Pariwisata

Ingin Berlibur Ke Gumuk Pasir Jogja, Perhatikan Tips Berikut

Jogja, siapa yang tak pernah mendengar kota ini. Kota yang ramai dan terkenal dengan banyaknya objek wisata yang menarik sekali untuk dikunjungi. Salah objek wisata di Jogja yang sangat menarik itu adalah gumuk pasir Jogja. Kamu bisa menikmati nuansa timur tengah hanya dengan mengunjungi objek wisata tersebut. Objek wisata gumuk pasir terletak di antara pantai Depok dan pantai Parangtritis, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Yogyakarta dengan luas 2 KM. Tiket masuknya hanya 3000 perorang dan biaya parkir cuman 5000 saja. Nah, untuk mengunjungi tempat ini ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan, simak yuk ulasan di bawah ini.

1. Jangan Pergi Ke Gumuk Pasir Saat Musim Liburan

Jika kamu pergi ke gumuk pasir Jogja saat musim liburan sudah dipastikan jalanan ramai sekali dan macet. Selain itu ketika kamu sampai di lokasi sudah banyak sekali pengunjung yang datang ke tempat ini yang membuat kamu kurang bebas dalam mengambil moment disetiap sudut di gumuk pasir. Selain itu kamu bisa bebas menikmati fasilitas di objek ini dengan berseluncur pasir.

Gumuk pasir di pantai Parangkusumo Bantul, sumber ig @donistiawan21
Gumuk pasir di pantai Parangkusumo Bantul, sumber ig @donistiawan21

2. Berkunjunglah Saat Musim Panas

Saat musim panas adalah waktu yang pas sekali untuk kamu pergi ke gumuk pasir Jogja. Kenapa demikian? Karena saat musim panas jalan tidak becek dan licin. Selain itu suasana gurun pasir lebih nampak indah saat musim panas. Kamu bisa merasakan seolah-olah sedang menginjakkan kaki di tanah Afrika ala gumuk pasir Jogja.

3. Bawa Topi Dan Kacamata

Jangan lupa gunakan properti topi dan kacamata. Kacamata dapat melindungi kamu dari pasir yang ke bawa angin dan topi bisa melindungi kamu dari masuknya pasir ke rambutmu. Selain itu kacamata ini penting untuk menahan silau matahari. Kamu juga bisa tampil lebih trendy dengan memakai kacamata dan topi kesukaan kamu.

4. Datanglah Di Waktu Pagi Atau Sore Hari

Pilih waktu yang pas saat pergi ke gumuk pasir di Jogja. Waktu yang bisa kamu pilih seperti waktu pagi dan sore hari. Di waktu ini kamu bisa menikmati moment keindahan sunrise dan sunset yang buat kamu susah move on. Waktu pagi dan sore juga udaranya dirasa tidak terlalu panas dan merupakan waktu yang pas sekali karena viewnya nampak indah di waktu ini. Udara yang tidak terlalu panas juga bisa membuat kamu untuk tidak malas saat ingin menikmati seluncur pasir.

5. Gunakan Pakaian Yang Nyaman Tidak Mudah Panas

Udara di gumuk pasir begitu panas sekali ya meskipun tidak sepanas di gurun pasir Afrika sih. Tapi, meski begitu kenyamanan tetap harus di utamakan salah satunya dengan menggunakan pakaian yang tidak mudah panas atau yang nyaman bagi kamu serta cocok dipakai untuk cuaca yang panas. Kamu tidak mau kan kalau keseruan berlibur menjadi tidak enak hanya karena kegerahan.

Apa? Masih kurang piknik ke gumuk pasir di Parangkusumo tersebut? Jika pas sedang di Jogja maka tak ada salahnya untuk menjelajah pantai lain yang tak kalah eksotis. Pantai Siung salah satu rekomendasi kami untuk dicoba bersama keluarga atau sahabat? Bagaimana? Jadi kapan mau liburan ke Jogja nih, he he 🙂 Sekian dari kami dan semoga bisa bermanfaat buat civitas UNS semua. 🙂

One thought on “Ingin Berlibur Ke Gumuk Pasir Jogja, Perhatikan Tips Berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *