Apa Itu Bitcoin? Ini Penjelasan Aset Koin Kripto yang Dibuat Pertama Kali

Tidak sedikit orang yang menganggap instrumen investasi yang bernama bitcoin ini berpotensi jadi salah satu aset digital selain Youtube, Instagram maupun blog semacam jalantikus.com dan gasbanter.com. Sebenarnya narasi apa itu bitcoin sendiri sudah terdengar cukup lama namun belakangan ini kembali booming dan antuasiasme orang-orang menjadi jauh lebih tinggi terhadap aset koin tersebut. Dimana keuntungan yang akan Anda dapatkan dari bitcoin ini ternyata begitu menggiurkan. Hal ini tidak lain karena peningkatan nilai valuasi bitcoin tersebut kian meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan platform jual beli bitcoin yang ada di Indonesia sampai saat ini sudah banyak jumlahnya. Mengingat aset koin kripto memang sedang banyak diminati oleh orang-orang untuk mengembangkan aset.

Pada dasarnya bitcoin sendiri merupakan sebuah mata uang digital yang mana sudah ada sejak tahun 2009 lalu. Kabarnya orang yang menggunakan nama samaran satoshi nakamoto merupakan pencipta dari bitcoin tersebut. Tujuan utama dari bitcoin ini sebenarnya sebagai transaksi jual beli secara online melalui internet. Dengan kata lain nantinya tidak harus menggunakan perantara dari pihak ketiga seperti halnya bank. Mengingat sistem dari bitcoin sendiri yaitu p2p alias peer to peer. Dimana sistem penyimpanan data peer to peer dari bitcoin tersebut menggunakan administrator tunggal yang sudah terdesentralisasi.  

Meskipun tidak dilindungi oleh bank sentral dan juga hukum namun aset bitcoin tersebut dapat ditukarkan dengan mata uang tradisional. Bahkan dalam prakterknya nilai tukar dari aset bitcoin terhadap mata uang dollar tersebut juga mampu menarik calon investor.  Menariknya lagi ada beberapa orang yang percaya bahwa nantinya aset bitcoin tersebut akan menjadi sebuah mata uang digital di masa depan. Di sisi lain banyak orang yang mulai melakukan investasi terhadap aset bitcoin tersebut karena dianggap dapat menyimpan nilai dan juga melindungi dari risiko inflasi ke depannya. Anda dapat mengirimkan aset berupa bitcoin kemana dan kapan saja karena terbuka secara global selama 24 jam penuh. Tidak sedikit orang yang percaya bahwa harga aset bitcoin tersebut akan kembali naik seiring berjalannya waktu mengingat kelangkaan, keamanan, ketersediaannya secara global, dan juga likuiditasnya yang tinggi.

About the author

Najwa

View all posts