Perayaan hari imlek 2021 akan jatuh tepat pada tanggal 12 Februari mendatang, namun kegiatan hari raya imlek pada tahun ini akan terasa sedikit berbeda. Karena masih adanya pandemi dan kita juga harus menjalankan berbagai macam protokol kesehatan untuk memproteksi diri kita sendiri dan keluarga sekitar.

Perayaan hari raya imlek sangat dikenal dengan acara kumpul keluarga, hampir sama seperti hari raya idul fitri seperti umat muslim dunia. Perayaan imlek sendiri banyak dirayakan oleh warga keturunan Tionghoa dan tidak menutup kemungkinan juga warga pribumi juga ikut menyelenggarakan perayaan hari raya imlek 2021.

Bagi sebagian masyarakat keturunan Cina percaya, bahwa perayaan hari raya imlek akan membawa banyak sekali keberuntungan dan lebih percaya diri dalam menatap tahun baru berikutnya.

Pada artikel ini kami ingin sedikit membahas tradisi apa saja yang biasa dilakukan selama hari raya imlek, dan kegiatan tersebut sangat sering kita jumpai di sekitaran kita, agar dapat mewujudkan hal tersebut, Traveloka memberikan kejutan promo imlek 2021 secara menarik dan wajib untuk mengambil kesempatan tersebut.

Berikut Tradisi Perayaan Hari Raya Imlek

  • Mengadakan Event Barongsai dan Liong

Dalam adat kepercayaan masyarakat Cina, diselenggarakan nya event barongsai dan liong menandakan tingkat keceriaan dan kesenangan, mereka percaya bahwa dengan adanya event tersebut akan membawa dampak positif bagi mereka.

Masyarakat percaya bahwa kegiatan tersebut dapat membawa keberuntungan dan mengusir roh jahat atau pengaruh negatif lainnya. Jadi, jangan heran jika kita sering melihat perayaan barongsai dan liong disetiap perayaan hari imlek.

  • Petasan dan Kembang Api

Untuk yang satu ini, sama seperti perayaan hari besar lainnya. Dan hampir setiap hari raya menggunakan kedua item tersebut untuk memberikan kesan lebih heboh. Namun berbeda bagi sebagian masyrakat keturunan Tionghoa, mereka percaya dengan dibakarnya petasan dan kembang api dapat mengusir nasib buruk untuk tahun depan nya.

Sehingga tahun yang mereka jalani kedepannya dapat memberikan dampak postif dan penuh dengan kebahagiaan dan menatap masa depan dengan penuh rasa percaya diri.

  • Mengunjungi Sanak Saudara

Sama seperti hari raya pada umumnya, kegiatan mengunjungi saudara sangat wajib dilakukan untuk menjaga tali silaturahmi tetap baik. Jadi, jangan heran bila di kota Anda terdapat pemukiman warga Tinghoa dan di sana terdapat banyak sekali kerumunan warga.

Mereka melakukan tradisi tersebut secara turun menurun dan tidak hanya pas hari raya imlek saja, tujuan nya memang untuk mejaga tali persaudaraan mereka dan bisa melakukan sharing usaha dan apa saja yang bisa keluarga bantu demi keberlangsungan usaha tersebut.

  • Pembagian Angpao

Hal yang paling menarik dari perayaan hari raya imlek adalah bagi-bagi anpao, sama seperti bagi THR di setiap hari raya idul fitri. Tradisi yang satu ini memang sangat tidak asing untuk masyarakat Tionghoa dan tidak pernah absen pada saat perayaan imlek.

Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat keturunan Cina yang sudah berkeluarga dan mempunyai cukup rejeki untuk dibagikan kepada anak kecil dan para orang tua.

Dalam kepercayaan mereka, saat pemberian angpao tidak boleh mengandung angka 4. Karena bisa membawa kesialan bagi mereka, dan dalam bahasa Cina juga angka empat terdengar seperti kata “mati”.

Jadi, jangan lewatkan momen sepesial saat perayaan hari raya imlek 2021 bersama teman dan sanak saudara Anda, nikmati promo imlek bersama Traveloka agar lebih meriah dalam mengadakan imlek 2021. Tetap sehat selalu dan jaga kesehatan!