Untuk Apa menulis Komentar di Blog

By | July 26, 2022

Buat apa membuat komentar di Blog

Sebagai Hak seseorang, tentu saja pembaca blog tidak harus mengeluarkan komentarnya, apalagi tidak ada undang-undang yang mewajibkan pembaca untuk membuat komentar di blog, setelah membaca sebuah artikel. Hak tidak digunakan, juga merupakan hak. Jangan  hanya ingin dikatakan mempunyai adat ketimuran, mempunyai etika sopan santun dan lain-lain, yang akhirnya berkomentar dengan terpaksa meski bertentangan dengan batin,  atau hanya berkomentar asal-asalan.

Alasan tidak membuat komentar di blog

Bisa saja banyak alasan mengapa sebuah artikel di blog tidak mempunyai komentar meskipun artikel telah dibaca sampai selesai. Analisa berikut ini menurut penulis, mungkin benar atau salah.

Artikel tidak menarik. Menulis di blog adalah seni menarik atau tidaknya bersifat relatif. Artikel tentang “teori metode pembelajaran” mungkin tidak menarik bagi pembaca seorang mekanik motor. Bisa juga, artikel sudah sering dibaca atau dibahas sehingga tidak menarik lagi.

Tidak paham topik artikel. Sebuah artikel dengan judul tulisan yang menarik yang dapat “mencuri” perhatian pembaca untuk membacanya, tapi setelah membaca tidak mengerti apa dan maksud tujuan isi artikel. Lalu apa yang akan dikomentari ?

Malas berkomentar. Malas di sini banyak faktor yang mempengaruhi. Malas yang benar-benar malas dalam arti meski tulisannya menarik, mengerti, bahkan telah mendapat “kepuasan”, akan tetapi malas untuk berkomentar. Faktor lain, malas karena harus mengikuti aturan-aturan berkomentar di blog, misalnya captcha yang sulit dan merepotkan, harus melalui pihak lain seperti facebook, dll.

Keanggotaan tertentu. Kalaupun bila kita ingin berkomentar harus terlebih dahulu mendaftar, atau tidak mempunyai identitas nama komentar, misalkan Open ID, akun google dll (terutama bila memakai blogspot yang tidak mencantumkan anonymous, url), meski tertarik untuk berkomentar tetapi fasilitas tidak mendukung.

Yang paling kuat alasan tidak berkomentar adalah “KOMENTAR DITUTUP” atau tidak ada kolom komentar. Bagaimana akan berkomentar ? 

Mengapa ada komentar di blog ?

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, berkomentar adalah hak. Hak pembaca untuk membuat komentar di blog dapat digunakan, meski dengan macam-macam alasan dan bentuk komentar. Komentar-komentar artikel di blog dapat muncul, apabila:

Isi artikel berpengaruh. Artikel-artikel dengan berbagai macam topik pembahasan, tentunya dapat membuat beberapa pembaca “mempermainkan” pikirannya, entah itu setuju, menolak, atau bertentangan, maka berkomentar adalah pelampiasannya.

Rekomendasi Jasa Penulis Artikel Blog

  • PENULIS BERKUALITAS
    Bitmap tidak pernah menggunakan jasa freelance, part time, ataupun pihak ke 3 untuk membuat sebuah artikel. Semuanya ditulis yang bekerja secara full time dan diawasi setiap saat oleh QC kami.
  • PRODUKTIVITAS TINGGI
    Memiliki lebih dari 20 penulis yang terampil, berdedikasi, dan berpengalaman, tim Bitmap mampu mmebuat lebih dari 200 artikel per hari
  • TIDAK ADA MINIMUM ORDER
    Kualitas artikel dan pelayanan konsumen adalah DNA Bitmap, Order 1 pun akan tetap dilayani dengan kualitas yang sama.
  • CUSTOM ORDER & PRICING
    Dengan pilihan custom order, anda akan mendapatkan artikel yang anda mau dengan sangat memuaskan hingga detail yang paling kecil sekalipun
  • BANYAK PILIHAN NICHE
    Dengan lebih dari 5 tahun pengalaman, Bitmap mampu mengerjakan berbagai macam niche mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks.
  • HADIR DENGAN BANYAK PAKET
    Kami hadir dengan beragam paket untuk anda yang membutuhkan bulk order, custom order, dll.
  • GARANSI ARTIKEL UNIK
    Semua artikel yang dibuat oleh Bitmap akan melalui proses Quality Control Copyscape Premium, anda akan mendapat file artikel dan file report secara bersamaan.