4 Tanda Busi Mobil Haus

5 Tanda Busi Mobil Rusak

Berikut ini tanda busi mobil yang kualitasnya sudah menurun yang bisa kamu kenali. Masalah di bawah ini dapat diperbaiki oleh diri sendiri atau langsung diganti dengan busi baru. Untuk ulasannya bisa kamu simak di bawah ini :

1. Cek Visual

Selain ditandai dengan kondisi yang aneh ketika mobil sedang berjalan, kamu juga bisa melihat kondisi busi hanya dari visual saja. Kamu perlu perhatikan keadaan busi ketika pergantian warna ketika mobil dalam keadaan mati. Warna busi akan berubah menjadi kecoklatan jika sudah lama, dimana hal tersebut menandakan bahwa busi mobil sudah aus dan waktunya untuk mengganti dengan busi yang baru

2. Akselerasi Kurang

Salah satu ciri yang paling mudah dikenali ketika busi aus adalah akselerasi mobil ketika berkendara menjadi terhambat. Tidak hanya itu, mobil juga terkadang mengalami lonjakan pada bagian mesin ketika sedang berjalan.

Bahan bakar mobil juga akan menjadi lebih boros ketika busi mobil sudah mulai aus dan sudah tak bekerja secara maksimal. Kamu perlu membersihkan bagian busi tersebut agar performa mobil kembali normal.

3. Tanda Busi Mobil Rusak : Sulit Dinyalakan

Ketika kamu ingin menghidupkan mobil, mobil kadang lebih sulit dinyalakan. Hal tersebut bisa jadi karena busi mobil yang sudah mulai using. Busi mobil sendiri memang memiliki fungsi yang penting terhadap performa kendaraan. Tanpa busi yang ‘sehat’, mobil akan mengalami berbagai gangguan hingga kerusakan.

Kendala lain yang bisa dialami adalah ketika mobil berada di RPM rendah, maka mobil akan menjadi tidak stabil. Getaran pada mesin mobil akan terasa tidak nyaman dan aneh. Hal seperti itu sudah menjadi pertanda umum bahwa busi mobil harus segera diganti dengan yang baru.

4. Pada Busi Terdapat Kerak dan Tetesan Oli

Jika kondisi busi sudah pada kondisi ini, maka kamu perlu segera melakukan penggantian busi pada mobil. Hal tersebut karena busi yang memiliki kerak dan juga tetesan oli menandakan bahwa terdapat banyak kerusakan pada busi tersebut.

Kerak ini bisa menghalangi massa busi yang digunakan sebagai media pemercik api. Dalam kondisi ini, jika media tersebut ditutupi oleh kerak, maka akan mengganggu hubungan antara elektroda dengan masa tersebut.

Rekomendasi Jasa Penulis yang Terbaik, Aman, Terpercaya

About the author

Najwa

View all posts