Faktor-faktor Yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Mobil

1. Alasan Mengapa Kamu Membeli Mobil

Beli Mobil Baru atau Bekas

Sebelum kamu memutuskan untuk beli mobil baru atau bekas, kamu harus tahu terlebih dahulu alasan mengapa kamu membeli mobil tersebut. Jika alasannya untuk digunakan sehari-hari dan memang sangat urgent sekali,  mobil bekas bisa jadi solusinya. Karena kamu tidak perlu menunggu waktu yang cukup lama untuk mengendarainya di jalan raya.

Hal ini tentu akan berbeda, jika kamu memilih untuk membeli mobil baru. Kamu harus mengurus berkas-berkas resmi dari awal dan bisa memakan waktu selama 1 minggu bahkan bisa sampai 3 bulanan. Terlebih lagi jika kamu membelinya secara kredit, akan lebih lama lagi. Selain itu, jika ketersediaan unit mobil terbatas maka kamu harus inden. Namun, jika alasanmu membeli mobil adalah untuk memenuhi keinginan pribadi dan rela menunggu maka mobil baru menjadi opsi yang lebih pas.

2. Kualitas Mobil

Kualitas mobil bisa jadi opsi dalam menentukan ingin membeli mobil baru atau bekas. Dari segi kualitas, mobil baru memang lebih unggul daripada mobil bekas. Karena langsung dari pabriknya dan belum pernah digunakan sebelumnya. Selain itu, kamu juga akan mendapat jaminan garansi dan keamanan dari produsen selama 36 bulan serta bisa service gratis.

Sedangkan apabila kamu lebih memilih membeli mobil bekas dari segi kualitas belum tentu masih bagus, tidak ada garansi mobil, sparepartnya belum tentu masih terjamin dan aman. Namun tidak menutup kemungkinan, kamu bisa mendapatkan kualitas mobil yang bagus dengan harga yang murah dibandingkan mobil baru. Khususnya jika perbandingannya adalah mobil baru LCGC (Low Cost Green Car).

3. Kondisi Keuanganmu

Sebelum menentukan pilihan ingin membeli mobil baru atau bekas, kamu juga harus melihat kondisi keuanganmu. Jika budgetmu pas-pasan, lebih baik membeli mobil bekas terlebih dahulu. Setelah kamu memiliki budget yang lebih, baru kemudian beli mobil baru. Jangan sampai cicilan mobil barumu melebihi pemasukan dan menjadi beban setiap bulannya.

Pada umumnya, apabila kredit mobil baru maka biaya DP yang dikeluarkan akan lebih besar karena harga baru yang lebih mahal. Bahkan biaya premi asuransi bulanan mobil baru akan lebih mahal. Akan tetapi hal ini relatif akan menyesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Sedangkan jika kamu memilih membeli mobil bekas secara kredit, tingkat bunga lebih rendah dan biaya bulanan yang dikeluarkan akan lebih ringan.

4. Harga Beli dan Jual

Dalam menentukan pilihan ingin membeli mobil bekas atau baru, kamu juga bisa memperhatikan faktor harga beli dan jual. Harga jual mobil baru akan mengalami penyusutan sampai 20 persen pada tahun pertama. Sedangkan untuk mobil bekas biaya penyusutannya tidak sebesar biaya penyusutan mobil baru.

5. Pajak Kendaraan

Pajak kendaraan untuk mobil baru lebih mahal daripada mobil bekas. Semakin mahal harga suatu mobil maka pajaknya akan semakin besar. Biasanya, pajak mobil keluaran tahun lama lebih rendah daripada keluaran terbaru.

Rekomendasi Jasa Penulis yang Terbaik, Aman, Terpercaya

About the author

Najwa

View all posts