Manfaat mempelajari ilmu hadits Yang wajib kamu ketahui

Hadits adalah segala perkakataan, perbuatan, ketetapan dan persutujan Nabi Muhammad SAW yang menjadi landasan syariat Islam. Buat kamu yang ingin membaca pengertian hadist secara bahasa dan istilah maka kamu bisa membaca artikel kami sebelumnya, karena di artikel tersebut sudah kami bahas dengan detail dan lengkap.

Hadits juga menjadi sumber hukum Islam selain Al-Quran. Maka dari itu banyak Manfaat mempelajari ilmu hadits yang dapat kalian pelajari dan kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah:

  1. Mengetahui Kualitas Hadits
    Dalam ilmu hadits riwayat (ilmu musththalah hadits) kita dapat mempelajari mengenai berbagai macam hadits yang telah disepakati para ulama’ hadits mengenai diterima atau ditolaknya hadits tersebut. Ya, tentu saja ini berkaitan dengan kualitas hadits itu sendiri, baik hadits shahih, hadits hasan, maupun hadits dhaif.
  • Mengamalkan Kandungan Hadits Dengan Tepat
    Banyak kelompok yang mengaku sebagai “ahlus sunnah“, namun prilaku dan amalan mereka cukup menyimpang dari sunnah dalam perkembangan Islam. Sebagai contoh, kelompok yang melarang berziarah kubur bahkan melarang berziarah makam Nabi Muhammad SAW, kelompok radikal yang anti non-muslim seolah melarang berhubungan sosial dengan non-muslim, kelompok yang dengan mudahnya mengkafirkan, membid’ahkan, dan mengklaim sesat pada orang lain tanpa pertimbangan, dan lain sebagainya.

    Penyebab daripada itu adalah karena mereka lebih cenderung berdasar pada satu atau dua hadits saja, memaknai hadits dari segi tekstual tanpa menafsirkan, dan memaknai hadits dengan pemikiran yang keliru. Padahal, kita hidup dalam keadaan yang nyaman, di mana penafsiran hukum-hukum dalam berbagai macam hadits sudah dinyatakan oleh para ulama’ yang ahli dalam pendapatnya, baik pada masa dulu sampai saat ini.
  • Tidak Keliru Menafsirkan Hadits
    Nah, Manfaat mempelajari ilmu hadits selanjutnya adalah mencegah pemikiran yang keliru dalam memaknai sebuah hadits. Untuk itu dalam menafsirkan suatu hadits juga memerlukan pertimbangan dari para Ulama’.
  • Memahami Makna Utama Dalam Sebuah Hadits
    Dalam ilmu hadits riwayah, kita juga akan mempelajari tentang isi dan makna yang terkandung dalam sebuah hadits itu sendiri, yaitu makna kontekstual yang paling ditekankan dalam mengamalkan sebuah hukum dalam hadits. Dari manfaat yang ke-empat ini, intinya dalam memahami makna dalam sebuah hadits diperlukan hadits-hadits lain untuk memperkuat hadits yang kita pelajari.

Itulah beberapa Manfaat Mempelajari Ilmu Hadits yang dapat kami sampaikan dalam artikel ini.semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Terima kasih!

Baca juga Artikel Dari Majalah Taujih