Pariwisata

Serunya Berwisata Di Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata menarik, salah satunya adalah kebun binatang Gembira Loka. Kebun Binatang Gembira Loka merupakan kebun binatang yang berada di Jogjakarta. Satwa di Kebun Binatang Gembira Loka ini bisa dibilang cukup lengkap. Namun yang memprihatinkan adalah kondisi satwa yang kurang terurus. Hal ini tentu saja membuat pendapatan sangat kecil dan tidak banyak wisatawan yang berkunjung. Hal ini membuat Kebun Binatang Gembira Loka Jogja mengalami rehabilitasi dan rekonstruksi pada tahun 2010. Setelah renovasi, Kebun Binatang Gembira Loka mulai ramai dikunjungi. Tentunya bagi wisatawan harus mengetahui hal-hal yang penting dan harus diketahui. Berikut ini merupakan lokasi, rute, dan tiket masuk kebun binatang gembira loka Jogja.

Lokasi, Rute, Jam Operasional, Dan Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Lokasi dari kebun binatang ini berada di Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Atau sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Untuk yang menggunakan Trans Jogja, wisatawan bisa naik dari Malioboro kemudian memilih jurusan 4A atau 2B. Karena kedua bus tersebut melewati kebun binatang gembira loka Jogja. Wisatawan hanya perlu menunggu sampai kondektur bus memberitahukan bahwa bus sudah sampai di halte Gembira Loka. Jam buka dari Kebun Binatang Gembira Loka adalah pada hari Senin hingga Minggu dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Wisatawan bisa memilih hari yang tepat untuk berkunjung ke Gembira Loka. Namun tiket pada awal pekan dan akhir pekan tentu berbeda. Untuk hari Senin sampai Jumat harga tiket masuknya sebesar Rp. 25.000. Sedangkan untuk hari Sabtu, minggu serta hari libur dipatok tiket sebesar Rp. 30.000. Biasanya wisatawan diberi bonus berupa peta wisata gembira loka ketika membeli tiket masuk.

Aktivitas Yang Bisa Di Lakukan

Di kebun binatang ini tentu memiliki banyak hal yang bisa dilakukan. Berikut ini merupakan kegiatan atau aktivitas yang bisa dilakukan di Kebun Binatang Gembira Loka Jogja. Wisatawan bisa menikmati berkeliling kebun binatang dengan menaiki kereta mini atau odong-odong. Untuk menaiki kereta ini, wisatawan dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 20.000. Dengan menaiki kereta mini, wisatawan bisa dengan mudah menemukan tempat-tempat yang menarik.

Burung nuri di gembira loka - pentingnya liburan keluarga - sumber ig nandatosa
Burung nuri di Gembira Loka, sumber ig @nandatosa

Wisatan juga bisa mengunjungi Taman Burung. Wahana ini baru dibuka pada awal Agustus tahun 2013. Koleksi burung yang ada di taman burung ini pun semakin menggambarkan keadaan sebuah kehidupan di negara tropis. Wisatawan juga bisa memberi makan kepada burung jika sudah tiba pada waktu makan sang burung.

Selain itu, wisatawan bisa merasakan serunya menunggangi hewan. Hewan yang bisa tunggangi di Gembira Loka Jogja adalah Gajah Sumatera dan Unta. Wisatawan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 untuk menaiki hewan ini. Jarak tunggang dari gajah cukup singkat, yaitu tidak lebih dari lima menit. Sedangkan untuk menaiki unta, lebih lama dan lebih luas. Namun, wisatawan bisa menunggangi unta hanya di pagi hari.

Gembira Loka juga menyediakan danau buatan untuk bermain permainan air. Misalnya bebek yang bisa dikayuh dengan biaya Rp. 15.000 setiap kapal. Durasi untuk bermain permainan ini adalah sekitar 20 menit.

Semoga bermanfaat untuk segenap civitas akademika UNS dan yang lain yah. Jika pergi ke Jogja selain berkunjung ke tempat ini bisa juga lanjut pergi ke tempat wisata lain seperti pantai wedi ombo, pantai goa cemara atau bahkan ke rumah hobbit. Jadi selamat berlibur di Jogja ya, jangan lupa ajak sanak saudara saat pergi kesana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *