Tips Menulis Cerpen dengan Mudah bagi Pemula

Menulis sebuah cerita pendek atau cerpen memang membutuhkan sebuah keterampilan agar nantinya bisa memperoleh hasil karya yang berkualitas. Oleh karena itulah, bagi seorang pemula dibutuhkan sebuah tips menulis cerpen.

Dalam ulasan di bawah ini akan dijelaskan secara ringkas mengenai tipsnya untuk Anda. Sehingga dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam membuat karya cerpen buatan sendiri.

Apa Saja Tips Menulis Cerpen?

Berikut ini adalah beberapa cara mudah menulis cerpen untuk Anda yang seorang pemula.

1.  Cari Ide

Tips menulis cerpen pertama yaitu Anda harus mencari ide terlebih dahulu. Penting bagi Anda untuk memperoleh ide atau gagasan dari cerita yang nantinya hendak ditulis. Sebagai seorang pemula, sebaiknya carilah ide-ide yang sederhana.

Anda bisa mengangkat cerita dari hal-hal yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari atau Anda juga bisa mengambil cerita tersebut dari pengalaman pribadi. 

2.  Pakai Gaya Bahasa yang Simpel

Menulis cerpen dengan memakai gaya bahasa sederhana serta mudah dipahami oleh pembaca tentu akan membuat cerpen Anda jadi lebih berkesan. Dan tak kalah penting lagi adalah, Anda harus menggunakan dan membuat gaya bahasa sendiri dari banyak contoh cerpen yang sudah dibaca.

Gaya bahasa sendiri tersebut adalah gaya yang umum dipakai di dalam menulis sebuah cerita. Anda jangan terlalu bernafsu atau terburu-buru meniru gaya bahasa cerpen ternama, karena bagaimanapun semua itu butuh proses. 

3.  Buat Plot Cerita

Tidak perlu bingung dengan alur maupun plot cerita. Anda bisa merangkai cerita tersebut berdasar pada ide pokok yang sudah ditentukan. Tuliskan dialog demi dialog, narasi demi narasi, karena dengan begitu plot akan terbentuk dengan sendirinya saat membuat cerpen.

4.  Lakukan Editing

Tahapan editing merupakan tahap yang tentunya tidak boleh dilewatkan. Terlebih lagi bagi Anda yang merupakan cerpenis pemula dan baru saja mempelajari tentang bagaimana menulis cerpen yang baik dan benar.

Agar nantinya bisa memperoleh hasil cerpen yang benar-benar maksimal, maka tahapan tersebut memegang peranan kunci untuk keberhasilan karya. 

Penutup

Itulah tadi ulasan mengenai tips menulis cerpen bagi seorang pemula yang perlu Anda simak. Bagi beberapa orang, menulis cerpen memang dirasa terlalu susah. Oleh karena itu penting untuk mengetahui tips-tips di atas.

About the author

Najwa

View all posts