Liburan terkadang dapat dikaitkan dengan kesepian, tetapi bagaimana jika dikelilingi oleh orang-orang membuat Anda terisolasi? Orang dengan gangguan pendengaran yang tidak diobati sering merasa terisolasi dalam kelompok karena mereka tidak dapat berpartisipasi dalam percakapan. Jangan merasa kesepian karena kehilangan pendengaran dan menyebabkan Anda tidak bisa bersenang-senang.

Orang dengan gangguan pendengaran bisa menggunakan alat bantu pendengaran yang tidak diobati cenderung tidak berpartisipasi dalam aktivitas sosial. Pertemuan liburan Anda mungkin merupakan aktivitas sosial yang diperjuangkan oleh orang yang Anda cintai. Orang dewasa dengan gangguan pendengaran yang tidak diobati lebih cenderung setuju dengan pernyataan ” orang biasanya marah kepada saya tanpa alasan “. Penting bagi semua anggota keluarga untuk mengingat bahwa perasaan gelisah karena mengulangi sesuatu yang Anda katakan dapat semakin memperdalam isolasi anggota keluarga. Untuk mencegah hal ini coba ucapkan ulang pernyataan Anda jika memungkinkan ketika anggota keluarga Anda tidak dapat mendengar. Bersikaplah reseptif dan pengertian ketika seorang anggota keluarga berjuang untuk mengikuti percakapan. Membantu mereka merasa percaya diri dengan gangguan pendengaran akan mencegah mereka menarik diri dari percakapan.

Jangan Ragu Kesepian Karena Kehilangan Pendengaran

Sebagai tuan rumah, ada beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk membantu anggota keluarga Anda berpartisipasi dalam liburan Anda. Biarkan tempat duduk tetap terbuka atau letakkan orang yang mengalami gangguan pendengaran di sebelah seseorang yang ingin mereka ajak bicara. Ini akan membantu mendorong mereka untuk memulai percakapan. Tempatkan mereka di tempat yang berisik di belakang mereka. Jika Anda pernah berada di tempat yang bising, Anda tahu itu mungkin sulit untuk didengar, jadi bayangkan seseorang dengan gangguan pendengaran. Mungkin lebih sulit bagi orang yang mengalami gangguan pendengaran untuk memahami pembicara yang berisik atau banyak percakapan. Mungkin membantu untuk memiliki beberapa area di mana keluarga dapat memutuskan untuk mengobrol. Ini juga akan membantu mengatasi kebisingan selama pertemuan liburan.

Lihat : Ini Alasan Mengapa Telinga Manusia Dapat Mendengar Dengan Baik

Untuk orang-orang yang memiliki gangguan pendengaran yang diobati atau tidak diobati , ada strategi yang dapat Anda gunakan untuk mengadvokasi diri Anda sendiri dan membuat pengalaman liburan Anda menjadi lebih baik. Komunikasikan dengan anggota keluarga Anda tentang bagaimana alat bantu dengar mungkin tidak sepenuhnya menyelesaikan gangguan komunikasi atau bahwa Anda mungkin memerlukan mereka untuk menggunakan strategi untuk menyertakan Anda. Ini akan membantu untuk menanyakan topik sehingga Anda dapat menggunakan konteks untuk membantu dalam mengikuti percakapan. Minta pembicara untuk menghadap Anda, mungkin membantu untuk tidak makan atau meminta pembicara menutupi mulutnya saat berbicara. Ini membantu untuk melihat dari mulut ke bibir mereka membaca. Jika keluarga Anda melakukan tindakan pencegahan dan memakai masker, minta orang untuk mendapatkan pelindung wajah atau masker wajah yang bening agar bisa melihat mulut mereka.

alat bantu dengar oticon

Cari alat bantu dengar atau alat bantu dengar untuk anggota keluarga Anda untuk membantu mencegah mereka dari isolasi sosial dan memudahkan pertemuan liburan mereka! Ingatlah untuk tidak membiarkan gangguan pendengaran Anda memaksimalkan liburan dan membuat Anda atau orang yang Anda cintai merasa kesepian! Jika Anda ingin terlibat dalam pertemuan liburan atau Anda melihat anggota keluarga menarik diri dari kecurigaan kehilangan pendengaran jadwalkan janji temu dengan profesional perawatan pendengaran.