Penyebab AC Mobil Bau Asap Knalpot

Penyebab AC Mobil Bau Asap Knalpot

Mencium bau tidak sedap di mana pun sudah pasti tidak nyaman. Apalagi jika harus menciumnya di dalam kabin mobil yang tertutup. Anda pasti ingin segera menghirup udara segar secepatnya.

AC mobil bisa menimbulkan bau-bau tidak sedap seiring pemakaian. Salah satunya adalah bau asap knalpot. Sebenarnya tidak hanya mengganggu penciuman saja, tetapi juga bisa mengganggu kesehatan. Pemicunya adalah kandungan kadar CO2 yang tinggi. Inilah yang harus Anda perhatikan. 

Pada dasarnya hal yang menyebabkan bau asap knalpot tervium dari AC mobil secara tiba-tiba ada banyak. Saat Anda sedang mengendarai mobil, biasnya tercium bau knalpot yang cukup kuat. Kalau sudah begitu, coba perhatikan sekitar Anda. Butuh Jasa Gadai BPKB Mobil dan Motor ?

Apakah mobil sedang dekat dengan truk diesel atau metromini yang memang terkenal memiliki asap knalpot pekat dan berbau tidak sedap. Kalau memang ada, maka bisa dipastikan itulah penyebab dari masalah ini. 

Mencegah dan Mengatasi Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

Untuk mengatasinya, Anda tinggal menunggu waktu beberapa saat lalu buka kaca mobil agar ada pergantian udara.

Memang bau asap knalpot kendaraan yang terlalu lama dihirup akan membuat Anda pusing. Sudah tidak nyaman, malah memberikan efek negatif yang lebih besar.

Dalam mencegah hal ini terjadi kepada Anda selama mengendarai mobil, cobalah untuk mengecek ventilasi jendela. Bisa saja ventilasi jendela mobil Anda memang sudah buruk sehingga harus dicek ulang. Terutama karet penutup yang ada di jendela pintu mobil.

Jika tidak diperbaiki, maka Anda bisa mendapatkan masalah yang sama pada hari-hari ke depan. Ditambah lagi bau yang tidak sedap bukan hanya bau asap knalpot saja. 

Terkadang bisa muncul bau limbah atau bau sampah yang sudah pasti mengganggu konsentrasi dan kenyamanan berkendara.

Anda juga sebaiknya jangan membuka kaca jendela mobil sembarangan. Perhatikan kondisi sekitar. Apakah ada mobil atau truk dengan asap knalpot yang pekat. 

Cek juga kondisi lingkungan tempat Anda berada. Salah satu penyebab masuknya bau tidak sedap ke dalam mobil karena Anda tidak memperhatikan sekitar waktu membuka kaca jendela. Kalau sudah begitu, mau tidak mau harus menunggu waktu beberapa lama agar bau hilang.jangan lupa selalu menjaga kebersihan kabin. Jangan membawa makanan dengan bau yang menyengat, bersihkan kabin dan kolong mobil secara berkala, pakai parfum mobil kualitas baik, hingga hindari makan di mobil. 

Dengan pencegahan yang dilakukan, maka masalah seperti ini akan terminimalisir dengan sendirinya.

About the author

Najwa

View all posts