Cara Memasang Halaman Rumput Buatan dengan mudah dan cepat, Anda pun bisa melakukan nya sendiri.

Menyiapkan Area Memasang Sisi Dasar Menempatkan Halaman Rumput Bikinan Panduan dan Peringatan Artikel Berkaitan Rujukan. Bila terpasang secara benar, rumput bikinan tidak memerlukan perawatan teratur, kecuali mengawasinya supaya masih bersih dengan lakukan penyemprotan.

Penempatannya sendiri harus dilaksanakan secara intens, terlebih bila halaman rumputnya luas. Maka Anda harus ajak beberapa rekan dengan tenaga yang kuat untuk menolong jalankan prosesnya.

1. Semprot areanya dengan pembasmi gulma.

Jika ada tanaman (rumput atau gulma) yang tumbuh di tempat yang ingin dikasih rumput bikinan, semprot dengan Round-Up atau produk yang lain serupa untuk mematikannya. Anda wajib melakukannya minimum dua minggu saat sebelum jalankan project ini supaya produknya bekerja untuk memberantas semua tanaman yang ada. Ini untuk pastikan semua tanaman mati sampai akarnya.

2. Buang tanah bagian atas.

Jika Anda ingin menempatkan halaman rumput bikinan di atas tanah, galilah tanah sisi atas sedalam 8-10 cm untuk tempat sisi dasar rumput bikinan. Anda dapat memakai mesin membajak (rototiller) untuk mengeruk dan merusak tanah. Singkirkan rumput dan tanaman lain. Bila didiamkan, rumput dan tanaman mati dapat membuat permukaan jadi tidak rata.

Bila tanahnya barusan diguyur hujan, nantikan sepanjang sekian hari sampai jadi kering saat sebelum Anda lakukan penggalian. Ini untuk menahan berlangsungnya nendatan (longsor). Meskipun permukaan tanah hasil penggalian tidak harus betul-betul rata, Anda dapat berjalan pada atasnya atau memakai tangan untuk memadatkan tanah yang kendur. Seharusnya Anda membuat cukup miring untuk tingkatkan drainase.

3. Rancang drainasenya.

Penempatan halaman rumput bikinan di atas tanah yang mempunyai drainase baik akan meminimalisir permasalahan karena rumput bikinan harus dapat meresap air. Sisi dasar rumput bikinan yang diterangkan pada bagian bawah akan memberikan susunan drainase tambahan.

Jika rumput sintetis murah terpasang di atas tempat yang mempunyai drainase jelek (atau keras seperti beton), mengambil cara penangkalan di bawah ini: Jika tidak ada aliran pembuangan di dekatnya, pasang mekanisme drainase lebih dulu saat sebelum meneruskan. Bila curahan hujan pada tempat Anda cuman sedikit, sisakan saja sela drainase kecil di tiap 15 cm di sekitar garis luar halaman rumput.

4. Pasang pembatas.

Jika belum ada, taruh pemisah tahan air di sekitar halaman rumput untuk menahan berlangsungnya nendatan atau terpisahnya tanah seiring waktu berjalan. Bahan yang tersering dipakai dan efisien ialah papan plastik meliuk.

Jika Anda ingin merombak yang lebih serius, pasang papan beton di seputar tempat itu.Yakinkan pemisah ini tidak menyembul keluar melewati tinggi rumput sebab bisa menghalangi drainase.

5. Tambahkan penghalang gulma (opsional).

Apabila Anda takut ada gulma yang tumbuh di antara rumput bikinan, taruh lembar geotekstil pada bagian dasar tanah yang baru Anda keduk. Ini bisa juga menahan hadirnya cacing dan hewan penggali ke atas halaman rumput bikinan.

Ingat, lembar geotekstil sebagai penghambat gulma yang mempunyai anyaman kuat dengan berat yang lumayan berat. Anda dapat membeli di toko bangunan, nurseri, toko perlengkapan bercocok tanam, atau penjual peralatan irigasi. Lembar geotekstil berlainan dengan pemblokir gulma (weed blocker) yang Anda beli ke toko peralatan rumah.

Anda dapat menempatkan bahan ini di atas sisi dasar halaman rumput bikinan. Bila ada beberapa hewan pengerat di wilayah Anda, Anda bisa juga menempatkan kawat kasa penghambat hewan pengerat. Untuk singkirkan hewan pengerat, Anda dapat mengontak service penghilang professional. Bila didiamkan, hewan ini akan menghancurkan rumput buatan.