Tips Sederhana Menulis Artikel yang SEO

By | May 16, 2022

Agar skill SEO anda meningkat serta agar anda tidak jenuh megelola sebuah blog, maka anda bisa membuat artikel yang SEO friendly. Agar artikel anda mendapatkan posisi yang cukup bagus di mesin pencari dan tentunya trafik yang melimpah, apabila anda sudah berhasil mendapatkan posisi yang bagus dan trafik yang melimpah. Saya jamin bahwa anda akan semakin semangat untuk menulis artikel secara terus menerus.

Sebenarnya ada banyak sekali cara menulis artikel SEO friendly yang berkualitas. Namun, ada beberapa cara yang sudah tidak berlaku lagi karena Google selalu memperbarui algoritmanya. Agar anda tidak penasaran mengenai cara menulis artikel SEO friendly, Anda bisa simak ulasan berikut ini!

1. Tentukan Keyword atau Kata Kunci

Keyword sendiri tujuannya untuk menganalisis suatu blog. Tentu saja hal ini dilakukan agar mempermudah Google untuk menemukan artikel yang telah anda buat dengan kata kunci yang sudah anda bidik sebelumnya. Sebelum anda menulis artikel, alangkah baiknya anda mencari keyword terlebih dahulu agar anda bisa menganalisa apa saja artikel yang sedang banyak dicari dan sebagainya.

Saat ini sudah ada banyak sekali kok tools riset keyword yang bisa anda gunakan. Alangkah baiknya anda menggunakan long tail keyword yang terdiri dari dua hingga tiga kata bahkan lebih, hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan persaingan yang sedikit. Apabila keyword yang anda bidik memiliki persaingan yang tinggi, maka anda bisa cari keyword yang sesuai dengan persaingan sedikit namun volume pencarian tinggi.

2. Buat Artikel Yang Panjang

Seperti yang sudah diketahui bahwa artikel yang memiliki panjang kata akan lebih diutamakan oleh mesin pencari.  Anda pasti seringkali melihat situs lain yang berada di halaman pertama menggunakan artikel yang panjang bukan? Oleh karena itu, Anda bisa membuat artikel yang berjumlah 1000 hingga 1500 kata. Semakin banyak kata maka semakin bagus juga posisi artikel anda di mesin pencari.

Membuat artikel panjang yang saya maksud yaitu kata-kata yang pernah anda sampaikan sebelumnya tidak diulang-ulang ataupun muter-muter. Jika anda membuat artikel yang panjang namun muter-muter alias tidak jelas ya percuma kan? Maka dari itu, Anda bisa membuat artikel yang panjang namun bisa menjawab pertanyaan dari pengunjung.

3. Gunakan Keyword di Judul Artikel

Yang menjadi salah satu faktor artikel SEO friendly yaitu keyword di judul artikel, ketika anda ingin membuat suatu artikel usahakan untuk memberikan keyword di judul artikel. Tujuan dari hal ini tentunya untuk mempermudah google untuk mengcrawl artikel yang sudah anda publikasikan nantinya, Anda bisa meletakkan keyword berada di bagian pertama, semakin di depan keyword yang anda pasang maka semakin bagus pula SEO yang anda terapkan.BACA JUGA

Membuat judul juga tidak harus memaksakan untuk mengejar keyword yang anda bidik, Anda juga harus membuat judul yang menarik serta tidak menghilangkan keyword utama anda. Karena jika anda mengikuti kaidah SEO maka anda akan kesusahan untuk membuat judul artikel, berbeda halnya dengan WordPress yang sudah menyediakan plugin  All In SEO yang dimana plugin tersebut bisa membuat 2 judul yakni 1 judul untuk robot Google dan 1 judul untuk pembaca.

4. Maksimalkan LSI Keyword

LSI Keyword merupakan suatu kalimat yang dianggap relevan oleh mesin pencari. Sebagai contoh, Anda ingin membuat sebuah artikel dengan judul : Artikel SEO Friendly, kemudian pada bagian halaman bawah pasti anda akan menemukan beberapa LSI Keyword. Nah, disanalah anda bisa mengambilnya menjadi 1 artikel untuk menguatkan keyword utama. 

Dengan menggunakan LSI (Latent Semantic Index) maka anda akan mendapatkan banyak sekali keyword yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari.

5. Menggunakan Heading dan Subheading

Heading dan Subheading merupakan salah satu peran yang sangat penting dalam menulis artikel SEO friendly. Tentu saja, ini akan memudahkan pembaca serta robot Google makan memahami isi dari artikel yang telah anda buat, dengan menggunakan Heading dan Subheading artikel yanga anda buat akan terasa lebih enak dilihat karena terstruktur dengan rapi.

Blogger sendiri sudah menyediakan Heading Tags, tentu saja anda harus memanfaatkannya dengan baik. Agar lebih jelas mengenai Heading, Subheading, dan lain sebagainya. Saya akan menjelaskannya sebagai berikut : Heading (H2), Subheading (H3), dan Minorheading (H4). Oh iya, saat ini blogger sudah menambahkan heading tags yang bernama “Judul Utama” alangkah baiknya anda tidak perlu menggunakan H1 (Judul Utama) di dalam artikel, karena H1 sudah terpasang di bagian judul artikel.

6. Tambahkan Gambar

Membuat sebuah artikel memang sangat baik jika ditambah dengan adanya gambar, apabila artikel yang anda buat tidak ada gambar ataupun media lainnya mungkin akan terasa membosankan. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan beberapa gambar ilustrasi setiap artikelnya. Apabila anda membuat artikel tutorial maka anda bisa menambahkan gambar sesuai dengan langkah-langkah yang anda berikan agar membuat pembaca tidak kebingungan.

Sebelum menambahkan gambar, alangkah baiknya ukuran gambar anda dibawah dari 100KB. Jika file gambar anda diatas itu, Anda bisa melakukan compress image terlebih dahulu. Agar artikel anda mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari, Anda bisa memasukan ilustrasi lainnya seperti Video Youtube ataupun yang lainnya.

Konsultasikan dan Gunakan Jasa Penulis Artikel Murah yang telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi