Kendaraan

Jenis Layanan Rental Mobil dan Hal Yang Harus Dicek Sebelumnya

Mahasiwa banyak yang membutuhkan jasa rental mobil untuk keperluan mobilitasnya. Seperti saat survey lokasi praktek lapangan di daerah terpencil atau saat momen bahagia wisuda kelulusan. Tidak elok bukan, saat wisuda mengajak orang tua naik bus umum. Meskipun boleh-boleh saja, namun momen spesial wisuda baiknya dijalankan dengan sebaik mungkin. Agar mendapatkan hasil kenangan yang optimal, he he. Nah, untuk itu perlu mengenal lebih dahulu jenis layanan rental mobil yang ada, serta tak lupa hal yang harus di cek saat hendak menyewa mobil. Terutama jika sewa mobil lepas kunci atau dengan supir sendiri. Mari kita simak jenis layanan rental mobil yang ada berikut ini.

Rental Harian

Jika anda menyewa mobil dengan jenis rental mobil harian, maka pemakaian yang dihitung adalah dalam jangka harian atau perhari. Jangka waktu yang ditetapkan oleh perusahaan rental mobil bervariasi, ada yang per 6 jam ada juga yang minimal 12 jam. Masih terdapat 2 sub kategori lagi, yaitu rental mobil harian dengan sopir atau tanpa sopir (rental mobil tanpa kunci). Maka jika ingin menyewa mobil harian, memperhatikan beberapa kondisi ini yaitu : Berapa jumlah orangnya? Siapa orang tersebut? Medan seperti apa yang akan kita lalui. Oke sip? Jangan sampai salah pilih mobil rental ya. he he. 🙂

Rental Antar Jemput

Jika kita pergi ke kota industri besar seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Mojokerto dan yang lainnya. Sering dijumpai dipinggir jalan ada banyak orang yang menunggu jemputan. Bentuk jasa layanan rental mobil ini dikenal dengan nama shutle, yaitu jasa antar jemput yang ditujukan untuk perusahaan guna antar jemput karyawan dari dan ke tempat kerja, tamu perusahaan atau perhotelan untuk antar jemput dari dan ke bandara atau tempat lain. Untuk jenis layanan rental mobil jemputan ini biasanya menggunakan kendaraan sedang hingga besar, tergantung banyak sedikitnya orang yang akan naik kendaraan tersebut. Bisa memakai avanza, innova, hiace, elf hingga mini bus.

Rental Mobil Bulanan

Terkadang ada klien yang membutuhkan mobil dalam jangka waktu berbulan bulan. Untuk mereka ada layanan rental mobil bulanan. Jenis layanan ini minimal pengambilan kontrak sewa mobilnya adalah 1 bulan. Sama seperti rental mobil harian, pada jenis layanan ini bisa dengan supir atau tanpa supir (lepas kunci). Karena durasi yang panjang, jarang individu menggunakan rental mobil jenis ini. Biasanya jenis layanan ini digunakan oleh perusahaan. Dalam jenis layanan ini, pihak rental mobil akan melakukan perawatan mobil mereka secara berkalan, sperti ganti oli, ganti komponen dan servis rutin.

Jenis Layanan Rental Mobil dan Hal Yang Harus Dicek Sebelumnya
Ilustrasi mobil, sumber https://skinnerautoworks.com

=================

Itulah beberapa jenis layanan rental mobil yang ada. Semoga bermanfaat. Masih ada jenis layanan rental mobil lain yang tidak kami sebutkan diatas karena keterbatasan kami. Untuk itu kami mohon maaf. Sedangkan untuk hal yang perlu di cek atau dipastikan sebelum menyewa mobil, terutama sewa mobil lepas kunci atau dengan driver sendiri adalah sebagai berikut ini.

 

Cek Body Mobil

Hal pertama yang perlu di cek adalah body mobil menurut kami. Karena hal itu menjadi citra dan tampilan baik buruknya mobil yang kita sewa. Coba dipastikan terlebih dahulu, apakah ada body mobil yang penyok atau cat yang mengelupas. Karena jika anda ke Jogja untuk urusan bisnis, tampilan mobil yang tidak baik seperti itu bisa mempengaruhi trust dari klien Anda, baiknya sewa mobil Jogja yang mobilnya masih bagus tentunya.

Pastikan Performa Mesin

Jika Anda paham tentang mesin mobil, hal ini perlu untuk dipastikan juga. Karena meskipun sudah dengan driver, jika kondisi mobil betul-betul oke, maka sebagai penumpang akan merasa nyaman. Ruang mesin diperiksa mesin dengan cara menyalakannya dan mendengar suaranya apakah berjalan dengan normal. Pastikan juga mengecek minyak rem, minyak kopling, air radiator, aki, oli mesin serta air wiper terisi sesuai dengan takarannya. Selain itu perlu dipastikan lampu mobil diperiksa dengan cara menyalakannya, baik itu lampu depan, rem, sein dan cek bagian soket pada bagian lampu depannya.Wiper mobil pastikan berfungsi dengan sempurna plu dipastikan bagian karet wiper masih bagus dan mampu membersihkan dengan cepat. Bagian tapak dan kembang ban di cek apakah masih bagus dan pastikan tekanan angin sesuai dengan anjuran pabrikan.

AC & Perangkat Lain

Suhu udara dalam mobil adalah hal yang penting. Untuk itu penting dipastikan bahwa perangkat AC mobil berfungsi dengan sangat baik. Agar penumpang bisa nyaman berkendara di mobil yang ada sewa. Selain itu, perlu juga dipastikan ada tidaknya alat lain seperti dongkrak, ban serep dan P3K. Meskipun kita tidak berharap sakit atau mobil mogok, hal tersebut penting untuk dipersiapkan agar kita siap menghadapi kondisi seperti itu.

Terimakasih sudah menyimak artikel jenis layanan rental dan hal apa saja yang penting di cek sebelum sewa mobil ini. Tak ada gading yang tak retak. Jika perlu untuk memberikan masukan silahkan mengirim melalui kolom komentar yang ada. Salam hormat dari kami.

One thought on “Jenis Layanan Rental Mobil dan Hal Yang Harus Dicek Sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *