oleh wisatawan.

Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di Tidore antara lain:

1. Benteng Kastela

Benteng Kastela adalah sebuah benteng peninggalan Kesultanan Tidore yang terletak di kota Soasio, Pulau Tidore, Maluku Utara, Indonesia. Benteng ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang dapat dikunjungi di Tidore.

Benteng Kastela dibangun pada abad ke-16 oleh Raja Kasim Lepu. Benteng ini memiliki arsitektur yang unik, yaitu berbentuk segitiga dengan tiga puncak menara pengawas di setiap sudutnya. Pada masa lalu, Benteng Kastela berfungsi sebagai pusat pertahanan dan pusat pemerintahan Kesultanan Tidore.

Saat ini, Benteng Kastela telah dijadikan sebagai salah satu objek wisata sejarah di Tidore. Pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Soasio dari atas benteng dan melihat koleksi benda-benda bersejarah yang tersimpan di dalamnya, seperti senjata-senjata tradisional, keramik, dan lukisan-lukisan.

Selain itu, di sekitar Benteng Kastela terdapat berbagai bangunan bersejarah lainnya, seperti Masjid Sultan Husain, Istana Kasim Lepu, dan makam-makam raja-raja Tidore yang terletak di sekitar benteng. Semua tempat tersebut dapat dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah yang menarik bagi para wisatawan yang tertarik dengan sejarah dan budaya Indonesia.

2. Pantai Ngade

Pantai Ngade adalah salah satu pantai yang terletak di Pulau Tidore, Maluku Utara, Indonesia. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan belum terjamah oleh wisatawan. Pantai Ngade memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih dengan ombak yang tenang, sehingga cocok untuk aktivitas berenang dan bersantai.

Untuk mencapai Pantai Ngade, pengunjung dapat menggunakan perahu dari pelabuhan Soasio ke Desa Ngade yang berjarak sekitar 45 menit. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti snorkeling dan menyelam untuk melihat keindahan bawah laut Pantai Ngade yang kaya akan keanekaragaman hayati.

Di sekitar Pantai Ngade, terdapat juga beberapa warung makan yang menyajikan makanan laut segar seperti ikan bakar dan kerang hijau. Terdapat juga tempat penginapan yang sederhana di sekitar pantai, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam Pantai Ngade secara lebih lama.

Pantai Ngade adalah destinasi wisata yang cocok bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai yang masih asri dan belum terlalu ramai dengan pengunjung. Pantai ini cocok untuk menikmati suasana pantai yang tenang dan alami sambil menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Tidore.

3. Pantai Dodola

Pantai Dodola adalah salah satu pantai yang terletak di Pulau Tidore, Maluku Utara, Indonesia. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih dengan gradasi warna yang indah dari biru ke hijau.

Pantai Dodola dapat dijangkau dengan perahu dari kota Soasio, dan waktu tempuhnya sekitar 30 menit. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan panorama yang menghadap ke Laut Halmahera dan Pulau Hiri.

Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti snorkeling dan menyelam untuk melihat keindahan bawah laut Pantai Dodola yang kaya akan keanekaragaman hayati. Tersedia juga fasilitas penyewaan peralatan snorkeling di sekitar pantai.

Di sekitar Pantai Dodola, terdapat juga beberapa warung makan yang menyajikan makanan laut segar seperti ikan bakar dan kerang hijau. Terdapat juga tempat penginapan yang sederhana di sekitar pantai, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam Pantai Dodola secara lebih lama.

Pantai Dodola adalah destinasi wisata yang cocok bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai yang masih alami dan belum terlalu ramai dengan pengunjung. Pantai ini cocok untuk menikmati suasana pantai yang tenang dan alami sambil menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Tidore.

Itulah 3 rekomendasi wisata tidore yang wajib kamu kunjungi, informasi lengkap tentang Tidore kunjungi tidore.pikiran-rakyat.com

Comments are closed.