Pariwisata

Air Terjun Sendang Gile Yang Eksotis di Lombok Utara

Pulau Lombok memiliki pesona alam yang indah dan masih asri. Tidak heran bila semakin bertambah wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau ini. Salah satu destinasi wisata di Pulau Lombok yang indah dan asri adalah Air Terjun Sendang Gile. Jika kamu berlibur ke Pulau Lombok cobalah sempatkan waktu untuk mengunjungi Air Terjun ini, karena kamu bisa merasakan cipratan air yang sejuk ditambah gemericik suara air yang tentunya sangat menyenangkan. Nah, jika ingin pergi ke sana kamu harus mengetahui beberapa informasi yang akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

Sejarah Singkat Air Terjun Sendang Gile

Asal mula nama Sendang Gile berawal ketika seseorang warga yang sedang mengejar seekor singa gila yang selalu merisaukan kampung mereka. Kemudian singa berlari ke tengah hutan dan berhenti di air terjun yang indah ini. Warga setempat menyebut singa gila dengan kata sengang gile. Namun seiring berjalannya waktu pengucapan singang kini berubah menjadi sendang. Kemudian nama air terjun ini menjadi Sendang Gile.

Lokasi Dan harga Tiket Masuk Air Terjun Sendang Gile

Lokasi air terjun ini sekitar 60 Km dari kota Mataram, jadi kamu memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk sampai tempat ini. Jika menggunakan kendaraan umum kamu harus melewati beberapa tempat. Dari Mataram menuju wilayah Bayan kemudian dilanjutkan dengan naik ojek ke daerah Senaru di Lombok Utara. Sesampainya di sana kamu harus melewati ratusan anak tangga yang ada, barulah bisa menikmati keindahan air terjun ini.

Untuk harga tiket masuk ke air terjun sangatlah terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 per orang. Harga ini tentunya tidak sebanding dengan keindahan dan segaranya air di sana. Namun harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai dengan jumlah pengunjungnya.

Air Terjun Sendang Gile di Lombok Utara, sumber ig @indra_molyoediharjo
Air Terjun Sendang Gile di Lombok Utara, sumber ig @indra_molyoediharjo

Tips Berkunjung Ke Air Terjun Sendang Gile

Membutuhkan waktu setidaknya 20 menit untuk sampai ke tempat ini. Aliran air yang sejuk diyakini berasal dari Danau Segara Anak Gunung Rinjani. Jika ingin menikmati air yang sejuk dari Sendang Gile maka kamu harus menaiki anak tangga menuju ke sana. Nah ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan jika berwisata ke tempat ini, diantaranya:

1. Gunakan Alas Kaki Anti Air

Jika ingin berkunjung ke tepat ini kamu harus menggunakan alas kaki yang anti terhadap air. Selain itu gunakan alas kaki yang tidak mudah licin karena jalan menuju ke tempat ini sangatlah licin. Sehingga ditakutkan kamu akan terpeleset jika menggunakan alas kaki biasa.

Baca juga: Tips Berwisata Sendirian

2. Siapkan Baju Ganti

Ketika bertemu dengan segarnya air dan suasana yang sejuk tentunya kamu langsung ingin bermain air di sana. Oleh karena itu siapkanlah baju ganti sebelum berangkat ke tempat ini. selain itu ketika bermain air, jangan menginjakkan kaki pada batu besar yang ada di kawasan hutan hijau karena licin.

3. Siapkan Plastik Untuk Menutup Tas Bawaan

Begitu mendekati area air terjun, kamu harus segera menutupi tas bawaan kamu dengan plastik. Hal ini untuk menghindari tas kamu basah oleh air. Jangan lupa tutupi dan berhati-hati dalam membawa hp, kamera dan barang lainnya karena bisa terkena percikan air.

Baca juga: Bukit Malimbu Lombok

4. Lepas Perhiasan Yang Ada

Jika kamu menggunakan perhiasan di sekitar tubuh, alangkah lebih baiknya jika melepaskan itu semua saat bermain di air terjun. Karena bisa jadi perhiasan kamu hilang. Oleh karena itu lebih berhati-hati lagi dan jangan gunakan perhiasan saat berwisata ke sini

5. Bawa Kantong Sampah Sendiri

Kawasan ini merupakan kawasan hutang lindung, jadi kamu harus membawa sampahmu sendiri agar tidak mengotori area ini. Bawalah kantong plastik sendiri sebagai tempat sampah pribadimu. Nantinya ada bak sampah yang disediakan di setiap poin air terjun sehingga kamu bisa membuangnya di sana

Itulah beberapa informasi terkait Air Terjun Sendang Gile. Pesona alam yang tidak terlupakan bisa kamu dapatkan di tempat ini. Sangat menarik sekali bukan? Untuk mendapatkan liburan yang makan berkesan ingat tips-tips tadi yah. Jika tak ingin bersusah payah, Anda bisa memanfaatkan jasa sewa mobil Lombok untuk menuju ke lokasi air terjun Sendang Gile tersebut. Mudah bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *