Panduan Belajar HTML Untuk Pemula: Membuat Website Dengan Mudah

HTML merupakan salah satu tipe bahasa pemrograman yang digunakan untuk mempercantik tampilan interface suatu website atau aplikasi.

Namun, dalam struktur pembuatan website, kita tidak hanya mengenal HTML saja, tetapi akan ada namanya CSS, JavaScript, PHP, dan lain sebagainya.

Semua itu tergolong dalam bahasa pemrograman dalam membangun suatu website.

Pada kesempatan kali ini, kami ingin memberikan penjelasan singkat terkait belajar HTML bagi pemula, mengenal bahasa yang mudah dipahami dan bisa langsung dipraktekkan oleh Anda.

Belajar HTML Dari Nol

Sebagai seorang pemula, tentunya kita akan mulai membahas apa saja script khusus yang digunakan untuk membangun website dari HTML.

Sebelum memulai, siapkan aplikasi tempat menulis script sederhana, seperti notepad yang sudah tersedia di komputer Anda masing-masing, tidak perlu koneksi internet, karena kita akan langsung save as tipe dokumen html dan bisa direview langsung dengan membuka browser Anda.

1. Mengenal Fungsi Head

Dalam bahasa pemrograman HTML, fungsi head memiliki peran untuk menempatkan kode pendukung, seperti kode untuk mempercantik tampilan dengan CSS, atau ingin membuat tampilan website HTML terlihat lebih responsive, semuanya ditempatkan pada bagian head.

Kode dari head pun sangat sederhana, yaitu <head> kode atau script </head> lalu tempatkan kode tampilan responsive dan menempatkan link rujukan css pada bagian tersebut.

2. Membuat Judul Pada Website

Selanjutnya adalah membuat judul pada website menggunakan HTML, sama seperti fungsi head yang telah kita bahas pada poin pertama, kode dari title dapat dimulai dengan membuat script <title> Isi judul website Anda </title>.

Kemudian untuk penempatan script tersebut, dapat Anda lakukan di atas sebelum kode head di mulai. Atau bisa di bawah setelah script pembuka dari <html> dimuat.

Jika Anda ingin melakukan preview, silahkan save as pada notepad dengan menulis nama file terserah Anda dan ekstensi file tersebut harus html.

Selanjutnya klik kanan pada file tersebut dan open with dengan browser Anda.Lalu Anda akan melihat pada bagian judul sudah muncul sesuai apa yang ditulis sebelumnya.

3. Mengenal Fungsi Body

Terakhir adalah mengenal fungsi body, pada tahapan ini merupakan inti dari tampilan website yang bisa kalian lakukan.

Untuk contoh script bisa langsung mengunjungi website Belajar HTML.

Terserah Anda ingin menerapkan apa, bisa menempatkan gambar atau sekedar tabel biasa, atau bisa juga menulis suatu kata-kata seperti sapaan Hello.Silahkan tulis kode <h1> Hello kamu </h1> lalu kalian save lagi pada halaman notepad, dan lihat hasil terbaru.

Maka Anda akan melihat tulisan cukup besar “Hello kamu”Jangan lupa, tambahkan kode penutup </html> ya untuk menyempurnakan kode HTML tersebut.

Untuk pengembangan lain, bisa kita lakukan diskusi melalui kolom komentar, terimakasih.

About the author

Najwa

View all posts