3 Cara Menjadi Penulis Freelancer yang Sukses

Menjadi penulis freelance di tahun 2020 menjadi pekerjaan yang banyak digandrungi oleh anak muda saat ini, terlebih di masa pandemi korona yang membuat tempat pekerjaan atau lowongan kerja sangat sedikit dibuka, jadi mau tidak mau mereka harus bisa membiasakan diri dengan bergelut di dunia freelance yang nota bene nya sangat memiliki sangat saingan.

Namun pernah kah terpikirkan oleh Anda bagaimana cara menjadi penulis freelance yang sukses? Padahal dari blogger terkenal yang kita ketahui seperti raditya dika adalah seorang penulis cerita di blog nya sendiri, hingga sekarang ia berhasil meraih kesuksesan sampai menyutradarai film nya sendiri.

Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk menjadi seorang penulis sukses dengan cara belajar yang menyenangkan tentunya.

Cara Menjadi Penulis Freelance

1. Perbanyak Koneksi

Upaya wajib yang harus kalian lakukan adalah dengan memiliki banyak koneksi di dalam circle yang sedang kalian geluti, hal ini wajib dilakukan mengingat kalian ingin meraih sukses melalui jalur freelance menjadi penulis.

Bisa jadi koneksi yang kalian punyalah bisa menawarkan pekerjaan dalam me review suatu produk atau bahkan menawarkan Anda untuk membuat satu novel yang bisa diterbitkan dikemudian hari.

2. Banyak Membaca

Tentunya saat kita telah memutuskan untuk menjadi penulis, sudah menjadi suatu hal yang wajar jika kita harus membaca karya orang lain dan menjadikannya pembanding dengan kualitas tulisan yang Anda miliki saat ini.

Jika kalian merasa terdapat kekurangan dan perlu upgrade skill untuk penulisan, bukan tidak mungkin skill yang kalian miliki akan lebih hebat dari orang yang Anda gemari. Jadi, jangan lupa untuk selalu berusaha dan belajar tanpa lelah.

3. Lakukan Promosi

Terakhir adalah cara menjadi seorang freelance penulis yang sukses adalah dengan melakukan promosi, dengan harapan mutual friend kalian mengetahui akan potensi yang kalian punya. Singkatnya adalah bagaiamana cara orang mengetahui akan potensi yang kalian miliki jika kalian hanya berdiam diri saja.

Tentunya dengan melakukan promosi, Anda bisa saja terkenal oleh orang luas dan karya yang Anda miliki bisa jadi terkenal dengan media promosi yang dilakukan. Meskipun demikian, menjadi penulis lepas untuk pemula dapat kalian terapkan. Sukses tidak ada yang tau kapan waktunya, tetapi sukses bisa Anda tentukan sendiri dari sekarang kapan ingin meraihnya.

About the author

Najwa

View all posts