Pendiri Apple, Siapakah Orangnya?

Sejarah teknologi revolusioner tak mungkin lepas dari sosok Steve Jobs. Dia pendiri Apple Computer perusahaan teknologi yang terkenal dengan produk canggih  seperti macbook, Iphone , Ipad, dan Ipod. Jobs  lahir pada 24 februari 1955 dari pasangan Joanne Schieble dan Abdullah “ John” Jandall. Mereka berdua memberikan hak adopsi kepada Clara dan paul Jobs. Clara yang seorang akuntan dan Paul merupakan masinis serta penjaga pantai tinggal di Mountain View, California yang dikenal dengan Lembah Silicon. 

Steve jobs mendaftar di Reed College di Portland, Oregon setelah menyelesaikan pendidikan sekolah menengahnya. Dia keluar setelah satu semester di perguruan tinggi dan lebih memilih menghabiskan waktunya untuk mengikuti kelas kreatif di sekolah dan mengembangkan kecintaaan pada tipografi. Berdasarkan sumber berita teknologi masakini, Jobs dikenalkan denganmitra yang nantinya juga menjadi pendiri Apple saat terdaftar di Homestead High School yaitu Wozniack, yang kuliah di University of California , Berkeley.

Tahun 1976, saat jobs berusia 21 tahun dan Wozniac 26 tahun, mereka memulai proyek Apple Computer di garasi milik keluarga Jobs. Pendiri Apple itu mengumpulkan modal dengan menjual Volkswagen milik Jobs dan kalkulator ilmiah Wozniac. Mereka berbagi tugas dimana Wozniac bertanggung jawab soal penyusunan komputer pribadi yang mudah digunakan, dan Jobs melalukan pemasaran atas produk itu. Komputer awal Apple dipasarkan seharga USD 666,66 per unit, sukses menghasilkan sekitar USD 774.000. Apple II menghasilkan peningkatan penjualan 700 persen menjadi USD 139juta setelah tiga tahun. 

Apple Computer menjadi perusahaan publik tahun 1980 dengan nilai pasar USD 1,2 Miliar saat hari pertama perdagangan. Dan saat itu, Pendiri Aple, Jobs meminta John Sculley dari Pepsi-Cola untuk mengambil alih sebagai CEO Apple Computer. Perjalanan bersama Sculley berjalan dengan tidak harmonis. Sculley percaya Jobs merugikan Apple dan eksekutif mendorong ke posisi yang lebih terpinggirkan sampai Jobs meninggalkan Apple tahun 1985. Jobs mendirikan perusaahn perangkat keras dan lunak baru bernama NeXT, Inc meski akhirnya gagal. Tahun 1997 Jobs kembali ke Apple sebagai CEO.

About the author

Najwa

View all posts