Amankah Memakai Charger Beda Ampere dan Voltase?

By | June 28, 2022

Salah satu pertanyaan yang muncul ketika hendak membeli charger pengganti yaitu, “Aman nggak sih pakai charger beda ampere atau arusnya lebih tinggi? Untuk menjawab pertanyaan itu, di artikel ini One Tekno akan menjelaskan apa dampak memakai charger beda ampere, atau bahkan beda voltase, dan juga hal-hal lain yang perlu Sobat One ketahui sebelum membeli charger pengganti untuk gadget kalian.  

Charger USB memiliki standar output bertegangan 5 Volt. Hanya saja resistansinya berbeda-beda. Resistansi ini yang menentukan seberapa besar Ampere yang dihasilkan. Jika resistansi semakin tinggi maka arus keluarannya (Satuan Ampere) semakin kecil.

Setiap gadget mempunyai kebutuhan arus yang berbeda-beda. Dan kuat arus yang masuk sesuai kebutuhan dari gadget itu sendiri. Misalnya: Sebuah Handphone membutuhkan arus 0.8 A (Ampere), maka meskipun dicas menggunakan charger dengan output 2 A, arus yang masuk ke handphone melalui terminal daya akan tetap 0.8 A. Jadi sesuai yang dibutuhkan. Jangan Lupa kunjungi Arataside untuk artikel menarik lainnya.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Charger?

Jawabannya adalah Voltase atau tegangan listrik. Voltase dinotasikan dengan huruf (V). Jadi sebelum membeli charger, pastikan Voltase pada charger yang hendak dibeli sama dengan charger asli bawaan gadget nya. Umumnya charger USB bertegangan 5 Volt.

Yang kedua adalah tipe konektor USBnya. Ada dua tipe yang umum digunakan untuk ponsel-ponsel saat ini yaitu Micro-USB dan USB Type C. 

Apa Dampak Jika Voltase ChargerLebih Tinggi?

Voltase charger lebih tingi dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Baterai bisa menjadi boros bahkan sampai meleduk. Jangan Lupa baca Cara Agar Hp Samsung J2 Prime Tidak Penuh

Apa Dampak Memakai Chargerdengan Ampere Lebih Tinggi?

Menggunakan charger dengan Kuat Arus atau ampere yang lebih besar tidak beresiko apapun. Gadget akan tetap menerima arus sesuai yang dibutuhkan, jadi tidak ada arus yang masuk terlalu besar. Dan informasi bahwa ampere lebih tinggi dapat mempercepat charging itu tidak benar karena arus yang masuk tetap sama. Kecuali jika gadget tersebut sudah memiliki fitur fast charging. Fitur Fast Charging memperbolehkan arus yang lebih tinggi untuk masuk sehingga dapat mempercepat proses charging.