Tips Sederhana Mengatasi Tikus di Mobil

By | June 28, 2022

Hadirnya tikus ini ditandai dengan beberapa hal, salah satunya adalah muncul bau kurang sedap saat Sahabat membuka kap mesin. Namun, Sahabat tak perlu khawatir karena Garasi.id punya solusi untuk Sahabat. Berikut cara tepat merawat mobil agar tikus nggak betah di dalam mobil.

1. Menaruh Kapur Barus 

Langkah pertama merawat mobil agar terhindar dari tikus ialah dengan kapur barus. Aroma wangi yang dihasilkan oleh kapur barus sangat dibenci oleh hewan pengerat ini. Oleh sebab itu, cara ini dirasa cukup ampuh dengan menghancurkan kapur barus sebelum menyebar luaskan di dalam area mobil.  Butuh jasa Gadai BPKB Mobil dan Motor ?

Jika Sahabat ingin mendapatkan hasil yang maksimal, perhatikan cara penyebarannya. Usahakan sudut-sudut mobil juga terjamah agar tikus benar-benar pergi dari mobil Sahabat. Butuh Jasa Gadai BPKB Mobil dan Motor ?

2. Semprotkan Cairan Anti Tikus di dalam Ruang Mesin

Cara selanjutnya merawat mobil agar tidak ada tikus ialah dengan menggunakan cairan anti tikus. Benda ini dapat Sahabat dapatkan di toko otomotif terdekat. 

Cairan yang satu ini sifatnya hanyalah sementara, jadi Sahabat disarankan agar menyemprotkan spray ini pada kain yang kemudian diletakkan pada area sudut mobil. Akan lebih manjur lagi jika meletakkan kain yang telah di semprot tersebut pada filter udara agar aromanya merata sehingga tikus akan pergi.

3. Gunakan Alat Ultrasonik Pengusir Tikus

Langkah selanjutnya saat merawat mobil terhindar dari tikus adalah dengan menggunakan bantuan alat ultrasonik. Alat ultrasonik ini mudah ditemukan, namun Sahabat harus hati-hati saat menggunakannya agar tidak merusak interior ataupun area mobil lainnya.

Cara kerja alat ini adalah dengan memancarkan suara yang akan mengganggu tikus bila terdengar. Untuk menggunakannya, Sahabat cukup menghubungkan kabel positif pada baterai dan negatif ke masa. 

Sebelum menggunakan alat yang satu ini pastikan kondisi mobil dalam keadaan sehat, karena sumber tenaga alat ultrasonik adalah aki. 

4. Pasang lampu LED Dalam interior Mobil

Apabila Sahabat merasa alat ultrasonik boros energi akibat memakan daya aki selama semalaman. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan ketika merawat mobil dari tikus adalah memasang lampu LED ultra low voltage. 

Daya yang dikeluarkan lampu ini tidak sampai 1 watt sehingga sangat cocok digunakan untuk mengusir tikus. Sahabat cukup menaruh dan menyalakan lampu ini di area kap mobil yang terindikasi sering dimasuki oleh tikus.

5. Panaskan Mesin Mobil Secara Rutin

Hewan pengerat yang satu ini sangat menyukai tempat lembab dan tenang. Sehingga jika kalian jarang untuk memanaskan mesin mobil, maka keadaan di sekitar kap akan mengalami kelembaban dan tikus pun akan berdatangan. Maka dari itu Sahabat harus rajin memanaskan mesin langkah selanjutnya saat merawat mobil agar terhindar dari tikus.