Melamin adalah senyawa berbahan dasar nitrogen yang digunakan oleh banyak produsen untuk membuat sejumlah produk, terutama peralatan makan plastik. Ini juga digunakan di:

perkakas
countertops
produk plastik
papan hapus kering
produk kertas

Sementara melamin banyak ditemukan di banyak barang seperti piring melamin Glori, beberapa orang telah mengemukakan kekhawatiran keamanan bahwa senyawa tersebut bisa menjadi racun.

Artikel ini akan mengupas kontroversi dan pertimbangan terkait melamin dalam produk plastik. Teruslah membaca untuk mengetahui apakah piring melamin harus ditempatkan di lemari Anda dan saat piknik Anda.

piring melamin
piring mangkok melamin

Apakah ini aman?

Jawaban singkatnya adalah ya, aman.

Saat produsen membuat peralatan plastik dengan melamin, mereka menggunakan panas tinggi untuk membentuk zat tersebut.

Sementara panas menghabiskan sebagian besar senyawa melamin, sebagian kecil biasanya tertinggal di piring, cangkir, perkakas atau lebih. Jika melamin menjadi terlalu panas, melamin bisa mulai meleleh dan berpotensi bocor ke produk makanan dan minuman.

Masalah keamanan

Masalah keamanannya adalah melamin dapat berpindah dari piring ke makanan dan menyebabkan konsumsi yang tidak disengaja.

Itu Administrasi Makanan dan Obat (FDA)Sumber Tepercayatelah melakukan uji keamanan pada produk melamin. Contohnya termasuk mengukur jumlah melamin yang bocor ke dalam makanan saat melamin disimpan pada suhu tinggi dibandingkan makanan selama berjam-jam.

FDA memang menemukan bahwa makanan asam, seperti jus jeruk atau produk berbahan tomat, cenderung memiliki tingkat migrasi melamin yang lebih tinggi daripada makanan non-asam.

Temuan

Namun, jumlah melamin yang bocor dianggap sangat kecil – diperkirakan 250 kali lebih rendah daripada tingkat melamin yang dianggap beracun oleh FDA.

FDA telah menetapkan bahwa peralatan makan plastik, termasuk yang mengandung melamin, aman digunakan. Mereka telah menetapkan asupan harian yang dapat ditoleransi sebesar 0,063 miligram per kilogram berat badan per hari.

FDA memang memperingatkan orang-orang untuk tidak menggunakan piring plastik microwave yang tidak disebutkan sebagai “aman untuk microwave”. Barang tahan microwave biasanya terbuat dari komponen keramik, bukan melamin.

Namun, Anda bisa memasukkan sesuatu ke dalam microwave di atas piring tahan microwave dan kemudian menyajikannya di piring melamin.

Apakah ada risiko atau efek samping?

Perhatian utama tentang melamin adalah bahwa seseorang mungkin mengalami keracunan melamin karena bocor ke dalam makanan.

Sebuah studi kecil tahun 2013 yang diterbitkan di Penyakit Dalam JAMASumber Tepercayameminta 16 relawan sehat untuk mengonsumsi mie kuah panas yang disajikan dalam mangkuk melamin. Para peneliti mengumpulkan sampel urin dari para partisipan setiap 2 jam selama 12 jam setelah makan sup.

Para peneliti mendeteksi melamin dalam urin peserta, memuncak antara 4 dan 6 jam setelah mereka pertama kali makan sup.

Sementara para peneliti mencatat jumlah melamin dapat bervariasi berdasarkan produsen piring, mereka dapat mendeteksi melamin dari konsumsi sup.

Mereka mengambil sampel sebelum konsumsi sup untuk memastikan peserta tidak memiliki melamin dalam urin mereka sebelum memulai penelitian. Penulis penelitian menyimpulkan potensi bahaya jangka panjang dari paparan melamin “masih harus menjadi perhatian”.

Jika seseorang mengonsumsi kadar melamin yang tinggi, dapat berisiko mengalami gangguan ginjal, termasuk batu ginjal atau gagal ginjal. Menurut sebuah artikel di International Journal of Food Contamination , tingkat paparan melamin yang rendah dan konstan mungkin terkait dengan peningkatan risiko batu ginjal pada anak-anak dan orang dewasa.

Salah satu kekhawatiran lain tentang toksisitas melamin adalah bahwa dokter tidak sepenuhnya mengetahui efek paparan melamin kronis. Sebagian besar penelitian terkini berasal dari studi hewan. Mereka tahu bahwa beberapa tanda keracunan melamin meliputi:

darah dalam urin
nyeri di area panggultekanan darah tinggi
sifat lekas marah
sedikit atau tidak ada produksi urin
kebutuhan mendesak untuk buang air kecil

Jika Anda memiliki tanda-tanda ini, penting untuk mencari pertolongan medis secepat mungkin.