Pintu Geser atau Pintu Lipat, Mana yang lebih Enak ?

Pintu Lipat (Folding Door)

Keunggulan Pintu Lipat

Folding door dari material aluminium bisa membuka pintu secara lebih lebar jika dibandingkan dengan sliding door, swing door, dan model pintu yang lainnya.

Pintu lipat Aluminium juga dirancang untuk menonjolkan desain ruko, rumah, dan kantor tampak lebih elegan dan menawan. Jadi, tampilan gedung akan terlihat lebih artistik.

Kenapa pintu lipat cocok dijadikan alternatif pintu utama?

Berdasarkan fungsi utama pintu, yaitu sebagai penghubung dari satu ruang ke ruang lain, maupun dari dalam ke luar. Cara pakai folding door memang lebih minimalis.

Selain itu, Anda bisa menemukan berbagai tipe pintu lipat dengan varian, ukuran, dan fungsi berbeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan bangunan atau ruang.

Bagi yang ingin menghadirkan kesan lapang, maka pintu lipat adalah alternatif solusi terbaik. Sebab bisa dibuka semaksimal mungkin sehingga ruang tampak luas.

Folding door memiliki beberapa ciri khas, seperti:

  • Setiap daun pintu memiliki engsel
  • bantalan rel merupakan jalur bukaan
  • Sistem buka tutup adalah dorong

Jika ingin dipasang di teras belakang dengan menghadap langsung ke kolam renang atau taman, maka bisa menjatuhkan pilihan pada folding door berbingkai kaca polos.

Pintu lipat bisa difungsikan sebagai partisi untuk ruang dengan posisi bersebelahan atau berhadapan, terutama ketika Anda memerlukan ruangan yang lebih luas.

Di pasaran, aluminium folding door hadir dengan ragam variasi dan ukuran, dengan karakteristik terdiri atas beberapa daun pintu, dan terhubung dalam satu rangkaian.

Pintu lipat aluminium mengusung sistem kunci terintegrasi dari satu ke lain daun pintu. Saat di tutup, semua celah akan tertutup rapat sehingga aman digunakan.

Kelebihan lain dari pintu lipat aluminium adalah kedap suara dan udara, sehingga ampuh menjaga suatu ruangan dari kebocoran AC, cahaya, maupun kebisingan.

Kekurangan pintu lipat:

  • Harga relatif mahal (Tergantung jenis material)
  • Apabila aksesorisnya tidak sesuai, maka pintu akan terasa berat saat dibuka dan ditutup

Jadi, mana yang lebih bagus antara pintu geser vs pintu lipat? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih model sesuai kebutuhan ruang dan fungsi.

About the author

Najwa

View all posts