Waste Management- Its Types and the Effective Use of Dustbins

Bahaya Lingkungan

Pembuangan limbah yang tidak tepat dapat menyebabkan bahaya kesehatan bagi manusia, kerusakan lingkungan, efek rumah kaca, dan polusi. Polusi tanah, air dan udara adalah akibat langsung dari pembuangan limbah yang tidak tepat. Ini terjadi ketika limbah bersentuhan dengan bahan berbahaya. Ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada laut dan satwa liar. Baca juga artikel Pengertian NAT dan Tipe – tipe NAT

Banyak limbah yang dihasilkan berasal dari rumah dan industri kita. Jenis dan sumber sampah adalah:

  • Limbah B3 rumah tangga
  • Puing-puing konstruksi dan pembongkaran
  • Limbah industri / komersial
  • Limbah pertanian
  • Lampu limbah berbahaya
  • Limbah medis yang diatur
  • Limbah elektronik

Limbah padat dapat dibagi lagi menjadi tiga kategori tergantung pada komposisinya:

  • Sampah Organik- Sampah Dapur seperti sayuran, bunga, daun, buah-buahan, dll.
  • Limbah Beracun- Obat-obatan, cat, pupuk, bahan kimia, baterai, dll.
  • Limbah yang Dapat Didaur Ulang- Kertas, Kaca, Logam, beberapa jenis plastik.

Limbah padat memerlukan prosedur penanganan dan metode pembuangan khusus karena sifat fisik dan komposisi kimianya. Limbah non-biodegradable dan limbah beracun yang mengandung sisa-sisa radioaktif dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada kesehatan manusia dan lingkungan. Untuk menghindari hal ini, mereka perlu dibuang secara strategis.

Jenis Pengelolaan Sampah

Pengelolaan Sampah adalah pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, dan pembuangan sampah, limbah, dan produk limbah lainnya dengan benar. Ini adalah prosedur total di mana limbah dikelola dari awal hingga pembuangan. Ini mengurangi efek limbah beracun pada lingkungan dan kesehatan manusia. Ini berfokus pada masalah penghindaran dan pengurangan limbah. Baca juga 20+ Kata Kata Bijak Buat Diri Sendiri dan Menginspirasi

Berbagai cara pengelolaan sampah adalah:

  • Tempat pembuangan sampah: Ini adalah metode kuno dan populer untuk membuang sampah dan sampah harian ke tempat pembuangan sampah. Itu mengubur sisa-sisa sehingga bisa bercampur dengan tanah. Ini dapat menyebabkan pencemaran tanah dan akhirnya merusak lingkungan.
  • Daur Ulang Limbah: Mendaur ulang limbah adalah bagian penting dari pengelolaan limbah yang membantu lingkungan dalam banyak hal. Ini adalah konversi limbah atau produk bekas menjadi produk baru yang dapat memiliki berbagai kegunaan. Ini menghemat energi dan mengurangi produksi limbah lebih lanjut.
  • Pengomposan: Ini adalah metode pembuangan limbah terbaik di mana limbah organik dibuang di tanah. Mereka berubah menjadi pupuk kandang dan dapat digunakan untuk tanaman karena kaya akan nutrisi.
  • Insinerasi: Ini termasuk pembakaran bahan limbah. Limbah dipanaskan hingga suhu yang sangat tinggi, dan kemudian diubah menjadi panas, gas, dan abu. Cara ini sangat tidak ramah lingkungan karena dapat menyebabkan polusi udara.
  • Makanan Hewan: Limbah organik seperti kulit nabati dapat digunakan sebagai makanan hewan.

Pentingnya Pengelolaan Sampah

Ada banyak manfaat dari pengelolaan sampah. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Lingkungan yang Lebih Sehat: Pengurangan limbah secara alami menyebabkan lebih sedikit penyakit karena masyarakat yang higienis dengan sanitasi yang layak.
  • Pengendalian Polusi: Ini mengurangi semua jenis polusi, sehingga mengarah ke lingkungan yang lebih bersih, lebih hijau dan lebih segar.
  • Konservasi Energi: Tindakan daur ulang membantu menghemat energi. Salah satu contoh terbaik adalah menghemat kertas yang pada akhirnya mengarah pada penyelamatan pohon dan pengurangan jejak karbon.
  • Penciptaan Lapangan Kerja: Industri Pengolahan Limbah membutuhkan banyak tenaga kerja. Ini adalah industri yang sedang berkembang karena banyaknya limbah yang dihasilkan setiap hari.

Penggunaan Tempat Sampah

Tempat sampah atau biasa disebut tempat sampah, digunakan untuk membuang sampah dan sampah. Tempat sampah zaman modern berbeda dan dibuat secara ilmiah. Kepala kota menyediakan tempat sampah plastik untuk pemilahan sampah yang tepat untuk memudahkan pengelolaan sampah. Mereka dibuat untuk mengumpulkan sampah kering dan sampah basah. Mereka ramah lingkungan dan dapat membawa perubahan positif pada lingkungan jika orang membuang limbah dengan benar. Ada tiga jenis tempat sampah. Yang pertama adalah Green Dustbin yang digunakan untuk mengumpulkan limbah dapur dan limbah biodegradable lainnya. Yang kedua adalah Blue Dustbin, yang mengumpulkan limbah non-biodegradable seperti plastik, logam, dan potongan kaca. Yang ketiga adalah Black Dustbin untuk mengumpulkan limbah elektronik seperti baterai, ponsel bekas, scanner, peralatan rumah tangga, dll. Tempat sampah juga dapat dibeli secara online dari produsen tempat sampah plastik. Berbagai ukuran tersedia tergantung pada tujuannya. Mereka dapat digunakan untuk mengumpulkan limbah baik dari rumah maupun kantor. Baca juga Masjid Al Falah Tanjung Batu