Tips Memilih Ban Motor Untuk Musim Hujan

1. Gunakan Ban Dengan Motif Kembangan Rapat

Ketika musim hujan, sebaiknya pasang kendaraan motor anda dengan ban yang masih memiliki kembangan cukup dalam dan motif rapat.

Sekedar untuk diketahui bahwasanya motif pada ban memiliki fungsi untuk memecah air dengan sempurna ketika ban digunakan untuk melewati genangan air.

“Ban yang dirancang untuk jalanan basah punya ciri pada model tapaknya. Seperti ada corakan hingga ke arah samping atau dinding ban”.

2. Pakai Ban Standar

Menggunakan ban motor standar rekomendasi pabrikan memang menjadi salah satu tips terbaik. Pabrik ban di Indonesia sudah menyesuaikan dengan kondisi jalanan di Tanah Air, saat musim panas maupun hujan untuk berkendara dengan baik.

Jadi intinya jangan sembarangan memilih Ban motor yang di luar standar pabrik ban Indonesia. Penggunaan ban motor mempengaruhi kegiatan anda saat berkendara.

3. Gunakan Ban Berteknologi Silica

Ban yang berteknologi Silica ini telah diklaim mampu membuat ban memiliki daya cengkraman lebih baik terhadap permukaan jalan.

Ban Berteknologi Silica memberikan kenyamanan saat melewati tikungan atau jalan yang basah. Ban dengan teknologi ini juga mampu memberikan tingkat keawetan 

4. Jangan Gunakan Ban Semi Slick

Ban Semi Slick memiliki tampilan yang menawan. Namun dalam pemakaiannya, ban ini cenderung lebih cepat habis daripada ban normal pada umumnya

Jangan kaget kalau ban semi slick terasa cepat habis, karena memang dirancang dengan ketebalan kembangan yang lebih tipis dibanding ban pabrikan lainnya.

Ban Semi Slick tidak cocok digunakan pada musim hujan, karena jenis ban semi slick tidak bisa mencengkram kuat pada jalanan yang basah.

5. Gunakan Ban Sesuai Velg

Menghadapi musim penghujan, pastikan ban sesuai ukuran velg yang direkomendasikan. Pilih ban dengan pattern yang sesuai untuk lintasan basah. Dengan menggunakan ban motor sesuai velg akan mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan jalanan licin.  Baca juga Rekomendasi Gadai BPKB Motor

Artikel di atas merupakan beberapa tips bagi memilih ban motor yang tepat saat berkendara di musim hujan. Sedikit masukan, kurangi kecepatan berkendaraan di jalanan yang basah.

About the author

Najwa

View all posts