Tips Membangun Media Digital Agency

Kemajuan teknologi pun saat ini tidak luput dari kemajuan pada media elektronik. Jika dahulu media untuk mengenalkan suatu produk atau kampanye hanya melalui media elektronik above the line, seperti televisi, billboard, koran, dan lainnya. Namun, saat ini, dengan majunya teknologi, maka mengenalkan ataupun mempromosikan dapat menggunakan media digital lainnya.

Media digital lainnya yang saat ini dapat digunakan adalah kampanye melalui sosial media, webite, atau segala sesuatu yang berbau digital, yang dapat muncul pada mesin pencari internet. Hal tersebut lah yang kemudian lahir media digital agency.

Media digital agency merupakan agensi yang mengurus segala hal yang diperlukan kliennya. Baik itu untuk mengiklankan atau memperkenalkan produk, dan atau mengkampanyekan terkait suatu program melalui media digital yang ada.

Kehadiran media digital agency ini dianggap menjadi pilihan yang lebih utama dibandung advertising agency, hal ini karena alat promosi yang digunakan seorang media digital agency dianggap lebih murah dan juga pasarannya lebih luas.

Bahkan, dengan pemanfaatan media digital, suatu brand dapat membentuk komunikasi dua arah dengan khalayaknya. Serta sasaran brand nya dapat lebih cepat dan luas menyebar untuk informasinya.

Hal itulah yang kemudian dapat menjadikan sebuah peluang bisnis. Kamu tertarik untuk membangun bisnis media digital agency? Jangan ragu-ragu untuk memulainya, berikut beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai bisnis media digital agency.

1. Cari dan bentuklah tim yang solid

Mencari sumber daya manusia yang dapat mendukung rancangan bisnis kamu adalah satu modal yang tak kalah pentingnya. Carilah rekan yang memiliki visi dan misi yang sama, dan juga keahlian yang dapat dikembangkan dalam bisnismu.

2. Tentukan produk dan jasa yang ditawarkan

Setelah mendapatkan sumber daya manusia dan juga mengetahui keahliannya, maka tentukan pula jasa dari digital agency yang kamu dapat tawarkan kepada klien kamu. Buatlah juga paket jasa dan produk semenarik mungkin.

3. Lakukan riset pasar dan tentukan target market

Sebelum memulai bisnis, melakukan riset pasar adalah hal yang penting. Dalam melakukan riset pasar kamu akan dapat melihat ide-ide potensial apa saja yang dapat dikembangkan.

Setelah memahami terkait hasil riset pasar yang sudah dilakukan, kamu dan tim dapat menentukan target market mu. Hal ini berguna juga untuk dapat menentukan tarif harga yang dapat kamu tawarkan ke calon klien.

4. Tentukanlah model bisnis digital agency mu

Kamu ingin memberikan model bentuk kerja sama seperti apa dengan pihak klien. Hal ini dapat menggunakan dengan system pembayarannya, apakah akan per bulan, per project, atau bahkan per jam.

5. Tentukan nilai tambah yang menjual

Hal ini berkaitan dengan pelayanan yang dapat kamu berikan ke calon klien mu. Hal ini dapat pula berkaitan dengan pelayanan customer service yang ramah, diskon project, konsultasi gratis, atau hal lainnya yang dapat kamu jadikan ajang promosi ke calon klien.

6. Buat media promosi kamu

Buatlah sebuah website ataupun landing page, sehingga usaha kamu dapat dicari pada mesin pencarian internet. Hal ini berguna untuk calon klien dapat mengenal menganai bisnismu dan produk jasa apa saja yang dapat kamu tawarkan.

7. Lakukan digital marketing dan juga content marketing

Sebagai seorang yang bergerak di bidang digital, tidak mungkin melakukan promosi yang pada umumnya. Lakukanlah media promosi usahamu dengan memanfaatkan media digital yang ada. Hal itu pun dapat menjadikan bukti kepada calon klien mu bahwa kamu memang ahli dalam digital agency.

8. Carilah freelance

Mempekerjakan seorang freelance dapat juga menjadi alternatif dalam pengiritan anggaran biaya SDM, hal ini karena freelance bersifat tenaga lepas, dan tidak terpaku gaji bulanan, sehingga dapat dibayar sesuai dengan project pengerjaan.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu kamu untuk tidak ragu-ragu dalam membangun bisnis media digital agency jika kamu memang memiliki minat dan potensi di situ. Selamat mencoba!

About the author

Najwa

View all posts